Pengamanan Informasi dan Kriptografi

Menambah khasanah bacaan kriptologi dan pengamanan informasi bagi masyarakat Indonesia

  • Card Recovery Professional

    Recover Lost Or Deleted Files In 3 Steps. 100% Risk Free! Support All Camera Memory Card, Such As Sd Card, Xd Card, Cf Card, Etc. Support All Camera Brands And Almost All Raw File Formats.

  • Instant Wordpess Theme To Match Your Existing Website Design!

    World's First Automatic And Online HTML To Wordpress Converter. Theme Matcher Uses A Regular Site To Instantly And Effortlessly Create A Matchcing Wordpress Theme.

  • Laptop Repair Made Easy

    Laptop Repair Made Easy Is A Complete High Definition Video Series On How To Repair Laptops For Fun Or Profit. Laptop Repair Is A Huge Multi-billion Industry & That Means Lot Of $$$ For You

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

    Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya

  • Arsip

  • Oktober 2009
    S S R K J S M
    « Sep   Nov »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728293031  
  • Blog Stats

    • 396,300 hits
  • Pengunjung

Kesadaran Keamanan Informasi dari Wapres Boediono

Posted by hadiwibowo pada Oktober 26, 2009

Implementasi kesadaran pengamanan informasi ternyata telah dilakukan sejak lama oleh Bapak Boediono yang sekarang menjabat sebagai Wakil Presiden RI.

Suatu langkah (lebih tepatnya lompatan) yang sangat berarti bila security awareness tersebut datang dari pucuk pimpinan negara dan diteladani oleh semua jajaran pejabat pemerintah. Dengan security awareness yang baik dari seluruh komponen pemerintah, kebocoran informasi penting yang berguna untuk memperjuangkan kepentingan nasional Indonesia dapat diminimalkan.

Berikut saya kutipkan berita tentang security awareness Bapak Wapres Boedinono:

Kompas, Jum’at, 23 Oktober 2009

TATA KELOLA

Informasi Wakil Presiden Jangan Diperdagangkan

JAKARTA, KOMPAS — Wakil Presiden Boediono mengingatkan stafnya agar jangan sampai informasi atas keputusan yang telah dan akan diambil di Kantor Sekretariat Wakil Presiden bocor dan diperdagangkan. Apabila hal itu terjadi, negara dan rakyat tak hanya direpotkan, tetapi juga dirugikan.

Boediono menyampaikan hal itu saat memberikan pengarahan kepada pegawai dan pejabat eselon di Aula Istana Wapres, Jakarta, Kamis (22/10).

Pengarahan itu dihadiri sebanyak 399 pegawai dan pejabat Kantor Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres). Boediono ditemani dua dari empat staf khususnya, yaitu Mohammad Ikhsan dan Yopie Hidayat. Sebelum pengarahan, Sekretaris Wapres Tursandi Alwi melaporkan struktur organisasi dan tugas Kantor Setwapres.

Boediono mengharapkan pegawai dan pejabat eselon di lingkungan Kantor Setwapres bersungguh-sungguh menerapkan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik, transparan, dan akuntabel. Hal itu terutama “mengamankan” Kantor Setwapres sebagai institusi strategis dalam proses pengambilan keputusan negara.

“Mengamankan secara fisik Wapres oleh Pasukan Pengamanan Presiden, tentu itu penting. Misalnya, jangan sampai ada yang menembak Wapres. Akan tetapi, jauh lebih penting ‘mengamankan’ Wapres sebagai institusi negara. Jangan sampai informasi itu bocor dan diperdagangkan. Kalau sampai terjadi, repot negara ini,” ungkapnya.

Boediono sendiri tak merinci informasi dari keputusan Wapres yang pernah bocor dan diperdagangkan itu.

Bernilai miliaran rupiah

Menurut Boediono, informasi menyangkut kebijakan Wapres itu bernilai miliaran rupiah. “Jangan sampai informasi itu jatuh kepada orang yang menggunakan informasi untuk keuntungan kelompoknya, dan bukan untuk kepentingan rakyat,” katanya.

Boediono kemudian mengingatkan mana informasi yang bisa dikeluarkan ke publik dan mana yang tidak boleh.

“Hati-hati dengan informasi yang sampai ke bawah, terutama informasi yang memiliki nilai sensitivitas, sebab memiliki konsekuensi,” kata Boediono.

Juru Bicara Wapres Yopie Hidayat menambahkan, pernyataan Boediono bukan berarti Kantor Setwapres bersifat tertutup terhadap semua informasi.

“Pak Boediono hanya mengingatkan bagaimana pentingnya informasi yang terkait keputusan Wapres dikelola. Mana yang boleh dan mana yang tidak boleh,” ujarnya. (HAR) -antz-

7 Tanggapan to “Kesadaran Keamanan Informasi dari Wapres Boediono”

  1. terimakasih i atas tulisannya yang menarik…
    kenalkan saya Agus Suhanto

  2. Bintang said

    Saya sangat setuju, Pak. Karena sesungguhnya informasi itu juga merupakan aset sebuah instansi yang patut untuk diperhitungkan sebagaimana halnya aset-aset fisik yang lain seperti gedung, dan peralatan / inventaris lainnya. Jika sebuah informasi yang sangat confidential sampai bocor ke tangan orang lain, maka value atau nilai informasi itu dapat membahayakan instansi itu sendiri.

    Blog saya di : http://kawuloalitox.wordpress.com

  3. Pak Wapres, kalau Anda pakai Blackberry, ada cara seperti ini untuk menyadap Blackberry: http://amrishodiq.co.cc/blog/2009/11/cara-kerja-software-penyadapan-blackberry/

  4. noersilo said

    wah… keren pak wapres, tapi sayang bang amri dah bisa nyadap hapenya pak wapres. hihihihi…
    pak, kenalan juga ya.. ini blog saya : http://www.kamar.noersilo.web.id

  5. zakimath said

    Wah, ahli2 penyadap pada kumpul di sini, xixixi…🙂

  6. Slm hormat, ada contoh kode delphi pemakaian teknik enkripsi data menggunakan algoritma enkripsi PR dengan jenis enkripsi simetrik dengan tipe stream cipher, fungsi enkripsi telah dibuat dlm file librari dll,sehingga dapat digunakan oleh bahasa pemrograman lainnya yang dapat mengakses file dll, kode pemakaian fungsi enkripsi dapat dilihat di http://www.ciauldownload.blogspot.com pada bagian artikel, terima kasih

  7. sl33py said

    keamanan informasi bisa jadi dasar kita untuk selalu bersikap hati-hati dalam melakukan setiap tindakan. dan pak wapres kita juga ternyata sadar tentang hal ini.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: