Pengamanan Informasi dan Kriptografi

Menambah khasanah bacaan kriptologi dan pengamanan informasi bagi masyarakat Indonesia

  • Card Recovery Professional

    Recover Lost Or Deleted Files In 3 Steps. 100% Risk Free! Support All Camera Memory Card, Such As Sd Card, Xd Card, Cf Card, Etc. Support All Camera Brands And Almost All Raw File Formats.

  • Instant Wordpess Theme To Match Your Existing Website Design!

    World's First Automatic And Online HTML To Wordpress Converter. Theme Matcher Uses A Regular Site To Instantly And Effortlessly Create A Matchcing Wordpress Theme.

  • Laptop Repair Made Easy

    Laptop Repair Made Easy Is A Complete High Definition Video Series On How To Repair Laptops For Fun Or Profit. Laptop Repair Is A Huge Multi-billion Industry & That Means Lot Of $$$ For You

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

    Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya

  • Arsip

  • April 2009
    S S R K J S M
    « Feb   Mei »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    27282930  
  • Blog Stats

    • 396,300 hits
  • Pengunjung

Apakah Persandian itu ?

Posted by hadiwibowo pada April 11, 2009

Secara tidak sengaja saya menemukan buku Jelajah Kriptologi di meja kawan saya. Dalam buku itu dijabarkan arti persandian yang selama ini dianut di komunitas persandian di Indonesia.

 

Penasaran setelah sekian lama mencari apa perbedaan makna dibalik kata persandian (di Indonesia) dengan kata kriptografi (secara umum), seperti terlihat dalam komentar di artikel ini, akhirnya ketemu juga. Sehingga tulisan ini melengkapi artikel “apa itu kriptografi” yang sebelumnya.

 

Buku JELAJAH KRIPTOLOGI ditulis oleh orang-orang yang berkecimpung dalam dunia persandian bahkan semuanya setidaknya pernah menjadi karyawan di Lembaga Sandi Negara. Sehingga apa yang dituliskan dalam buku itu valid dan sah digunakan dalam komunitas persandian di Indonesia.

 

Dalam BAB I buku Jelajah Kriptologi menjelaskan arti dari persandian yaitu :

 

kutip

 

Persandian diartikan disini* sebagai segala sesuatu mengenai sandi. Oleh kamus-kamus Bahasa Indonesia, Kamus Sinonim Bahasa Indonesia/Harimurti Krida Laksana, Kamus Umum Bahasa Indonesia/WJS Purwodarminto dan Kamus Jawa Kuno-Indonesia/Suwojo Wojowasito, sandi bisa diartikan rahasia, walaupun di Indonesia kemudian diberi arti terbatas yaitu perahasiaan berita/informasi.

 

Persandian mencakup dua domain: pertama kriptologi jika dilihat dari aspek ilmu, sedang yang kedua intelijen komunikasi jika dilihat dari aspek kegiatan.

 

Kriptologi terjemahan dari kata Yunani kriptos (tersembunyi), logos (ilmu), jadi ilmu yang menyembunyikan / merahasiakan berita / informasi.

 

Kriptologi mencakup dua cabang ilmu: 1) Kriptografi, yang mempelajari cara-cara (sistem, metode) penyandian (enkripsi) secara matematis. 2) Kripanalisis meneliti metode-metode memperoleh teks berita (teks terang) dari teks sandi yang inkoheren itu. Dari perilaku huruf-huruf teks sandi dicari indikator-indikator yang mengarah ke gejala-gejala menuju ke pembentukan kata-kata, umpamanya distribusi frekuensi huruf-huruf mono-, bi- atau triliteral, pengulangan rangkaian huruf-huruf (repeated sequences), pola-pola kata (idiomorf), dan lain sebagainya. Probable words (kata-duga) atau isi-duga (probable content) juga sangat membantu keberhasilan kripanalisis.

 

Intelijen komunikasi adalah kegiatan intelijen yang memanfaatkan hasil kriptologi dalam gerakannya.

 

unkutip

*perhatikan buku ini menggunakan kata “disini”

 

Dalam uraian tersebut memang sangat jelas bahwa kriptografi tidak sama dengan persandian, seperti yang disebutkan oleh mas amrishodiq. Kriptografi ternyata hanyalah domain pertama persandian yang akan digunakan untuk menunjang domain kedua persandian.

 

Dilihat dari definisinya, apakah kemudian dapat disimpulkan seperti ini ?

 

Aktivitas utama persandian dalam praktek sehari-hari lebih condong pada apa yang diistilahkan sebagai intelijen komunikasi. Dan untuk melaksanakan intelijen komunikasi secara baik, dilaksanakanlah kriptologi baik penelitian ataupun penerapannya. -antz-

8 Tanggapan to “Apakah Persandian itu ?”

  1. Persandian ini mungkin yang sering dipakai BIN

  2. kita bisa membuat bahasa sandi sendir mas, agar tidak semua orang paham .
    wah kalo ada bukunya boleh tuh ,ada ga di gramedia

  3. mas saya lagi ada tugas tentang security system dari pak budi,kalau di iznkn saya boleh download versi pdf dari buku ini? jika boleh tolong attach ke email saya ya mas trims,

  4. zakimath said

    Saya punya buku Jelajah Kriptologi, kalau Anda pengen baca2 buku tersebut, silahkan datang ke Perpustakaan Jurusan Matematika FMIPA UGM.

  5. etanoir said

    kebetulan saya termasuk salah seorang tim penulis.
    untuk bukunya sendiri dipublikasikan terbatas hanya untuk kalangan persandian karena keterbatasan dana untuk pencetakannya. Namun demikian, buku tersebut ditujukan untuk khalayak yang lebih luas lagi. Sampai saat ini memang belum ada approval untuk menaruhnya di suatu situs web agar dapat diunduh versi digitalnya (pdf).
    buku itu sendiri disusun selama 2 tahun. Karena begitu banyak aspek, terutama teknologi aktual yang terus bergerak maju. Seharusnya, buku tersebut selalu di-update secara periodik. Kami pun sudah merasa bahwa informasi di dalam buku itu “urgently need update”. Namun demikian untuk teori-teori dasar, konsep-konsep yang tidak dipengaruhi oleh perkembangan teknologi, tentunya tetap akan faktual.
    jika ada dari teman-teman netters yang ingin mendapatkan buku tersebut baik versi digital maupun hadr-copy-nya (kalau ada) silahkan hubungi saja Lemsaneg ke bagian hubungan masyarakat-nya. Siapa tahu anda beruntung.
    terima kasih.

  6. deden said

    mana setan programnya minta lah jangan pedit

  7. Jundi kecil said

    Setelah membaca buku Jelajah Kriptologi………..jadi tambah pusing neh,bnyk istilah/pertanyaan yg ga tau jawabanya & ga tau juga mo tny sm siapa??

  8. elnizar said

    saya mau nanya tentang teknis kriptografi di bagian mana ya?
    makasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: