Pengamanan Informasi dan Kriptografi

Menambah khasanah bacaan kriptologi dan pengamanan informasi bagi masyarakat Indonesia

  • Card Recovery Professional

    Recover Lost Or Deleted Files In 3 Steps. 100% Risk Free! Support All Camera Memory Card, Such As Sd Card, Xd Card, Cf Card, Etc. Support All Camera Brands And Almost All Raw File Formats.

  • Instant Wordpess Theme To Match Your Existing Website Design!

    World's First Automatic And Online HTML To Wordpress Converter. Theme Matcher Uses A Regular Site To Instantly And Effortlessly Create A Matchcing Wordpress Theme.

  • Laptop Repair Made Easy

    Laptop Repair Made Easy Is A Complete High Definition Video Series On How To Repair Laptops For Fun Or Profit. Laptop Repair Is A Huge Multi-billion Industry & That Means Lot Of $$$ For You

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

    Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya

  • Arsip

  • Desember 2007
    S S R K J S M
    « Nov   Jan »
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
    31  
  • Blog Stats

    • 396,300 hits
  • Pengunjung

Apakah kriptografer adalah profesional keamanan informasi ?

Posted by hadiwibowo pada Desember 19, 2007

Sejak artikel Bagaimana menjadi Kriptografer di Indonesia dipasang banyak sekali pertanyaan dan pernyataan seputar menjadi Kriptografer dan kriteria seseorang disebut Kriptografer. Bahkan ada yang bertanya, “Apakah anda seorang Kriptografer ?”

Dari sekian banyak pertanyaan dan pernyataan, ternyata sebagian besarnya sesungguhnya mengarah pada apa yang dinamakan security engineer atau mungkin dalam bahasa Indonesia-nya adalah insinyur keamanan (informasi).

Dalam artikel tersebut tertulis: “Bila kita berminat menekuni ilmu kriptologi dan hendak menjadi seorang profesional kriptografer Indonesia yang mempunyai sertifikat, kita dapat menimba ilmu khusus Kriptologi di Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN).”

Kata “mempunyai sertifikat” ditebalkan tentu dengan maksud yang dapat dengan mudah dipahami. Sebab mendapatkan gelar kesarjanaan walaupun sampai Doktor (S3) pun tidak menjamin secara otomatis menambah pengetahuan atau pengalaman ke-kriptografer-an. Namun gelar kesarjanaan dan sertifikat tersebut akan memberikan kredibilitas dan sebagai basis dalam menjawab tantangan yang ada dalam komunitasnya.

Secara resmi lulusan sekolah tinggi sandi tersebut tidak disebut kriptografer, tetapi disebut sandiman. Sebutan ini telah dipakai dalam dokumen resmi negara Republik Indonesia. Selanjutnya, apakah sandiman sama dengan kriptografer ? saya belum mendapatkan konfirmasi yang pasti.

Definisi Kriptografer

Kriptografer secara sederhana dapat didefinisikan sebagai seseorang yang menekuni dan melakukan aktifitas di bidang kriptografi, yaitu kegiatan atau ilmu tentang penyembunyian pesan menggunakan metode (algoritma) tertentu dengan tujuan melindungi keutuhan informasi itu.

Kriptografer yang diakui dunia, Bruce Schneier mendefinisikan kriptografer sebagai periset kriptografi, karena menurut baliau, kriptografi adalah lapangan riset. Kriptografer meneliti kriptografi, menulis paper kriptografi, memecahkan kode/algoritma/protokol, mendesain dan menciptakan sistem/algoritma/protokol.

Seringkali kriptografer didefinisikan sebagai security engineer, yaitu seseorang yang mengimplementasikan kriptografi ke dalam produk hardware/software atau, mereka yang membangun sistem keamanan informasi dengan menggunakan kriptografi. Seorang security engineer memang diharuskan memahami kriptografi dengan baik, tetapi tidak mendesain atau menciptakan kriptografi. Jadi mereka bukanlah kriptografer.

Walaupun begitu dapat juga dikatakan bahwa kriptografer termasuk bagian dari para profesional keamanan informasi.

Bagaimana menjadi kriptografer ?

Sebagaimana profesi ”keahlian” lainnya, menjadi seorang kriptografer tentunya tidak serta merta setelah lulus sekolah atau kursus kriptografi langsung dapat dikatakan kriptografer. Untuk mendapatkan keahlian tersebut, walaupun tidak mesti dijuluki kriptografer, membutuhkan ilmu yang tepat menyangkut matematika, komputer, serta memiliki cara berfikir kriptografer.

Ilmu dasar yang harus dikuasai untuk menuju ke keahlian seorang kriptografer adalah :

1. Mempelajari matematika: yaitu ilmu matematika yang berfokus pada teori dan pembuktian. Penguasaan matematika yang baik akan membuat kriptografer dapat berfikir dengan kreatif. Dapat dilakukan dengan mengambil kesarjanaan di universitas, biasanya jurusan matematika ini termasuk dalam fakultas ilmu murni.

2. Mempelajari komputer : kriptografi modern telah menggunakan komputer sebagai bagian penting dalam menciptakan dan mengimplementasikan kriptografi. Sehingga penguasaan ilmu komputer dalam hardware, software, protokol, bahasa pemrograman, desain algoritma dan teori komputasi menjadi vital. Ilmu komputer ini dapat dipelajari di sekolah, kursus atau belajar sendiri.

3. Mempelajari cara berfikir Kriptografer : cara berfikir yang digunakan oleh para profesional keamanan informasi memang berbeda dengan engineer dari bidang lainnya. Mereka diharuskan dapat berfikir dari sudut pandang lawan.

Selain mempelajari ilmu dasar itu, langkah selanjutnya adalah :

1. Mengejar sertifikasi kesarjanaan bidang kriptologi : di Indonesia bisa melalui STSN untuk mendapatkan Diploma IV bidang Kriptografi, namun di beberapa negara, kriptografi dipelajari sebagai bidang ilmu di pasca-sarjana.

2. Bekerja pada bidang kriptografi : bisa di institusi pemerintahan misalnya Lembaga Sandi Negara, perusahaan yang menerapkan kriptografi dalam mengamankan informasinya misalnya bank, dunia akademis misalnya dengan menjadi dosen/profesor kriptografi, perusahaan yang menjual alat-alat kriptografi, atau menjadi konsultan kriptografi.

3. Membaca buku, jurnal, paper dan literatur : tentang kriptografi misalnya The Code Breakers – David Kahn, Applied Cryptography – Bruce Schneier, juga buku dan literatur tentang keamanan komputer seperti firewall, internet security, dan lain-lain yang akan bermanfaat menambah wawasan kriptografi.

4. Aktif dalam forum diskusi kriptografi dan keamanan informasi : sangat bermanfaat untuk melatih kemampuan dalam memecahkan masalah-masalah kriptografi. -antz-

5 Tanggapan to “Apakah kriptografer adalah profesional keamanan informasi ?”

  1. lemsanegwatch said

    Masalahnya lembaga sandi negaranya masih kaya gitu tuh mas. Kinerja overall organisasinya kelihatannya jalan ditempat aja. Gak ngeluarin apa-apa, entah policy (yang sifatnya positif), security guide, atau yang lain-lain. Malah katanya sekarang jadi *diedit karena sensitif*.

  2. Lemsangwatchwatcher said

    Hah??!! Masa’ Lemsaneg jadi *beep*…

  3. Roma Ito Pinem said


          

  4. saiful said

    sangar sangar semangat untukmenlis yang baru

  5. berarti kriptografer bisa dikatakan sebgai programming juga donk..?
    menarik bgt memang baca mengenai kriptografer, karena skrng ini jadi bisa kemungkinan bitcoin ke depannya sebagai alat pembayaran yang sah..mungkinkah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: