Pengamanan Informasi dan Kriptografi

Menambah khasanah bacaan kriptologi dan pengamanan informasi bagi masyarakat Indonesia

  • Card Recovery Professional

    Recover Lost Or Deleted Files In 3 Steps. 100% Risk Free! Support All Camera Memory Card, Such As Sd Card, Xd Card, Cf Card, Etc. Support All Camera Brands And Almost All Raw File Formats.

  • Instant Wordpess Theme To Match Your Existing Website Design!

    World's First Automatic And Online HTML To Wordpress Converter. Theme Matcher Uses A Regular Site To Instantly And Effortlessly Create A Matchcing Wordpress Theme.

  • Laptop Repair Made Easy

    Laptop Repair Made Easy Is A Complete High Definition Video Series On How To Repair Laptops For Fun Or Profit. Laptop Repair Is A Huge Multi-billion Industry & That Means Lot Of $$$ For You

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

    Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya

  • Arsip

  • Juli 2008
    S S R K J S M
    « Mei   Agu »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    28293031  
  • Blog Stats

    • 396,300 hits
  • Pengunjung

Etika Profesi Sandi

Posted by hadiwibowo pada Juli 13, 2008

Persandian sebagai sebuah kegiatan dan profesi, dilaksanakan oleh orang/personil sandi yang dikenal dengan sebutan Sandiman.

Definisi Sandiman yang dipergunakan dalam Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara no. 134/KEP/M.PAN/11/2003 tentang jabatan fungsional Sandiman dan angka kreditnya adalah :

pasal 1 : Sandiman adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak secara penuh oleh Kepala Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) untuk melakukan kegiatan persandian.

pasal 3 : Sandiman adalah pejabat fungsional yang berkedudukan sebagai pelaksana teknis dalam melakukan kegiatan persandian instansi pemerintah.

Dengan kata lain, Kepala Lemsaneg memberikan sertifikasi crypto-clearance (sertifikat sebagai tanda seseorang layak untuk melakukan pekerjaan persandian) kepada seorang PNS yang telah memenuhi standar dan syarat tertentu untuk melakukan kegiatan persandian di pemerintahan negara Republik Indonesia.

Sebagai sebuah profesi, maka Sandiman memiliki nilai-nilai dan etika yang dipergunakan dalam menjalani profesinya. Nilai-nilai itu dikenal dengan sebutan Etika Profesi Sandi atau Etos Sandi yang dirumuskan oleh Bapak Persandian Indonesia, dr Roebiono Kertopati.

Dalam buku “Nilai-nilai Fundamental Persandian Indonesia” yang ditulis oleh salah satu tokoh persandian di Indonesia yaitu Kolonel TNI AD (Purn.) Sumarkidjo, dijabarkan bahwa Etika Profesi Sandi atau Etos Sandi adalah seperangkat nilai-nilai moral yang dijadikan pengarahan dan petunjuk (norma) berperilaku bagi Sandiman dalam pelaksanaan tugasnya.

Etika tersebut merangkum ciri-ciri moral yang karakteristik (etos sandi) dan secara dominan menjiwai setiap Sandiman, terdiri dari :

Patriotisme : yaitu rasa cinta dan setia (loyal) yang tinggi kepada negara yang setiap Sandiman wajib menjiwainya. Emosi positif tersebut menimbulkan kebanggaan nasional serta sumber pengabdian yang penuh dan sikap rela berkorban secara proporsional demi kepentingan negara.

Dapat Dipercaya (trustworthiness) : setiap Sandiman wajib dapat dipercaya dan penuh kejujuran, yaitu mengatakan, menerangkan, dan melaporkan dengan benar semua informasi yang diamanatkan kepadanya sehingga tidak akan terjadi manipulasi informasi atau laporan yang dapat menyesatkan dan mengakibatkan bencana.

Kemampuan Menyimpan Rahasia (discretion) dan hati-hati : setiap Sandiman wajib memiliki sifat discret yaitu tidak mengungkapkan informasi atau memberitahukan rahasia negara yang diketahuinya kepada pihak-pihak yang tidak wajib/tepat/wajar untuk mengetahui informasi tersebut.

Dapat Diandalkan (reliability) : setiap Sandiman wajib dapat diandalkan dan tidak diragukan dalam pelaksanaan tugas baik kesiapan mental maupun kemampuan.

Dedikasi pada tugas : setiap Sandiman wajib mencurahkan perhatian sepenuhnya pada tugas yang diberikan kepadanya. Bertugas penuh dedikasi artinya mempunyai komitmen dengan tugas dan bekerja dengan konsentrasi serta kerajian, ketelitian, ketekunan, dan kebertahanan (perseverance) yang tinggi sehingga dapat menghasilkan peningkatan mutu prestasi serta mengurangi/meniadakan tindakan-tindakan ceroboh yang memungkinkan terjadinya kebocoran informasi/pemberitaan rahasia negara.

Disiplin : setiap Sandiman wajib taat pada tata tertib yang berlaku dalam pekerjaan dan pelaksanaan tugas, dalam hal ini prosedur kerja dan perintah-perintah kedinasan, sehingga tata kerja persandian pada umumnya dapat berjalan lancar dengan semestinya.

Rasa Tanggung jawab (sense of responsibilty) : pengamanan informasi atau pemberitaan rahasia negara adalah kebutuhan (need) pemerintah yang pelaksanaannya diserahkan penuh (trusted) kepada seluruh jajaran persandian. Menyadari kepekaan dan luas akses informasi tersebut, setiap Sandiman wajib menanggapi (respond) secara seimbang serta positif dalam melaksanakan tugasnya dengan penuh rasa tanggung jawab.

Jiwa Korsa (l’esprit de corps) : tugas persandian yang meminta sikap/moral yang luhur dan pelaksanaan tugas yang sebaik-baiknya, akan dirasakan berat jika menjadi beban perorangan. Tetapi jika dijadikan beban bersama-sama seluruh Sandiman dalam suasana persatuan, kesatuan dan kebersamaan, beban tugas tersebut bahkan dapat menimbulkan semangat dalam pelaksanaan tugas.

Mandiri : setiap Sandiman wajib bersikap mandiri dalam pikiran maupun dalam tindakan. Mandiri dalam pikiran berarti menilai kebenaran sesuatu atas dasar pertimbangan rasional dan keyakinannya sendiri, dan bukan hanya atas pengaruh/perintah pihak lain. Mandiri dalam tindakan artinya dalam pelaksanaan tugas mampu mengambil sendiri keputusan-keputusan dengan pertimbangan yang sebaik-baiknya.

-antz-

7 Tanggapan to “Etika Profesi Sandi”

  1. aldohas said

    tokoh di “da vinci code” sandiman juga tuh

  2. irest said

    Etika profesi sandi adalah idealisme seorang sandiman, saya belajar ini waktu kuliah…

  3. pri said

    mudah-mudahan jangan banyak tidur atau tertidur. banyakin jalan-jalan aja kali yaa…

  4. madiun_19 said

    Untuk mas anto, ok.
    salam u mas hasto, mbak santi & mas inu.

  5. Posting ini dijadikan rujukan oleh beberapa blog yang lain… mantaf. Tapi agak aneh juga ya.. Di keputusan menterinya disebut sandiman adalah pegawai negeri sipil, tapi yang buat etika profesinya koq militer??

  6. Hello there! Quick question that’s completely off topic.
    Do you know how to make your site mobile friendly? My website
    looks weird when browsing from my iphone 4. I’m trying
    to find a template or plugin that might be able to fix this problem.

    If you have any suggestions, please share. Thank you!

  7. list of said

    Hi every one, here every person is sharing these knowledge,
    therefore it’s pleasant to read this website, and
    I used to visit this website all the time.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: