Pengamanan Informasi dan Kriptografi

Menambah khasanah bacaan kriptologi dan pengamanan informasi bagi masyarakat Indonesia

  • Card Recovery Professional

    Recover Lost Or Deleted Files In 3 Steps. 100% Risk Free! Support All Camera Memory Card, Such As Sd Card, Xd Card, Cf Card, Etc. Support All Camera Brands And Almost All Raw File Formats.

  • Instant Wordpess Theme To Match Your Existing Website Design!

    World's First Automatic And Online HTML To Wordpress Converter. Theme Matcher Uses A Regular Site To Instantly And Effortlessly Create A Matchcing Wordpress Theme.

  • Laptop Repair Made Easy

    Laptop Repair Made Easy Is A Complete High Definition Video Series On How To Repair Laptops For Fun Or Profit. Laptop Repair Is A Huge Multi-billion Industry & That Means Lot Of $$$ For You

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

    Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya

  • Arsip

  • Juni 2009
    S S R K J S M
    « Mei   Jul »
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    2930  
  • Blog Stats

    • 396,300 hits
  • Pengunjung

Ajang gaul yang berpotensi menjadi ancaman

Posted by hadiwibowo pada Juni 17, 2009

Seperti yang telah diulas disini, tak disangkal lagi, ajang gaul terpopuler saat ini adalah facebook, mengalahkan rivalnya friendster yang lebih dulu lahir. Tidak hanya digemari oleh orang-orang yang telah terbiasa dengan internet, tetapi juga para remaja, ibu rumah tangga, politisi, bahkan anak-anak.  Banyak facebookers (istilah untuk orang-orang yang berinteraksi dengan facebook) yang menampilkan informasi data pribadi secara lengkap dengan tujuan agar profile-nya terlihat “mantab” dimata facebooker lain.

Jarang disadari bahwa dengan menampilkan profile asli secara lengkap dan detail dapat menjadi ancaman yang dapat merugikan pemilik data melalui penyalahgunaan data/informasi pribadi. Sebagai contoh bila seseorang mengetahui informasi mengenai nama lengkap, tanggal lahir, alamat, nama orang tua, nomor ponsel dan nomor telepon rumah, seseorang itu dapat saja melakukan tindak kejahatan di internet dengan nama orang lain seperti penipuan, pemerasan, pembelian barang, mencoba-coba membobol kartu kredit, rekening bank atau sekedar melakukan gangguan (bullying). Bahkan dapat berlanjut hingga perampokan, perkosaan atau pembunuhan di dunia nyata.

Untuk meminilalisir ancaman, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam berinteraksi melalui facebook atau situs jaringan pertemanan lainnya, diantaranya adalah :

– Disarankan untuk tidak melakukan input data yang bersifat sensitif seperti nomor telepon seluler/rumah, alamat rumah lengkap atau nama orangtua yang dapat disalahgunakan oleh pihak lain untuk melakukan tindak kejahatan terhadap kita atau atas nama kita.

– Data tanggal lahir diusahakan diset hidden atau private untuk menghindari penyalahgunaan yang dapat menimbulkan kerugian.

– Dalam menuliskan alamat e-mail di forum diskusi umum sebaiknya dengan cara yang tidak dapat langsung di klik, misalnya : saya <spasi> at mailku <spasi> .com, hal ini untuk melindungi supaya e-mail tidak dapat dikoleksi secara otomatis oleh mesin pencuri alamat e-mail.

– Dengan adanya UU ITE dan UU KIP, para pengguna internet diharapkan untuk selalu berlaku hati-hati dan sopan dengan memperhatikan netiket atau etika berinternet seperti halnya sopan santun di dunia nyata. Tidak meng-upload foto, video, lagu atau tulisan yang ada hak ciptanya tanpa meminta izin, tidak membuat tulisan yang dapat dianggap sebagai tuduhan atau pencemaran nama baik serta tidak meneruskan e-mail yang isinya seperti itu kepada orang lain.

– Hindari menjadi pelaku cyberbullying yaitu membuat orang lain (teman) tidak senang misalnya dengan cara memasang foto yang sensitif bagi orang itu. Dan bila anda menjadi korban cyberbullying, dianjurkan untuk berbagi cerita kepada teman-teman agar kasus tersebut dapat menjadi pelajaran bagi yang lain.

Situs jejaring sosial seperti facebook atau lainnya selalu terhubung dengan e-mail, untuk itu perlu juga diperhatikan :

– Tingkatkan kehati-hatian bila mendapat e-mail dari alamat e-mail yang tidak dikenal, usahakan tidak membalas e-mail tersebut (reply) dan bila menerima e-mail yang didalamnya berisi link ke suatu alamat situs tertentu usahakan tidak mengkliknya dari badan e-mail. Bisa jadi hal tersebut merupakan tipuan untuk mengaktifkan program trojan. Bila e-mail semacam itu dirasa mengganggu masukkan saja ke dalam kategori spam.

– Waspadai e-mail palsu (phising) yang seolah-olah dikirim misalnya oleh admin facebook atau oleh admin yahoo, biasanya berisi permintaan klarifikasi username dan password. Amati detail e-mail, apakah benar dari domain mereka atau hanya sekedar tipuan untuk mencuri data login.

– Bila hendak berbelanja di toko online, cek reputasi toko online tersebut. Hindari toko online yang serta merta meminta data kartu kredit secara langsung di webnya dan/atau yang reputasinya buruk atau tidak jelas.

Saya kutip kata mutiara Esther Dyson : “dunia tidak pernah sempurna, apakah on- atau offline, jadi jangan pernah menerapkan standar yang tidak dapat diterapkan saat online”.-antz-

8 Tanggapan to “Ajang gaul yang berpotensi menjadi ancaman”

  1. saya setuju dengan opini saudara

  2. hadiwibowo said

    ini ada contoh yg mendukung artikel diatas.

    Minggu, 05/07/2009 10:25 WIB

    Istri Facebook-an, Identitas Kepala Intelijen Inggris Terungkap
    Nograhany Widhi K – detikinet

    London – Satu lagi cerita bahwa Facebook bisa mendatangkan masalah jika tak bijak menggunakannya. Gara-gara sang istri ingin ‘narsis’ melalui foto keluarga di Facebook, identitas kepala intelijen Inggris Sir John Sawers terkuak.

    Sawers menjabat Kepala Secret Intelligence Service (SIS) atau yang populer dengan nama MI6 sejak November 2008 lalu. SIS/MI6 merupakan organisasi induk intelijen Inggris yang punya jaringan di seluruh dunia.

    Nah, sang istri Lady Shelley Sawers rupanya ingin memamerkan foto keluarganya. Jadilah dia memposting foto keluarga, komplet.

    Tak cuma menunjukkan identitas dan wajah suaminya, Shelley juga menunjukkan letak rumah, plus di mana mereka biasa menghabiskan liburan.

    Tak cukup, Shelley juga mencantumkan nama-nama teman dan kerabat mereka seperti ditulis harian The Mail yang dikutip Reuters , Minggu (5/7/2009). Mail menjuluki insiden ini ‘kesalahan yang luar biasa’.

    Bagi Sawers, yang kerjanya di ‘bawah tanah’, kelakuan istrinya ini tentu cukup merepotkan. Foto yang dipostingnya bisa dilihat jutaan Facebookers di seluruh dunia.

    Namun, pejabat berwenang menghilangkan dengan segera foto-foto itu. Hal ini dilakukan setelah dikonfirmasi media mengenai foto Sawers yang beredar di situs jejaring sosial itu.

    “Yang ditakutkan adalah blunder yang sangat memalukan yang bisa membahayakan keselamatan keluarga dan teman Sir John,” tulis harian The Mail.

    The Mail mempublikasikan berita itu di halaman depan dengan gambar yang besar. The Mail mengatakan bahwa informasi itu bisa dimanfaatkan musuh-musuh negara atau teroris. Kebocoran ini bisa memalukan kabinet Perdana Menteri Gordon Brown.

    ( wsh / wsh )

  3. pak minta ijin bolehkah saya copas dan beberapa postingan bapak kami publish di blog kami dan akan di cantumkan urlnya. terimakasih atas jawaban bapak

  4. Bintang said

    Mantab pak…. Ulasan bapak sangat bagus sekali. Kalo boleh saya akan meletakkan ulasan ini di blog saya beserta urlnya…. Ehm, semoga sebentar lagi saya bisa berada di komunitas yang sama dengan bapak…

  5. etanoir said

    sebetulnya hidup di dunia maya ya tidak jauh berbeda dengan dunia ragawi. Terkait dengan profesi dan sensitifitas informasi pribadi, pun demikian. Contohnya, seorang politisi kan harus dikenal oleh seluas-luasnya masyarakat, tentunya dia tidak perlu bahkan lucu kalau menggunakan “nick” internet yang tidak mewakili identitas dirinya, apalagi pada saat masa pemilu, kalau bisa semua media (social networking application pun termasuk) baik “hardcopy” maupun “softcopy” memuat semua detail tentang dirinya termasuk visi-misi dan dagangannya.

    Beda halnya dengan seorang intel/reserse polisi. Tentunya akan lucu kalau di “Status update”-nya ditulis “sedang menyamar jadi bandar narkoba nih”, terus dengan bangganya ditampilkan foto dia yang terakhir.

    Identitas netters akan terbentuk dengan sendirinya dari situs-situs yang dia kunjungi, memberi komentar, register dan lainnya. Tentunya pendewasaan penggunaan internet sebagai media komunikasi terbentuk secara pengalaman. Pada saat identitas dia sudah terbentuk, dan mayoritas netter telah mengetahui siapa dia, tentunya penyalahgunaan salah satu “account”-nya ditempat lain secara “bukan dia” tentunya akan mudah ditelusuri.

    kehatihatian, security awareness di dunia ragawi juga musti dipahami dan harus diperlakukan sama dengan yang di dunia maya. Jagalah password anda seperti anda menjaga kunci rumah anda, kalau biasa menaruh kunci rumah di bawah pintu, ya tentunya menaruh password pun akan seperti itu (misal remember password di browser warnet). dan seterusnya dn seterusnya….

  6. bronco1987 said

    tp om ada untungnya juga kita dapat menguak pelaku kejahatan khususnya penipuan melalui bisnis online,sudah banyak yang terungkap melalui jejaring sosial “pengalaman pribadi di kaskus hehehe”,pasti ada + dan – nya tergantung kita nya masing-masing…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: