Pengamanan Informasi dan Kriptografi

Menambah khasanah bacaan kriptologi dan pengamanan informasi bagi masyarakat Indonesia

  • Card Recovery Professional

    Recover Lost Or Deleted Files In 3 Steps. 100% Risk Free! Support All Camera Memory Card, Such As Sd Card, Xd Card, Cf Card, Etc. Support All Camera Brands And Almost All Raw File Formats.

  • Instant Wordpess Theme To Match Your Existing Website Design!

    World's First Automatic And Online HTML To Wordpress Converter. Theme Matcher Uses A Regular Site To Instantly And Effortlessly Create A Matchcing Wordpress Theme.

  • Laptop Repair Made Easy

    Laptop Repair Made Easy Is A Complete High Definition Video Series On How To Repair Laptops For Fun Or Profit. Laptop Repair Is A Huge Multi-billion Industry & That Means Lot Of $$$ For You

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

    Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya

  • Arsip

  • Januari 2014
    S S R K J S M
    « Des   Sep »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    2728293031  
  • Blog Stats

    • 396,300 hits
  • Pengunjung

Melongok Lembaga Sandi nya Kanada (bagian dua)

Posted by hadiwibowo pada Januari 31, 2014

Gambar

Tahun depan (2015) Communications Security Establishment  Canada atau CSEC (Lembaga Sandi nya Kanada) akan mempunyai gedung baru seharga C$1 milyar sebagai markas besarnya. Semua agen CSEC, hacker, analis kriptografi, ahli bahasa, ahli elektronik dan orang-orang yang bekerja di CSEC akan berpindah menempati markas besar yang canggih yang mirip di film-film spionase modern.

Selama beberapa dekade, keberadaan CSEC dianggap rahasia. Warga Kanada mengenal agen mata-mata pada 1970-an melalui film, siaran TV dan majalah berita. Sampai pada tahun 2001 Parlemen mengeluarkan Undang-undang Anti-Terorisme yang menyertakan CSEC didalamnya.

Peristiwa serangan 11 September 2001 mengubah CSEC dari  hanya sebuah organisasi yang diciptakan untuk memecahkan kode sandi Komunis menjadi sebuah organisasi dengan kekuatan dan kemampuan yang sangat besar. Pada tahun 1999, anggaran CSEC hanya sekitar C$96,3 juta dengan personel sekitar 900 orang. Tahun 2013 anggaran tersebut menjadi C$460,9  juta dengan personelnya menjadi 2.124 orang.

Kenaikan anggaran ini menurut John Adams, Kepala CSEC periode 2005-2012, disebabkan karena untuk melakukan kegiatan mata-mata elektronik, menjaga agar hacker dapat terus bekerja dalam sistem komputer pemerintah Kanada, menjalankan beberapa super-komputer tercepat di dunia dan menyimpan data dalam jumlah besar memerlukan biaya yang mahal. Bahkan CSEC juga mempekerjakan ahli matematika yang handal, dengan gaji sangat besar, untuk  memecahkan sandi-sandi asing.

CSEC telah berkembang menjadi organisasi yang berbeda, lebih kompleks, spying juggernaut, melakukan intelijen sinyal radio Rusia di Artic, jangkauan pengawasan yang bersifat global dan berusaha menguasai internet dari Ottawa.

Personel CSEC yang bekerja sebagai agen human intelligence, bekerja sebagian besar di Kanada untuk menghasilkan laporan tentang ancaman keamanan ke Kanada, sedangkan agen signals-intelligence bisa melanglang buana sejauh komputer dapat membawa mereka pergi serta diberikan kebebasan untuk mengeksplorasi isu-isu yang jauh melampaui perbatasan Kanada.

Peningkatan kemampuan CSEC yang sangat besar ini menjadi bahan perdebatan manakala terkuak beberapa kasus seperti kasus kecurigaan bahwa Kanada sengaja mengundang Badan Keamanan Nasional AS (NSA), untuk datang ke Kanada dan memata-matai para pemimpin dunia yang menghadiri KTT G20 2010 di Toronto. Dan kasus terungkapnya kegiatan mata-mata Kanada di Kementerian Energi Brazil

Pejabat Kanada tidak akan menjawab pertanyaan tentang operasi. Tetapi kasus Edward Snowden, mantan agen NSA, ini mau tidak mau membuat Kanada dan sekutunya berusaha untuk meningkatkan keamanan nasional mereka di tengah-tengah pro-kontra antara pembela kebebasan pribadi dan meminimalisir risiko kerusakan jangka panjang di panggung diplomatik .

Meskipun begitu, CSEC tetap menyediakan laporan intelijen untuk seluruh instansi pemerintah, termasuk Kantor Privy Council, Departemen Pertahanan (DND), Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Internasional (DFAIT), Sekretariat Dewan Keuangan, Canadian Security Intelligence Service (CSIS) dan Royal Canadian Mounted Police (RCMP).

Walaupun “hasil penyadapan” CSEC tidak sebesar NSA, CSEC sangat kuat dalam analisis, sehingga Kanada tetap melanjutkan kerjasama intelijennya yang dikenal dengan sebutan “five eyes”  bersama AS, Inggris, Australia dan Selandia Baru yang telah dirintis sejak tahun 1940. -antz-

——
Want to Master CCNA & CCNP?
three-steps-read-books-do-labs
Study Material For Cisco CCNA CCNP And CCIE Students
Cisco Instructor Selling Products To Help Cisco Students Pass The CCNA, CCNP And CCIE Exam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: