Pengamanan Informasi dan Kriptografi

Menambah khasanah bacaan kriptologi dan pengamanan informasi bagi masyarakat Indonesia

  • Card Recovery Professional

    Recover Lost Or Deleted Files In 3 Steps. 100% Risk Free! Support All Camera Memory Card, Such As Sd Card, Xd Card, Cf Card, Etc. Support All Camera Brands And Almost All Raw File Formats.

  • Instant Wordpess Theme To Match Your Existing Website Design!

    World's First Automatic And Online HTML To Wordpress Converter. Theme Matcher Uses A Regular Site To Instantly And Effortlessly Create A Matchcing Wordpress Theme.

  • Laptop Repair Made Easy

    Laptop Repair Made Easy Is A Complete High Definition Video Series On How To Repair Laptops For Fun Or Profit. Laptop Repair Is A Huge Multi-billion Industry & That Means Lot Of $$$ For You

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

    Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya

  • Arsip

  • Agustus 2007
    S S R K J S M
    « Jul   Sep »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    2728293031  
  • Blog Stats

    • 396,300 hits
  • Pengunjung

Organisasi Profesi Kriptografi dan Keamanan Informasi

Posted by hadiwibowo pada Agustus 6, 2007

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah membuat profesi kriptografi dan keamanan informasi di Indonesia menjadi profesi yang sangat dibutuhkan untuk melindungi data dan informasi penting di perusahaan / organisasi / institusi.

Sehingga seperti halnya profesi lain, profesi kriptografi dan keamanan informasi membutuhkan organisasi sebagai tempat bagi berkembangnya profesi tersebut, baik untuk ilmu pengetahuan, regulasi, aplikasi maupun pemasyarakatannya.

Organisasi tersebut telah dideklarasikan pada bulan Agustus 2006 dengan nama MASPI yaitu kependekan dari Masyarakat Sandi dan Keamanan Informasi.

Profil MASPI yang diambil dari website resminya adalah seperti dibawah ini :

(mohon ijin mengcopy tulisan dibawah ini)

1. MASPI adalah organisasi profesi di bidang Persandian, Keamanan dan Pengamanan Informasi yang bersifat independen, mandiri dan terbuka.

2. MASPI peduli, berkepentingan dan mengutamakan kepentingan publik, dalam semua kegiatan termasuk penyampaian pendapat/rekomendasi atas kebijakan pemerintah di bidang persandian dan keamanan informasi.

3. MASPI membangun dan mengembangkan minat dan kualitas anggota dan masyarakat, serta mendorong segenap stakeholders untuk melaksanakan pengamanan informasi.

4. MASPI memajukan, mengembangkan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya di bidang persandian dan keamanan informasi serta bidang-bidang terkait lainnya demi kemaslahatan masyarakat banyak.

5. MASPI menghimpun, mewadahi, dan menjembatani semua stakeholders baik akademisi, praktisi, birokrasi, masyarakat pemerhati dan peminat bidang persandian dan keamanan Informasi.

6. MASPI mengedepankan kepentingan anggota, organisasi dan masyarakat, serta membela dan melindungi kepentingan nasional di bidang persandian dan keamanan informasi.

Visi Misi MASPI yang juga diambil dari website resminya seperti berikut :

VISI :

Tercapainya kondisi keamanan informasi dan kesadaran keamanan masyarakat yang kondusif dan memadai melalui peningkatan pemahaman, penguasaan dan pemasyarakatan kompetensi dan profesi Sandi dan Keamanan Informasi.

MISI :

– Membangun networking profesi antar Masyarakat Sandi dan Keamanan Informasi

– Memajukan dan memasyarakatkan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang Persandian dan Keamanan Informasi

– Meningkatkan minat dan kualitas ilmu pengetahuan dan teknologi bidang Persandian dan Keamanan Informasi

– Berpartisipasi aktif dalam pembangunan nasional terkait dengan bidang Persandian dan Keamanan Informasi

– Menghimpun, mewadahi dan menjembatani semua stakeholders baik akademisi, praktisi, birokrasi maupun masyarakat pemerhati dan peminat Sandi dan Keamanan Informasi

Untuk dapat menjadi anggota MASPI, dibutuhkan syarat-syarat yang juga diambil dari website resminya :

MASPI adalah organisasi profesi yang independen, mandiri dan terbuka, sehingga siapa saja yang memiliki minat, hobby dan terlebih “addicted” pada internet, teknologi informasi dan hal-hal lain yang terkait dengan Sandi dan Keamanan Informasi dapat dan perlu menjadi anggota MASPI.

Apa yang anda peroleh dengan menjadi anggota MASPI?

1. Anda akan bertemu dengan rekan diskusi, kelompok dan forum yang bukan saja peminat dan pengguna tetapi juga pencinta Internet, Teknologi Informasi, Sandi dan Keamanan Informasi.

2. Situs MASPI yang bukan saja merupakan sumber informasi, tetapi juga khasanah pengetahuan dan teknologi terkait dengan ilmu Kriptologi, Matematika, Elektronika, Komunikasi, Komputer, Informatika dsb.

3. Berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan ilmiah MASPI seperti Seminar, Konferensi, Workshop, Pelatihan / Tutorial, Pengkajian, Penelitian dan Pengembangan di bidang Sandi dan Keamanan Informasi.

4. MASPI juga memberi anda kesempatan untuk berkomunikasi, chatting, forum diskusi on-line dengan individu dan pakar baik dari akademisi, birokrasi, praktisi maupun masyarakat peminat / pencinta ilmu bidang Sandi dan Keamanan Informasi.

5. Jika anda Warga Negara Indonesia, anda memiliki hak untuk memilih dan dipilih dalam Kepengurusan MASPI.

Apa yang diharapkan dari anda sebagai anggota MASPI?

1. Mematuhi Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, Kode Etik dan ketentuan-ketentuan administratif MASPI.

2. Menjaga nama baik organisasi dan mengedepankan kepentingan publik, demi kemaslahatan masyarakat banyak, bangsa dan negara.

3. Aktif dalam semua kegiatan MASPI dalam menuju tercapainya kondisi keamanan informasi dan kesadaran keamanan masyarakat yang kondusif dan memadai di Indonesia.

Untuk menjadi anggota MASPI, Anda diharuskan mengisi Formulir Keanggotaan yang dapat di-download di website resminya, kemudian kirim kembali beserta bukti pembayaran iuran tahunan anda melalui email : sekretariat@ina-ciss.org

Penetapan Jenis Anggota akan ditentukan oleh Pengurus MASPI.

Itulah sekilas lintas organisasi profesi Kriptografi dan Pengamanan Informasi di Indonesia. Harapan kami oraganisasi ini akan semakin memajukan Kriptografi dan Pengamanan Informasi di Indonesia. -antz-

2 Tanggapan to “Organisasi Profesi Kriptografi dan Keamanan Informasi”

  1. syafriadi said

    nice info

  2. Hingga saat ini MASPI belum menampakkan kiprah yg jelas mas. Oleh karenanya, komunitas itu membuat solusi dengan membentuk organisasi lain lagi yg namanya (masih bisa berubah, tapi kira-kira) ISI, Ikatan Sandiman Indonesia. Mungkin kalau ISI ke depan juga tidak mampu memberikan kiprah yg bermanfaat, solusinya akan ada organisasi lagi. Begitu seterusnya. Orang-orangnya ya dia-dia juga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: