Pengamanan Informasi dan Kriptografi

Menambah khasanah bacaan kriptologi dan pengamanan informasi bagi masyarakat Indonesia

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

    Bergabunglah dengan 29 pengikut lainnya

  • Arsip

  • Agustus 2007
    S S R K J S M
    « Jul   Sep »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    2728293031  
  • Blog Stats

    • 445,720 hits
  • Pengunjung

  • Iklan

Langkah pengamanan terpadu akan membuat sistem tetap aman

Posted by hadiwibowo pada Agustus 31, 2007

Jagalah keamanan data dalam jaringan (LAN) dengan keamanan berlapis. Maksudnya adalah melindungi LAN mulai dari bagian terluar, LAN-nya itu sendiri dan semua titik dalam LAN tersebut.

Perimeter Protection

Tanpa diragukan lagi, perlu dipasang firewalls. Firewalls adalah sebuah hardware dan/atau software yang digunakan baik untuk menahan atau membolehkan sebuah akses kedalam LAN. Beberapa jenis firewalls sudah menyertakan fasilitas mengelola serangan dengan men-scan semua malware yang mencoba memasuki jaringan seperti virus, spyware ataupun spam.

Network protection

(1) Golongkanlah lalulintas data dalam jaringan dengan membuat pengelompokan secara fisik maupun secara virtual (VLAN) yang akan dapat menahan serangan yang dapat melumpuhkan sistem.

(2) Memantau jaringan terhadap hal-hal yang mencurigakan. Pemantauan ini dapat dilakukan dari mulai yang paling sederhana seperti melihat statistik lalulintas data dalam jaringan, hingga menjalankan sebuah aplikasi sniffer dan memasang tanda untuk menandai lalulintas data yang tidak biasa (ada keanehan).

Endpoint security

Mulailah dengan men-set account sendiri yang tidak diberikan kepada administratornya. Gunakan software/firewalls/anti malware yang baik dan selalu di up-date.

Melatih para karyawan

Agar pengamanan dapat berhasil dan berdaya guna maka faktor manusia adalah sangat menentukan sebuah keamanan jaringan. Maka sangatlah penting memberikan penjelasan kepada para karyawan mengenai resiko yang akan mereka hadapi; pengertian bahwa pekerjaan yang sederhana seperti membuka e-mail yang terkontaminasi virus / trojan horse dapat merusak sistem dalam perusahaan; dan hal-hal yang tidak terduga yang dampaknya akan terjadi terhadap kelangsungan sebuah sistem keamanan TI, akan menjadi tanggung jawab semua karyawan.

Tip yang perlu diberikan kepada para karyawan :

a. Jangan membuka file attachement sebuah e-mail yang dikirim oleh orang yang tidak anda kenal;

b. Jangan pula membuka file attachement yang mencurigakan dari e-mail yang dikirim oleh kolega/kawan tapi sesungguhnya dikirim oleh virus atau berasal dari address spoofing yang diambil oleh hacker;

c. Jangan merusak alat pengamanan yang sedang terpasang, sebab hal tersebut digunakan untuk melindungi sistem dalam perusahaan;

d. Jangan menjalankan ActiveX atau Java code dari website yang tidak jelas;

e. Jangan meng-klik iklan yang mencurigakan baik pop-up ataupun bukan. Bila iklan tersebut mengganggu dan ingin ditutup, maka perhatikan baik-baik apakah tanda close-nya asli dan bukan sebuah link. Bila sebuah link maka harus dimatikan dari menu bar atau dari task manager.

Mengamankan jaringan tidaklah sesederhana beli alat pengaman, pasang dan semua menjadi aman. Yang paling penting adalah pengelolaan oleh manusia. -antz-

Iklan

Satu Tanggapan to “Langkah pengamanan terpadu akan membuat sistem tetap aman”

  1. uwiuw said

    <cite Jangan meng-klik iklan yang mencurigakan baik pop-up ataupun bukan. Bila iklan tersebut mengganggu dan ingin ditutup, maka perhatikan baik-baik apakah tanda close-nya asli dan bukan sebuah link. Bila sebuah link maka harus dimatikan dari menu bar atau dari task manager.

    wah sy sering sekali melakukan kesalahan ini…apakah ada nasehat/saran/prilaku baik lain yg seharusnya dimiliki bila surfinng di internet ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: