Pengamanan Informasi dan Kriptografi

Menambah khasanah bacaan kriptologi dan pengamanan informasi bagi masyarakat Indonesia

  • Card Recovery Professional

    Recover Lost Or Deleted Files In 3 Steps. 100% Risk Free! Support All Camera Memory Card, Such As Sd Card, Xd Card, Cf Card, Etc. Support All Camera Brands And Almost All Raw File Formats.

  • Instant Wordpess Theme To Match Your Existing Website Design!

    World's First Automatic And Online HTML To Wordpress Converter. Theme Matcher Uses A Regular Site To Instantly And Effortlessly Create A Matchcing Wordpress Theme.

  • Laptop Repair Made Easy

    Laptop Repair Made Easy Is A Complete High Definition Video Series On How To Repair Laptops For Fun Or Profit. Laptop Repair Is A Huge Multi-billion Industry & That Means Lot Of $$$ For You

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

    Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya

  • Arsip

  • September 2009
    S S R K J S M
    « Jul   Okt »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    282930  
  • Blog Stats

    • 396,300 hits
  • Pengunjung

Artikel Penyadapan di Jawa Pos (bagian satu)

Posted by hadiwibowo pada September 22, 2009

Ini adalah artikel hasil kreasi wartawan Jawa Pos yang mewawancarai saya. Dimuat tanggal 13 Juli 2008, mohon maaf baru sekarang saya taruh di blog karena berbagai alasan teknis.-antz- 

kutip

Jawa Pos – Minggu, 13 Juli 2008

Menelisik Liku-Liku Aksi Penyadapan dan Ilmu Kriptografi (1)

Tidak Perlu Alat Canggih, Gandeng Operator Telepon

Satu demi satu KPK berhasil membongkar kedok tersangka koruptor via rekaman pembicaraan telepon. Bukti rekaman yang diperoleh dari aksi penyadapan itu membuat tersangka tidak bisa mengelak di pengadilan. Inilah sekilas rahasia penyadapan yang dilakukan KPK.

RIDLWAN HABIB, Jakarta

Dunia sadap-menyadap identik dengan kerahasiaan tinggi. Mencari narasumber resmi yang bersedia menjelaskan secara detail tentang ilmu itu juga sangat sulit. “Sebenarnya ada banyak ahli, tapi mereka memang bergerak secara tertutup, tenggelam dalam pekerjaannya. Sebab, motto intelijen itu berani tidak dikenal,” ujar ahli ilmu kriptografi (persandian) Sugianto Hadiwibowo kepada Jawa Pos dalam wawancara melalui surat elektronik kemarin.

Sangat wajar, katanya, jika para ahli penyadapan yang bergerak di bidang intelijen cenderung tidak suka identitasnya diketahui secara terbuka. “Seandainya ahli itu menjadi agen intelijen aktif yang terkenal, dia telah dianggap gagal sebagai agen intelijen. Karena sudah terkenal, pimpinannya pun akan mereposisi si agen. Jadi, yang bisa menjadi terkenal adalah pengamat intelijen atau pensiunan intelijen. Mereka sudah boleh menampakkan diri,” paparnya.

Namun, berbeda dengan ahli sandi lain yang cenderung ”menutupi” ilmunya, Hadi justru membuat blog (situs) khusus kriptografi dan pengamanan informasi. Situs yang didesainnya sendiri itu kini menjadi rujukan banyak orang yang belajar tentang ilmu unik tersebut.

“Saya membuat blog khusus kriptografi dan pengamanan informasi karena saya ingin menyosialisasikannya secara luas di Indonesia. Isu ini masih jarang sekali dibahas, baik berupa buku maupun tulisan pendek yang berbahasa Indonesia,” jelasnya.

Saat tulisan atau artikelnya dikutip orang, Hadi justru senang. Apalagi, jika yang mengambil adalah junior-juniornya yang sekarang belajar di Sekolah Tinggi Sandi Negara. “Saya sudah membaca beberapa paper dan buku untuk seminar dan kursus penjenjangan yang mencupliki isi blog saya. Hal yang bagus, berarti misi saya mulai menampakkan hasil,” katanya.

Menurut Hadi, langkah penyelidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyadap telepon para koruptor sebenarnya bukan ilmu baru. “Sudah diajarkan dan dipraktikkan lama oleh mereka yang ada di Lembaga Sandi atau Lembaga Intelijen. Bahkan, lebih canggih,” ujarnya.

Bagaimana tekniknya? Dia memaparkan, pada umumnya telepon seluler atau telepon rumah yang digunakan masyarakat adalah telepon biasa yang tidak diberi pengamanan khusus.

“Dalam bahasa kriptografi disebut telepon plain. Menyadapnya pun tidak memerlukan alat-alat khusus yang canggih, seperti halnya bila akan menyadap telepon berpengaman khusus. Misalnya, telepon bersandi,” jelasnya.

KPK dalam melakukan penyadapan tentu telah memiliki kewenangan khusus yang dilindungi undang-undang. Lalu, lembaga superbody itu akan bekerja sama dengan operator telepon yang teleponnya digunakan target yang akan disadap.

Hadi lalu mengilustrasikan secara sederhana. Misalnya, si AA atau Ayin sedang melakukan percakapan dengan telepon rumah dengan si BB atau Urip yang menggunakan handphone. Karena petugas KPK telah mengintai Ayin (dalam contoh ini Ayin sebagai target), KPK mempelajari jenis telepon yang digunakan si Ayin. Misalnya, Telkom.

“Petugas penyadapan KPK akan bekerja sama dengan Telkom untuk melakukan tapping dengan memasang telepon ketiga di antara telepon Ayin dan Urip. Dengan demikian, percakapan telepon Ayin kepada Urip atau siapa saja yang dihubunginya akan selalu melalui telepon KPK. Telepon KPK ini telah dilengkapi recorder, sehingga percakapan tersebut terekam dengan sempurna,” jelas Hadi.

Bagaimana jika Ayin menggunakan handphone? Alumnus Universitas Gunadarma itu menjelaskan bahwa cara kerjanya hampir sama. “Prinsipnya menciptakan telepon antara. Jadi, setiap pembicaraan melalui telepon lewat telepon antara itu dulu,” jelasnya.

Menurut Hadi, sebetulnya semua percakapan masyarakat Indonesia melalui telepon, baik telepon fix ataupun seluler, juga terekam dengan baik di operator telepon masing-masing. “Hanya karena ada kode etik perusahaan telepon, mereka tidak akan memberikan rekaman pembicaraan tanpa izin pengadilan,” tambahnya.

Namun, bagi yang berpengalaman, penyadapan bisa dilakukan secara ilegal. Maksudnya, tanpa bekerja sama dengan operator telepon pun penyadapan dapat dilakukan dengan mudah. (iro)

unkutip

3 Tanggapan to “Artikel Penyadapan di Jawa Pos (bagian satu)”

  1. […] Artikel Penyadapan di Jawa Pos (bagian satu) […]

  2. rhs-komp said

    wahhh…..muantap
    topik ini baru di dunia per-log-kan
    selamat ya!

  3. rhs-komp said

    siiip

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: