Pengamanan Informasi dan Kriptografi

Menambah khasanah bacaan kriptologi dan pengamanan informasi bagi masyarakat Indonesia

  • Card Recovery Professional

    Recover Lost Or Deleted Files In 3 Steps. 100% Risk Free! Support All Camera Memory Card, Such As Sd Card, Xd Card, Cf Card, Etc. Support All Camera Brands And Almost All Raw File Formats.

  • Instant Wordpess Theme To Match Your Existing Website Design!

    World's First Automatic And Online HTML To Wordpress Converter. Theme Matcher Uses A Regular Site To Instantly And Effortlessly Create A Matchcing Wordpress Theme.

  • Laptop Repair Made Easy

    Laptop Repair Made Easy Is A Complete High Definition Video Series On How To Repair Laptops For Fun Or Profit. Laptop Repair Is A Huge Multi-billion Industry & That Means Lot Of $$$ For You

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

    Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya

  • Arsip

  • Desember 2010
    S S R K J S M
    « Mei   Sep »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    2728293031  
  • Blog Stats

    • 396,300 hits
  • Pengunjung

Contoh Kawat Rahasia Diplomatik Departemen Luar Negeri Amerika Serikat

Posted by hadiwibowo pada Desember 13, 2010

Rame-rame tentang Cablegate, istilah untuk kebocoran ratusan dokumen/kawat komunikasi diplomatik antara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat dengan Perwakilannya di luar negeri, yang disebarkan oleh situs Wikileaks, harus menjadi pelajaran berharga bagi kita (lebih khusus: Pemerintah Indonesia) tentang berbagai hal yang berhubungan dan/atau menyertai dari status klasifikasi kerahasian sebuah dokumen/informasi.

Status klasifikasi kerahasian sebuah dokumen/informasi tidak hanya menyangkut dokumen/informasi itu secara berdiri sendiri. Status klasifikasi suatu dokumen/informasi, baik rahasia ataupun tidak, selalu berhubungan dengan: aturan; personil yang mengakses, membuat, menerima dan mengolah; cara penyimpanan, media fisik dimana informasi tersebut bergerak dari mulai dibuat didistribusikan hingga disimpan serta cara penggunaannya. Kesemua yang berhubungan dengan status klasifikasi dokumen/informasi tersebut akan menentukan tingkat keamanannya.

Dalam tulisan ini saya akan menampilkan contoh kawat rahasia diplomatik Departemen Luar Negeri Amerika Serikat yang saya kutip secara utuh dari Majalah Gatra edisi Desember 2010 tanpa saya komentari apalagi saya bandingkan dengan milik negara lain (supaya tidak menimbulkan ekses yang tidak diharapkan). Dan sayapun tidak memberikan opini benar/salah baik sebagian atau seluruhnya, penjelasan arti kode dalam kawat tersebut.

Contoh kawat rahasia ini dapat digunakan sebagai salah satu bahan pelajaran untuk dianalisis dan studi banding tentang bentuk-bentuk komunikasi diplomatik negara lain (tanpa harus pergi ke negara asalnya).

Kutip

VZCZCXRO5845

PP RUEHBC RUEHKUK RUETRO

DE RUEHKU #0142/01 0481442

ZNY SSSSS ZZH

P 171442Z FEB 10

FM AMEMBASSY KUWAIT

TO RUEHC/SECSTATE WASDC PRIORITY 4627

INFO RUCCNIRA/IRAN COLLECTIVE PRIORITY

RHEHNSC/NSC WASHDC PRIORITY

Secret section 01 of 03 kuwait 000142

Sipdis

noforn

Nea/arp.nea/ra

E.o. 12958: decl: 02/16/2020

Tag: pgov,prel,pter,ir,ym.ku

Subject: Kuwait interior minister sounds alarm on iran: offers assurances on gtmo returnees and security

Ref: kuwait 137

Classified By: DCM Tom Williams for reason 1.4b and d

Arti Kode Rahasia dalam Pesan Kawat (baris per baris)

– Identitas pengirim. Pesan-pesan dari Departemen Luar Negeri diawali dengan V dan ZCZC

– Penerima: dua huruf pertama menjelaskan seberapa cepat dokumen-dokumen harus disampaikan. Z=kilat, O=segera, P=prioritas, dan R=rutin. RUEHBC, RUEHKUK, dan RUEHTRO adalah petunjuk alamat dan merujuk ke kantor kedutaan (Regional Embassy Office) di Basra, tim rekonstruksi regional (Regional Reconstruction Team) di Erbil, dan kedutaan (Embassy) di Tripoli.

– Pengirim: DE berarti “Dari”. RUEHKU merujuk kedutaan di Kuwait. 0142 menunjukkan nomor seri pengirimnya. 01 bermakna ikuti bila kawat yang dikirim memiliki bagian berganda. Sembilan angka terakhir menunjukkan watu pengiriman: 048=hari ke-48 dari 1 tahun, yakni tgl 17 februari. Angka berikutnya menunjukkan waktu GMT (Greenwich Mean Time).

– Klasifikasi: ZNY berarti pengiriman pesan harus melalui jalur yang aman. Berbarengan dengan SSSSS berarti pesan itu sendiri bersifat rahasia. ZZH menunjukkan bahwa kawat dibuat oleh aparat Departemen Luar Negeri.

– Garis penanggalan: P=prioritas, diikuti dengan tanggal dan waktu. Z=zona waktu Zulu dan setara dengan GMT.

– Si pengirim tertulis dengan huruf yang jelas (Kedutaan Kuwait). FM=from.

– Penerima utama tertulis denga huruf yang jelas (Menteri Luar Negeri di Washington DC). RUEHC adalah Departemen Luar Negeri. Angka memperkenankan kabar yang dikirim diteruskan.

– Pihak lain yang perlu diinformasikan (RHEHNSE, misalnya adalah Dewan Keamanan Nasional), diikuti dengan klasifikasi prioritas.

– Tingkat kerahasiaan, bagian 1 dari 3 bagian dalam pesan (satu bagian panjangnya 100 baris), pengirim dan nomor serinya.

– SIPRNet Distribution. Departemen Luar Negeri dan Departemen Pertahanan menggunakan jaringan protokol lalu-lintas internet rahasia (SIPRNet) untuk mengirim informasi rahasia.

– “Not Releasable to Foreign Nationals”. Berarti kiriman informasi yang diberi tanda ini tidak boleh diketahui orang berkebangsaan asing.

– NEA=Biro Urusan Timur Jauh di Departemen Luar Negeri. NEA/ARP=Urusan Jazirah Arab dan NEA/RA=Urusan Regional.

– Tenggang masa kerahasiaan seperti diatur dalam Executive Order 12958.

– Lalu-lintas analisis menurut geografi dan subjek (TAGS). Seluruh kiriman sekurang-kurangnya harus ada satu TAGS. Huruf pada awal singkatan bermakna “Urusan Politik”. PGOV=Urusan Internal Pemerintah. PREL=Hubungan Politik Eksternal. PTER=Teroris dan Terorisme. IR=Iran. YM=Yaman. KU=Kuwait.

– Orang yang bertanggung jawab atas kerahasiaan kiriman informasi (DCM=Deputy Chief of Mission). Alasan: 1.4b=informasi pemerintah asing, 1.4d=hubungan luar negeri atau aktivitas-aktivitas luar negeri AS, termasuk sumber rahasia.

Unkutip

-antz2010-

4 Tanggapan to “Contoh Kawat Rahasia Diplomatik Departemen Luar Negeri Amerika Serikat”

  1. Gatra dapat sumber dari mana ya mas arti kode rahasia dalam kawatnya? walaupun tidak dikomentari benar atau tidaknya, pasti ada sumber yang sudah diklarifikasi khan?

    • anu saja said

      kalo gak salah, dari wiki leaks yang memberikan arti dari kode-kode tersebut. Karena kawat ini kok mirip dengan informasi kawat2 rahasia amerka yang bocor diwikileak.

  2. Sinta said

    Kata mengerti security awareness, tpi contoh kawat sandi aj di gembor2 rin ke publik, meskipun format kawatnya salah tpi perilaku seperti ini yg bisa dianalisa musuh kedepannya

  3. Jari said

    Wah keamanan data sangat penting ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: