Pengamanan Informasi dan Kriptografi

Menambah khasanah bacaan kriptologi dan pengamanan informasi bagi masyarakat Indonesia

  • Arsip

  • November 2007
    S S R K J S M
    « Okt   Des »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    2627282930  
  • Blog Stats

    • 325,699 hits
  • Pengunjung

Lima jenis Trojan Horse dan tehnik serangannya

Posted by hadiwibowo pada November 9, 2007

Software jahat dan anti software jahat terus berkembang saling adu kuat. Ketika serangan virus, trojan horse dan malware lain dapat diatasi oleh sebuah sistem pengamanan, serangan berikutnya sebagai respon terhadap sistem pengamanan tersebut datang lagi dengan kemampuan/kelihaian yang lebih tinggi.

Berikut 5 jenis trojan horse yang tehnik serangannya dengan cara mengelabui sistem pengamanan :

1. Glieder Trojan

Trojan ini seolah mengatakan “jangan hiraukan saya, saya disini hanya untuk mengistirahatkan komputer ini.” padahal sesungguhnya komputer sedang memasukkan sebuah program pengintai.

Glieder trojan menggunakan proses penularan bertingkat, dimana tahap pertamanya adalah sebuah program malware kecil akan berubah secara terus menerus, sehingga program anti-virus yang terpasang dalam PC tidak akan mengenalnya sebagai malware.

Begitu glieder trojan terinstal dalam PC, program ini akan berusaha menghilangkan kemampuan sistem pengamanan yang terpasang, baru setelah itu melakukan aktifitas jahatnya seperti memindahkan atau mencuri data penting, atau aktifitas lainnya sesuai keinginan penyerang.

2. Gozi Trojan

Websites dapat menggunakan secure cocket layer (SSL) untuk menyandi dan mengamanankan data penting dan sensitif seperti on-line banking atau transaksi on-line. Ciri-ciri website yang menggunakan SSL adalah adanya gambar gembok di address bar-nya.

Gozi trojan seolah mengatakan “website dikunci dan disandi ? no, problem !” dan dia akan menghindari pengamanan ini (SSL) dengan cara mengelabui OS Windows, sehingga seakan-akan dia adalah bagian dari proses SSL.

Yang terjadi adalah data meninggalkan browser melalui gozi trojan sebelum data tersebut disandikan dan dikirimkan keluar PC menuju network. Program jahat ini memang tidak seperti trojan pada umumnya, dia masuk sampai ke operating system dengan mengelabui layered service providers (LSPs).

3. SpamThru Trojan

Program jahat ini berlaku seolah-oleh sebuah program anti-virus tambahan, sehingga dapat dikatakan “malware yang melakukan scanning malware dalam PC”. Bila PC memasang anti-virus baru yang lebih baik, dia akan memblok malware ini agar tidak bisa melakukan up-date yang dapat mengubah dirinya menjadi malware lain.

4. SpyAgent Trojan

Program ini bermain di area penyandian file dalam windows, yaitu ketika kita melakukan penyandian dengan fasilitas yang disediakan oleh windows. SpyAgent ini memposisikan dirinya sebagai user account tingkat administrator, dan menggunakan account tersebut untuk menyandi file-file. Program anti-virus yang terpasang tidak akan menduga adanya file yang sudah disusupi program jahat.

5. Jowspry Trojan

Jowspry trojan mengelabui PC dengan dengan tehnik topeng (masquerader), seolah-olah sebuah program yang memang sudah dikenal dan diakui oleh PC, yaitu windows up-date.

Program ini akan melakukan koneksi seperti background intelligent transfer service yang digunakan oleh program windows up-date, sehingga tidak ditangkal oleh program firewall yang terpasang dalam PC. Seolah mengatakan “hai firewall, saya windows up-date, jangan khawatir la yaw!”.

Untuk mengantisipasi kehadiran trojan-trojan tersebut agar tidak bersarang dalam PC atau tidak memberi kesempatan pada trojan untuk beraksi perlu diantisipasi :

- selalu up-date windows dan program aplikasinya;

- usahakan tidak membuka attachement atau mengklik link dalam e-mail yang tidak jelas; dan

- gunakan selalu program anti-virus yang baik. -antz-

Sumber : PC World edisi Nopember

29 Tanggapan to “Lima jenis Trojan Horse dan tehnik serangannya”

  1. aida berkata

    Selamat siang,

    beberapa hari yang lalu, flash disk saya terinfeksi virus trojan horse dari laptop rekan.
    Sampai saat ini saya tidak tahu antivirus apa yang sebaiknya bisa melindungi ataupun menghancurkan virus tersebut. Karena menggunakan AVG saja tidak terdeteksi.

    Mohon saran antivirus apa yang sebaiknya digunakan dan bagaimana mendapatkannya. Saya akan lebih senang bila ada yang free.
    Demikan, atas sarannya saya ucapkan terimakasih.

    Salam,
    aida

  2. marudut berkata

    teknik mempercepat cara mencuri file dan password dan cara kerja supaya tidak dapat dilacak orang/menghilangkan jejak tanpa bekas.

  3. boat berkata

    belum lama ini PC saya terserang virus, yang saya sayangkan saya tidak tahu virus apa itu!!!
    virus tersebut menyebar keseluruh bagian partisi PC, diantaranya muncul file ektensi aplikasi dengan icon gambar dan file folder dengan nama image……

    bagaimana cara memtikan sementara file exe tersebut untuk kemudian memudahkan saya untuk menginstal software antivirus!!
    mohon bantuan juga antivirus apa yang lebih baik untuk mengantisipasi virus yang mudah masuk ke PC..

    trims

    boat

  4. lovepassword berkata

    @boat : Kalo belum tahu virusnya apa mungkin virustotal bisa membantu. Coba saja upload file kamu yang bervirus ke http://www.virustotal.com. Ada lebih dari 30 antivirus update terbaru di situ. Sehingga siapa tahu saja ada yang sudah mengenali virusnya.

  5. edy berkata

    saya ingin memunculkan kembali fungsi net send di windows vista

  6. sofie berkata

    saya mempunyai mp4 yang ada USBnya lalu saya mendapat virus dari laptop rekan saya .bagaimana caranya untuk menghilangkan virus trojan horse tersebut!!!
    saya sudah scan tapi tidak bisa2.

  7. [...] Lima jenis Trojan Horse dan tehnik serangannya [...]

  8. [...] Lima jenis Trojan Horse dan tehnik serangannya [...]

  9. dEsta berkata

    duCh gK ngErti x Q msH ap tRojan hoRse tu..

    ?????

  10. [...] hitungan detik akan mudah sekali terkena gangguan entah itu adware, malware, spyware, virus, worm, trojan atau bot-software yang akan merusak sumber daya [...]

  11. Fikri berkata

    Saya berterimakasih atas iinfonya.

  12. AGNES berkata

    TRIMS BETZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZ

  13. koes berkata

    trojan jenis apa ya yang bisa merusak semua aplikasi yang saat itu kita buka..? kmaren laptop saya masuk trojan dan setiap buka aplikasi misal taskmanagr,smua antivirus yang terpasang,winamp,autorun,drive E,smua langsung terinfeksi dan tdk bisa dibuka kembali..(ampun dah).please bagi cp aja yang bisa bantu tankyu banyak.

  14. tika berkata

    mau tanya kan kalo pake avg nggak ke baca…
    kalo pake Trojan Remover 6.8.2 Build 2598 bisa nggak?

  15. agus berkata

    saya lagi bingung, apa yang menyebabkan komputer saya mengirim begitu banyak spam ke alamat email yang nggak jelas tanpa sepengetahuan saya, padahal sudah ada antivirus KIS (kaspersky internet security 2011 dan terupdate.
    giaman solusinya ya ? gara2 ini domain saya sempat diblockir, tapi untung aja bisa di white list lagi.
    kalau ada yang pernah mengalami sepetri ini, tolong dibantu yach…
    thank’s

  16. Herdy berkata

    flashdisk sy terkena virus Trojan Horse Generic20.GJD trus sy scan dengan AVG 9.0 mw terbaca tp pas mw sy healed malah muncul some file cannot be healed object(s) are located on a non-local drive maksudnya apa ya..trus gmn cara menghapus virusnya….!!!

  17. justme berkata

    benci banget yang nyipta nih virus…. bikin susah aja…

  18. Ucil berkata

    Luna saya terkena virus trojan horse terkenannya pas update bagaimana caranya menghilangkan virus tersebut, saya udh scan pake antivirus avg saya hapus, dan gak bsia maen luna ?

  19. genggy berkata

    gan ane scan lapy pke trend micro titanium tp pas awal scan mulai nya scaning trojan horse program
    ane panik itu virus uda masuk apa blom soal nya pas scaning kelar lapy bebasa dari virus dll

  20. [...] https://hadiwibowo.wordpress.com/2007/11/09/lima-jenis-trojan-horse-dan-tehnik-serangannya/ [...]

  21. anton berkata

    all guest : laptop ato apalah yg trkena trojan instal ulang jah gan trus scan pake avast
    Jngan instal program yg laen stlah di scan kn bnyak virus di local disk e: ato d: yg msih ksisa
    Tuh hapus smua
    Instal ulang lg trus pasang smua program n tutup pake avast lg
    Dijamin laptop anda Aman n bersih

    God luck..

Tinggalkan Balasan

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

