Pengamanan Informasi dan Kriptografi

Menambah khasanah bacaan kriptologi dan pengamanan informasi bagi masyarakat Indonesia

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

    Bergabung dengan 33 pelanggan lain
  • Arsip

  • Desember 2006
    S S R K J S M
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    25262728293031
  • Blog Stats

    • 519.414 hits
  • Pengunjung

Informasi Rahasia

Posted by hadiwibowo pada Desember 25, 2006

roma, hadiwibowo. Pangamanan informasi adalah sebuah lingkaran proses yang terus-menerus dengan tujuan mengamankan informasi-informasi penting dan rahasia. Pertanyaan yang selalu muncul pada saat masalah pengamanan informasi dikemukakan adalah : apakah yang dimaksud dengan informasi rahasia ?

Informasi rahasia adalah informasi yang karena nilainya, perlu disembunyikan dan dilindungi agar tidak terbuka untuk umum atau jatuh kepada pihak lain. Dimana apabila informasi tersebut diketahui oleh umum / pihak lain akan menimbulkan kerugian.

Jenis dan nilai informasi rahasia sangat tergantung dari pemilik, pembuat dan/atau pengelola informasi tersebut. Untuk informasi yang sama, belum tentu mendapat nilai yang sama. Informasi rahasia bagi satu pihak belum tentu informasi rahasia bagi pihak yang lain.

Contoh yang populer tentang informasi rahasia diantaranya adalah informasi kartu kredit, password, strategi militer, strategi dagang, data-data negosiasi, bahan diplomasi, algoritma sandi, dan lain-lain.

Informasi rahasia dapat diklasifikasikan sesuai kepemilikannya, diantaranya :

rahasia pribadi : adalah informasi rahasia yang dimiliki oleh masing-masing individu, dimana nilai informasinya sangat lekat dengan kepentingan individu tersebut. Misalnya adalah informasi rekening bank, informasi kartu kredit, surat-surat pribadi, kekasih simpanan, dan lain-lain;

rahasia perusahaan : adalah informasi rahasia yang dimiliki perusahaan dan perlu dilindungi oleh pihak manajemen dan karyawannya dari pihak pesaing. Misalnya harga beli bahan produksi, tehnik produksi, formula suatu produk, daftar nama, strategi pemasaran, strategi manajemen dan lain-lain;

rahasia negara : adalah informasi rahasia yang dimiliki oleh negara dan perlu dilindungi oleh aparat pemerintah dan rakyatnya dari pihak asing. Rahasia negara umumnya sangat erat berhubungan dengan kepentingan nasional dan keamanan nasional. Informasi yang dapat dikategorikan rahasia negara diantaranya adalah informasi mengenai strategi perekonomian negara dalam persaingan dagang internasional, informasi hasil intelijen, informasi diplomasi khusus, informasi strategi politik, informasi tehnik persandian nasional, informasi strategi pertahanan negara, informasi tehnis militer dan lain-lain.

Jenis-jenis rahasia lainnya seperti rahasia instansi, rahasia kelompok, rahasia partai, rahasia organisasi dan sebagainya merupakan bentuk lain dari ketiga bentuk utama tersebut diatas.

Agar informasi rahasia dapat dilindungi dengan baik, perlu dilakukan pendefinisian yang jelas dan konkret tentang informasi apa saja yang dikategorikan sebagai informasi rahasia. Selain itu prosedur pengamanan informasinya perlu didokumentasikan dengan baik agar setiap individu yang bersentuhan dengan informasi tersebut tahu dengan persis bagaimana memperlakukan informasi rahasia itu.

Selain itu yang tidak kalah penting untuk keberhasilan penanganan informasi rahasia adalah pendidikan dan pelatihan pengamanan informasi bagi setiap sumber daya manusianya. –

13 Tanggapan to “Informasi Rahasia”

  1. Megie said

    Jd gmn pendapat hadiwibowo ttg pro kontra tentang RUU rahasia negara?

  2. zakimath said

    RUU Kerahasian Dokumen Negara?

  3. KakaRu said

    pada implementasinya dilapangan (baca: tatanan pemerintahan)tidak semudah dan segampang kita menguraikan teori seperti yang ditulis mas hadi..sangat diharapkan saran-saran dan karya nyata dari para “CDO” yang dah kelamaan bulak-balik kedutaan yang berbeda-beda terhadap perkembangan pengamanan info/bra rahasia di negeri yang “menghidupi” mas-mas disana..mohon kiranya mas-mas melihat kenyataan yang terjadi di tanah air tercinta ini..

  4. masudin said

    Boleh nggak minta cara mengetahui rahasia negara. lewat manapun?

  5. The Mask said

    thanks atas informasi dan pengetahuannya

  6. […] Informasi Rahasia » […]

  7. […] masa pertemanan itulah terjadi obrolan-obrolan santai yang membahas keluarga, film, kedinasan, informasi rahasia, rahasia pribadi, kegiatan di tempat kerja, atau obrolan ringan tentang sepak bola […]

  8. […] dokumen tsb. Dengan dituliskannya kata “Rahasia” menurut saya berarti dokumen tsb berklasifikasi rahasia. Tulisan tsb sangat jelas terekam oleh kamera […]

  9. Dariyanto said

    Apakah ada hukum yang mengikat tentang pembocoran rahasia sebuah perusahaan?

  10. iwan said

    Apa efek bila informasi perusahan bocor?

  11. kalo karyawan rendahan mana tau itu rahasia perusahaan kalo kecewa pasti suka ngoceh tentang kejelekan perusahaan dan pimpinan,apakah ini termasuk membocorkan.?

  12. Johari A3 said

    gimna cara mengendalikan informasi rahasia perusahaan…? punya nggak guidelines nya

Tinggalkan komentar