Pengamanan Informasi dan Kriptografi

Menambah khasanah bacaan kriptologi dan pengamanan informasi bagi masyarakat Indonesia

  • Card Recovery Professional

    Recover Lost Or Deleted Files In 3 Steps. 100% Risk Free! Support All Camera Memory Card, Such As Sd Card, Xd Card, Cf Card, Etc. Support All Camera Brands And Almost All Raw File Formats.

  • Instant Wordpess Theme To Match Your Existing Website Design!

    World's First Automatic And Online HTML To Wordpress Converter. Theme Matcher Uses A Regular Site To Instantly And Effortlessly Create A Matchcing Wordpress Theme.

  • Laptop Repair Made Easy

    Laptop Repair Made Easy Is A Complete High Definition Video Series On How To Repair Laptops For Fun Or Profit. Laptop Repair Is A Huge Multi-billion Industry & That Means Lot Of $$$ For You

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

    Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya

  • Arsip

  • Agustus 2006
    S S R K J S M
        Sep »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    28293031  
  • Blog Stats

    • 396,300 hits
  • Pengunjung

Apa sih Kriptografi itu ?

Posted by hadiwibowo pada Agustus 6, 2006

Maraknya pemberitaan tentang penyadapan ikut mempopulerkan kriptografi kepada masyarakat Indonesia. Walaupun kriptografi bukanlah hal baru, tetapi untuk masyarakat Indonesia kriptografi masih jarang sekali dibicarakan secara umum.

Kriptografi di Indonesia disebut persandian yaitu secara singkat dapat berarti seni melindungi data dan informasi dari pihak-pihak yang tidak dikehendaki baik saat ditransmisikan maupun saat disimpan. Di Indonesia instansi pemerintah yang secara resmi menangani kriptografi nasional adalah Lembaga Sandi Negara.

Sedangkan ilmu persandiannya disebut kriptologi yaitu ilmu yang mempelajari tentang bagaimana tehnik melindungi data dan informasi tersebut beserta seluruh ikutannya. Ilmu ini di Indonesia dapat dipelajari di Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) yang merupakan satu-satunya perguruan tinggi kriptografi di Indonesia.

Aplikasi kriptologi pada kehidupan sehari-hari

Mungkin tidak disadari bahwa saat ini benda-benda teknologi dalam kehidupan sehari-hari sudah menggunakan kriptografi. Telepon seluler, kartu ATM, kartu kredit, internet, LAN, mesin absensi atau GPS dan masih banyak lagi telah ditempeli kriptografi dengan intensitas yang berbeda. Dalam mengoperasikan kriptografi jenis ini, pengguna (end-user) tidak memerlukan pengetahuan khusus tentang kriptografi, karena aplikasi kriptografinya sudah langsung dapat dipakai (tanpa terasa).

Dalam kondisi khusus, penerapan kriptografi membutuhkan operator kripto, seperti penyampaian berita rahasia dari satu tempat ke tempat lain (kurir), penyimpanan data dan informasi rahasia ke dalam database atau pengoperasian mesin-mesin khusus kripto. Operator kripto ini diperlukan karena untuk mengelola kegiatan-kegiatan khusus tersebut membutuhkan manajemen kripto dan orang-orang terpercaya yang telah mempunyai sertifikat kripto.

Aplikasi kriptografi ini dipakai sebagai pengamanan informasi yaitu untuk :

1. menjaga kerahasiaan/privacy/confidentiality informasi terhadap akses pihak-pihak yang tidak memiliki kewenangan terhadap informasi tersebut.

2. menjaga keutuhan informasi (integrity) sehingga informasi yang ditransmisikan tidak mengalami perubahan baik oleh pihak yang tidak berhak ataupun sesuatu hal lain (misalnya transmisi yang buruk).

3. memastikan identitas (otentikasi) baik orang, mesin, program ataupun kartu bahwa memang pihak yang benar-benar berhak/asli/yang dimaksud. Otentikasi dapat juga digunakan untuk menyamarkan identitas (anonimity) terhadap yang tidak berhak.

4. mencegah penyangkalan (non-repudiation) bahwa data tersebut memang benar adalah data yang dikirimkan oleh pihak pengirim. -antz-

16 Tanggapan to “Apa sih Kriptografi itu ?”

  1. deking said

    Saya pertama naksir dengan kriptografi ketika kuliah Aljabar, tetapi saya hanya sekadar tertarik saja … alias tdk punya kemampuan dalam bidang kartografi😀

  2. anas said

    Wuih keren banget. Gimana bisa kuliah disana mas. Aku termasuk orang yang dalam rahasia lho. Senang tau banyak tentang orang tanpa harus diketahui.

  3. rahma said

    Terima kasih pak telah mengenalkan almamater tercinta kami, Sekolah Tinggi Sandi Negara.

  4. […] Hanya pihak penerima yang sah saja yang dapat mengetahui ‘pesan lain’ tersebut. Berbeda dengan kriptografi, dimana karakter pesan diubah/diacak menjadi bentuk lain yang tidak bermakna, dalam steganografi […]

  5. […] – Penyandian : dapat didefinisikan sebagai proses merubah data yang dapat dibaca (plain-text) menjadi data yang tidak terbaca (cipher-text) oleh algoritma kriptografi. […]

  6. yuki said

    mohon lbh byk lg posting kripto grafi’y….
    trims…
    thank’s atas post’y…

  7. Artikel yang menarik, sekedar sharing, kunjungi:
    Keamanan Sistem Informasi – Konsep Kriptografi
    Keamanan Sistem Informasi – Caesar Chipher
    Keamanan Sistem Informasi – Monoalphabetic Chiper

  8. johan said

    Msh perlu terus menyadarkan para pemangku kepentingan negara akan pentingnya keamanan informasi / kriptografi..next war is information warfare…

  9. Masih bingung karena banyak percabangannya😦

  10. […] https://hadiwibowo.wordpress.com/2006/08/06/apa-sih-kriptografi-itu/ […]

  11. […] https://hadiwibowo.wordpress.com/2006/08/06/apa-sih-kriptografi-itu/ […]

  12. Keren. oia, kriptografi sudah diterapkan dari sejak jaman mesopotamia loh.
    coba simak: http://vagabondwolf.blogspot.com/2013/08/kriptografi.html

  13. […] Apa sih Kriptografi itu ? […]

  14. […] Apa sih Kriptografi itu ? […]

  15. […] mengalami kehilangan/kecurian laptop/drive portabel. Dan ternyata hanya 2/3 nya yang menggunakan kriptografiuntuk memberikan perlindungan terhadap data didalamnya. Bila praktisi keamanan komputer saja jarang […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: