Pengamanan Informasi dan Kriptografi

Menambah khasanah bacaan kriptologi dan pengamanan informasi bagi masyarakat Indonesia

  • Card Recovery Professional

    Recover Lost Or Deleted Files In 3 Steps. 100% Risk Free! Support All Camera Memory Card, Such As Sd Card, Xd Card, Cf Card, Etc. Support All Camera Brands And Almost All Raw File Formats.

  • Instant Wordpess Theme To Match Your Existing Website Design!

    World's First Automatic And Online HTML To Wordpress Converter. Theme Matcher Uses A Regular Site To Instantly And Effortlessly Create A Matchcing Wordpress Theme.

  • Laptop Repair Made Easy

    Laptop Repair Made Easy Is A Complete High Definition Video Series On How To Repair Laptops For Fun Or Profit. Laptop Repair Is A Huge Multi-billion Industry & That Means Lot Of $$$ For You

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

    Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya

  • Arsip

  • Desember 2009
    S S R K J S M
    « Nov   Jan »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    28293031  
  • Blog Stats

    • 396,300 hits
  • Pengunjung

Tinta Rahasia

Posted by hadiwibowo pada Desember 12, 2009

Tinta (dalam berbagai bentuk) telah dikenal dan digunakan oleh bangsa Romawi sebagai alat tulis menulis sejak jaman dahulu, lebih kurang abad 3-4 M. Hingga jaman komputer saat ini, tinta tetap tidak bisa dilepaskan dari kegiatan manusia modern sebagai alat bantu untuk melakukan tulis menulis mulai dari kegiatan seni grafis, jurnalistik hingga percetakan.

Prinsip utama tinta adalah sebagai salah satu media penyampai informasi, tentunya dalam bentuk tertulis. Penyampaian informasi yang tepat dan aman sudah disadari dari jaman dahulu terutama untuk pengiriman informasi pribadi/rahasia. Berdasarkan kebutuhan itu maka timbulah gagasan untuk membuat tinta yang dapat menyembunyikan informasi rahasia. Melalui bahan-bahan tertentu dibuatlah suatu tinta yang saat dituliskan tidak dapat langsung dibaca. Untuk membacanya dibutuhkan tambahan bahan tertentu dan dengan proses tertentu pula.

Teknologi pembuatan tinta sangat beragam sejalan dengan perkembangan teknologi media “kertas” dan “pena” nya. Mulai dari tinta cair, tinta keras, tinta lunak, hingga tinta bubuk.

Tinta rahasia pada dasarnya adalah tinta tidak berwarna atau transparan, dimana bila digunakan untuk menulis, tulisannya tidak dapat langsung dibaca. Untuk membacanya memerlukan media penampak. Dalam dunia kriptografi, tinta rahasia dimasukkan sebagai bagian dari steganografi.

Tinta rahasia pertama kali dipakai sekitar abad ke-5 M dengan menggunakan bahan jus buah. Kemudian berkembang seiring waktu dengan menggunakan asam cuka, larutan kanji, tawas, kobal hingga protein fluoresen.

Jus lemon dan amonium klorida sebagai tinta rahasia dapat ditampakkan dengan cara dipanaskan. Larutan kanji sebagai tinta rahasia dapat ditampakkan dengan iodium. Asam cuka sebagai tinta rahasia dapat ditampakkan dengan bawang merah atau air sari kubis. Kobal oksida sebagai tinta rahasia dapat ditampakkan dengan asam nitrat atau asam hidroklorat dan dipanaskan. Protein fluoresen dapat ditampikan dengan sinar ultraviolet.

Pada jaman dahulu, penggunaan tinta rahasia sangat terbatas hanya dikalangan tertentu saja, seperti Raja, Pejabat Pemerintah, Panglima Perang, Pejabat Militer, Agen Intelijen, Duta, Misionaris atau Bangsawan. Selain disebabkan karena tinta rahasia tidak dijual secara umum, bahan-bahannya mahal, juga masih sulit didapatkan produk yang telah jadi tinggal pakai seperti pena atau pensil. Hanya mereka yang ingin menyampaikan informasi rahasia melalui suratlah yang membutuhkannya.

Sekarang ini pena/pensil dengan tinta tak terlihat (invisible ink) sudah mulai banyak dijual secara umum dikenal dengan istilah security maker pens. Selain itu sudah dibuat pula pena untuk membacanya yang diistilahkan decoder pens. Namun penggunaan tinta tak terlihat dan pembacanya saat ini lebih banyak pada permainan anak-anak dengan medium “kertas” plastik, fiber, melamin atau kaca.

Seiring dengan perkembangan teknologi komputer, beberapa vendor printer telah mengembangkan teknologi tinta tak terlihat ini untuk digunakan dalam printer inkjet. Untuk membacanya biasanya ditempelkan pada lampu UV. -antz-

4 Tanggapan to “Tinta Rahasia”

  1. zakimath said

    Kalo begini kayaknya anak Kimia yg lebih jago deh…😀

  2. rfirmans said

    mas zaki, mong ngomong soal jago … pastinya vendornya donk

  3. zakimath said

    He2, mksdnya yg jago itu yg ngutak-atik zat kimianya…😀

  4. zeeroo said

    ngemeng2 perkembangan Indonesia udah sampai mana ya??
    kedepannya kayakna LIPI perlu di galakkan deh….
    setuju ga?? tapi mentok ke fulus kalie ya hehhehe…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: