Pengamanan Informasi dan Kriptografi

Menambah khasanah bacaan kriptologi dan pengamanan informasi bagi masyarakat Indonesia

  • Card Recovery Professional

    Recover Lost Or Deleted Files In 3 Steps. 100% Risk Free! Support All Camera Memory Card, Such As Sd Card, Xd Card, Cf Card, Etc. Support All Camera Brands And Almost All Raw File Formats.

  • Instant Wordpess Theme To Match Your Existing Website Design!

    World's First Automatic And Online HTML To Wordpress Converter. Theme Matcher Uses A Regular Site To Instantly And Effortlessly Create A Matchcing Wordpress Theme.

  • Laptop Repair Made Easy

    Laptop Repair Made Easy Is A Complete High Definition Video Series On How To Repair Laptops For Fun Or Profit. Laptop Repair Is A Huge Multi-billion Industry & That Means Lot Of $$$ For You

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

    Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya

  • Arsip

  • Desember 2008
    S S R K J S M
    « Nov   Feb »
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    293031  
  • Blog Stats

    • 396,300 hits
  • Pengunjung

Riwayat pendidikan sandi di Indonesia

Posted by hadiwibowo pada Desember 11, 2008

Persandian secara resmi masuk sebagai institusi Pemerintah RI mulai tanggal 4 April 1946 sebagai Dinas Kode pada Kementerian Pertahanan RI. Saat itu ilmu persandian para personil sandi Indonesia masih sangat sederhana. Penyampaian ilmu persandian diantara para personil sandi Indonesia tersebut pun masih berupa dari mulut ke mulut dalam diskusi-diskusi diantara mereka.

Dalam masa-masa awal pembentukan persandian di Indonesia, pemenuhan kebutuhan personil sandi menjadi prioritas yang harus dilakukan. Para perintis persandian di Indonesia tersebut kemudian membuat sebuah metode tertentu yang digunakan untuk mendidik para calon tenaga sandi. Karena keterbatasan pengetahuan pada saat itu dan kebutuhan yang mendesak maka pelatihan dilakukan secara magang.

Pada bulan September 1949, institusi persandian Indonesia berubah satus dari “Dinas Kode” menjadi “Djawatan Sandi”. Perubahan status institusi ini diikuti pula dengan perubahan metode pendidikan sandi menjadi lebih sistematis dan memiliki kurikulum. Jenjang pendidikan yang dibentuk saat itu adalah Pendidikan Sandiman dan Pendidikan Juru Sandi.

Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan peningkatan intensitas pekerjaan di bidang persandian di Indonesia, maka dibutuhkan tenaga-tenaga sandi yang juga sanggup melakukan pekerjaan yang bersifat analisis. Untuk keperluan itu dibentuklah Pendidikan Ahli Sandi Brevet A dan kemudian Pendidikan Ahli Sandi Gaya Baru.

Melalui upaya yang dilakukan oleh Lembaga Sandi Negara, pada tahun 1975 dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 0135/U/1975 pendidikan Ahli Sandi tersebut ditingkatkan statusnya menjadi Akademi Sandi Negara. Lulusan Akademi Sandi Negara ini disebut sebagai Ahli Sandi tingkat III.

Lulusan Pendidikan Ahli Sandi Gaya Baru dimulai angkatan tahun 1973 secara de facto telah dinyatakan sebagai Akademi Sandi Negara angkatan I.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat menjadikan kebutuhan tenaga-tenaga sandi yang lebih ahli di pemerintahan menjadi kebutuhan yang tidak dapat ditunda lagi. Sehingga melalui Keputusan Presiden RI nomor 22 tahun 2003 tanggal 17 April 2003 ditetapkanlah pendidikan Ahli Sandi setingkat Diploma IV (D-IV) dengan nama Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN). Keputusan Presiden RI itu mengintegrasikan Akademi Sandi Negara (angkatan terakhir) kedalam STSN.

Melihat kecenderungan perkembangan teknologi saat ini dan perkembangan kriptografi di masa depan, bukan tidak mungkin STSN yang saat ini baru setingkat Diploma IV akan merintis menjadi pendidikan sandi sebagai program Magister / Pasca Sarjana.

Selamat berjuang, never too old to learn
Sanata Paroksarta Bhakti
-antz-

3 Tanggapan to “Riwayat pendidikan sandi di Indonesia”

  1. zakimath said

    Saya tunggu perkembangan selanjutnya, semoga program pasca sarjana ilmu persandian bisa segera terwujud…^^ dan usul saya, alangkah baiknya apabila di kampus2 seperti ITB, UI, UGM, ITS, dll… juga dibuka program studi/jurusan ilmu persandian.

  2. ezland said

    setuju……..

  3. @@N said

    Saya sangat setuju jika program pasca sarjana jurusan sandi negara segera dirintis, karena sy berminat untuk ikut program tsb. sy tunggu kabar selanjutnya …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: