Pengamanan Informasi dan Kriptografi

Menambah khasanah bacaan kriptologi dan pengamanan informasi bagi masyarakat Indonesia

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

    Bergabung dengan 33 pelanggan lain
  • Arsip

  • Desember 2013
    S S R K J S M
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  
  • Blog Stats

    • 519.519 hits
  • Pengunjung

Melongok Lembaga Sandi-nya Kanada (bagian pertama)

Posted by hadiwibowo pada Desember 5, 2013

Lambang CSEC

Lambang CSEC

Lembaga Sandi-nya Pemerintah Kanada dikenal dengan sebutan Communications Security Establishment  Canada atau disingkat CSEC atau CSE Canada. Institusi ini secara administratif berada dalam Kementerian Pertahanan dan bertanggung jawab kepada Menteri Pertahanan.

Lingkup tugas CSEC adalah melindungi dan menjaga keamanan informasi dan data elektronik Pemerintah dan warga Kanada dengan cara  melakukan perlindungan jaringan informasi elektronik dan komunikasi serta menangani intelijen sinyal asing (SIGINT: Signal Intelligent).

Sebagai salah satu bagian dari intelijen negara, CSEC menganalisis berbagai data, memecahkan kunci-kunci dan teka-teki yang paling kompleks serta berteknologi maju untuk melindungi dan mengamankan informasi. Mengumpulkan sinyal komunikasi asing, yaitu informasi pada infrastruktur informasi global, yang mencakup emisi elektronik, sistem komunikasi, sistem teknologi informasi dan jaringan serta data dan informasi teknis atau terkait dengan sistem tersebut. Termasuk e-mail dan text message dari smartphone.

Hasil pengolahan data dan informasi dari CSEC digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan pemerintah di bidang keamanan nasional, pertahanan nasional dan kebijakan luar negeri .

Dalam melakukan tugasnya, CSEC bermitra dan melakukan kerjasama pertukaran informasi intelijen dengan National Security Agency (NSA) Amerika Serikat,  Government Communications Headquarters (GCHQ) Inggris, Australia Signal Directorate (ASD) Australia dan Government Communications Security Bureau (GCSB) Selandia Baru.

Disamping itu CSEC juga merupakan institusi Pemerintah Kanada dalam bidang pelayanan persandian atau kriptografi. Untuk itu CSEC menganalisis dan merekomendasi algoritma kriptografi yang akan digunakan untuk melindungi semua informasi sensitif yang diproses dalam sistem teknologi informasi pemerintah Kanada. Dan juga melakukan penelitian dan pengembangan atas nama Pemerintah Kanada dalam bidang yang berkaitan dengan keamanan komunikasi.

CSEC juga bertanggung jawab untuk mensertifikasi penggunaan alat-alat sandi yang akan digunakan di pemerintahan serta menyediakan kunci-kunci serta material sandi lainnya termasuk yang digunakan oleh industri yang menangani informasi rahasia dan sensitif.

Selain itu, CSEC juga mensertifikasi produk TI komersial yang aman secara kriptografis untuk keperluan perlindungan informasi bagi masyarakat.

Undang-undang Anti-Teroris yang disahkan pada bulan Desember 2001 memperluas kapasitas CSEC dalam rangka perang melawan terorisme dengan memberikan mandat untuk:

  1. Mengumpulkan informasi intelijen dari seluruh dunia untuk kepentingan nasional Kanada
  2. Memberikan perlindungan informasi elektronik dan infrastruktur informasi yang penting bagi Pemerintah dan warga Kanada
  3. Memberikan batuan teknis dan operasional kepada lembaga penegak hukum dan keamanan dalam menjalankan tugasnya.

CSEC tetap terikat dengan semua peraturan di Kanada seperti Criminal Code of Canada, Charter of Rights and Freedoms  dan Privacy Act. Dimana CSEC secara hukum (di Kanada) dilarang untuk melakukan penyadapan komunikasi asing dari atau ke sumber-sumber di dalam negeri atau warga negaranya. Namun sejak peristiwa 11 September 2001 di Amerika Serikat, kewenangan CSEC diperluas sehingga dapat melakukan penyadapan asing (luar negeri) yang memiliki sumber atau menuju di/ke Kanada. Dengan kata lain sejak Desember 2001 CSEC melakukan kegiatan intelijen aktif di dalam maupun di luar negeri. -antz-

——
Want to Master CCNA & CCNP?
three-steps-read-books-do-labs
Study Material For Cisco CCNA CCNP And CCIE Students
Cisco Instructor Selling Products To Help Cisco Students Pass The CCNA, CCNP And CCIE Exam.

4 Tanggapan to “Melongok Lembaga Sandi-nya Kanada (bagian pertama)”

  1. leily877 said

    Reblogged this on leily877's Blog.

  2. leily877 said

    Reblogged this on leily877's Blog.

  3. Tatang Tox said

    Mantabs, Pak infonya… Kok bisa dapet yak??? 😉

  4. […] Melongok Lembaga Sandi-nya Kanada (bagian pertama) […]

Tinggalkan komentar