Pengamanan Informasi dan Kriptografi

Menambah khasanah bacaan kriptologi dan pengamanan informasi bagi masyarakat Indonesia

  • Card Recovery Professional

    Recover Lost Or Deleted Files In 3 Steps. 100% Risk Free! Support All Camera Memory Card, Such As Sd Card, Xd Card, Cf Card, Etc. Support All Camera Brands And Almost All Raw File Formats.

  • Instant Wordpess Theme To Match Your Existing Website Design!

    World's First Automatic And Online HTML To Wordpress Converter. Theme Matcher Uses A Regular Site To Instantly And Effortlessly Create A Matchcing Wordpress Theme.

  • Laptop Repair Made Easy

    Laptop Repair Made Easy Is A Complete High Definition Video Series On How To Repair Laptops For Fun Or Profit. Laptop Repair Is A Huge Multi-billion Industry & That Means Lot Of $$$ For You

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

    Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya

  • Arsip

  • Juli 2007
    S S R K J S M
    « Jun   Agu »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  
  • Blog Stats

    • 396,300 hits
  • Pengunjung

Harddisk bekas tetap menyimpan data sensitif

Posted by hadiwibowo pada Juli 25, 2007

Sebuah perusahaan Konsultan TI di Inggris membeli 3 buah PC Desktop bekas untuk membuktikan bahwa dalam komputer tersebut masih tersimpan data-data pribadi pemilik lama. Dan ternyata memang di dalam harddisk PC-PC itu masih dapat ditampilkan lagi data-data pribadi milik pengguna yang lama.

Dalam salah satu PC bekas tersebut tersimpan data-data siswa, staf dan guru sebuah sekolah secara lengkap menyangkut nama, alamat, foto, payroll gaji hingga rekening bank secara detail. Tingkat sensitivitas informasinya sangat rentan terhadap penyalahgunaan informasi yang akan merugikan siswa, staf dan guru sekolah itu.

Banyak sekali orang atau perusahaan atau institusi percaya bahwa dengan memformat ulang harddisk dan kemudian menginstal kembali sistem operasinya, dapat menghilangkan data-data sebelumnya. Namun sesungguhnya cara tersebut tidaklah cukup untuk menghapus dalam arti menghilangkan data dari piringan harddisk. Format, delete, ataupun wipe tidak benar-benar menghapus dan membuang data tersebut dari media penyimpanan.

Beberapa program keamanan komputer memberikan fasilitas secure wipe yang dapat menghapus data hingga tidak dapat ditampilkan kembali, namun beberapa penelitian belum secara meyakinkan dapat membuktikannya.

Untuk mengatasi hal tersebut, jangan jual komputer lama anda bila anda tidak dapat benar-benar menghapus data dari harddisk komputer itu atau ganti dengan harddisk baru sebelum menjualnya.

Selain itu, bila harddisk komputer anda (instansi / perusahaan) bermasalah, padahal didalamnya tersimpan data-data penting dan rahasia, jangan percayakan harddisk anda untuk di-service oleh orang diluar instansi / perusahaan anda (outsider). Sebab banyak tools yang dapat digunakan untuk mencuri data-data penting dan rahasia yang tersimpan di dalamnya.

Cara paling baik adalah atasi / perbaiki sendiri harddisk itu atau hancurkan. Namun perlu diperhatikan pula untuk menghancurkan dengan benar sehingga data-data tidak dapat diambil kembali. -antz-

Satu Tanggapan to “Harddisk bekas tetap menyimpan data sensitif”

  1. ABe said

    Pake sofwer Tune-Up Shredder juga ga bisa ya boss?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: