Pengamanan Informasi dan Kriptografi

Menambah khasanah bacaan kriptologi dan pengamanan informasi bagi masyarakat Indonesia

  • Card Recovery Professional

    Recover Lost Or Deleted Files In 3 Steps. 100% Risk Free! Support All Camera Memory Card, Such As Sd Card, Xd Card, Cf Card, Etc. Support All Camera Brands And Almost All Raw File Formats.

  • Instant Wordpess Theme To Match Your Existing Website Design!

    World's First Automatic And Online HTML To Wordpress Converter. Theme Matcher Uses A Regular Site To Instantly And Effortlessly Create A Matchcing Wordpress Theme.

  • Laptop Repair Made Easy

    Laptop Repair Made Easy Is A Complete High Definition Video Series On How To Repair Laptops For Fun Or Profit. Laptop Repair Is A Huge Multi-billion Industry & That Means Lot Of $$$ For You

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

    Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya

  • Arsip

  • Juni 2007
    S S R K J S M
    « Mei   Jul »
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    252627282930  
  • Blog Stats

    • 396,300 hits
  • Pengunjung

Fasilitas untuk menyandi dari Windows

Posted by hadiwibowo pada Juni 16, 2007

Microsoft Windows ternyata menyediakan fasilitas untuk menyandi (enkripsi) file yang disimpan dalam harddisk secara instan. Fasilitas yang disebut EFS atau Encrypting File System hanya terdapat didalam Windows Vista versi Business, Enterprise dan Ultimate, Windows XP versi Professional serta Windows 2000.

Windows Vista versi Starter, Home Basic dan Home Premium hanya menyediakan fasilitas untuk membuka sandinya saja (dekripsi). Artinya adalah kita dapat membuka file yang disandi oleh EFS namun tidak dapat menyandi file. Sedangkan Windows XP versi Home malah tidak dilengkapi dengan fasilitas EFS.

EFS sangat mudah digunakan untuk mengacak isi sebuah file atau folder dengan hanya memerlukan sebuah password-protected account. Untuk menggunakan EFS dalam partisi harddisk, harddisk tersebut harus dalam format NTFS.

Karena hanya menggunakan sebuah password-protected account diawal membuka Windows-nya saja, menjadikan EFS tidak sekuat sistem penyandian lainnya yang menyandi file/folder berbasis algoritma dan hardware.

Terlepas dari kekuarangan tersebut, EFS tentunya masih lumayan untuk dapat memproteksi file-file yang dirasa “privasi” saat komputer kita digunakan oleh orang lain (yang tentunya dengan username lain) sehingga tidak dengan mudah dapat seketika terlihat.

Namun untuk menjaga kerahasiaan data-data penting, cara yang paling ampuh adalah dengan menyandi data yang disimpan ataupun didistribusikan tersebut dengan teknik menyandi yang terbaik yaitu penyandian berbasis algoritma dan hardware dengan kunci yang handal.

Teknik menyandi dengan EFS

Untuk menyandi file atau folder dengan EFS, klik kanan di file/folder tersebut, klik properties, klik advanced…, klik untuk memberi tanda contreng pada kotak dengan tulisan Encrypt contents to secure data, klik OK dua kali.

Bila yang akan disandi adalah file, akan muncul kotak dialog yang isinya menyatakan :

anda telah memilih untuk meng-encrypt file, namun file tersebut tersimpan dalam folder yang tidak di-encrypt, bila file tersebut dimodifikasi / diubah, file akan ter-decrypt secara otomatis.

Disarankan untuk meng-encrypt file beserta foldernya. File yang di-save ke dalam folder itu (yang telah di-encrypt) akan otomatis ter-encrypt juga.

Kemudian kita diminta memilih apakah akan meng-encrypt filenya saja atau beserta foldernya.

Bila yang disandi adalah foldernya maka akan muncul kotak dialog yang isinya menyatakan :

anda telah memilih encrypt (atau decrypt), kemudian ditanyakan apakah akan menerapkan encrypt (atau decrypt) tersebut pada folder tersebut saja atau folder, subfolders dan files-nya.

Kita dapat menyandi beberapa folder / file sekaligus dengan terlebih dahulu memilih folder / file yang akan disandi kemudian baru klik kanan, klik properties dst.

File atau folder yang telah disandi akan ditandai dengan warna hijau. Namun bila kita tidak ingin orang lain mengetahui ada file yang disandi (karena berwarna hijau) maka buka Explorer (untuk Windows XP) kemudian klik Tools, klik Folder Option, klik View. Dalam kotak Advanced settings hilangkan tanda contreng pada bagian Show encrypted or compressed NTFS files in color. Klik OK. -antz-

7 Tanggapan to “Fasilitas untuk menyandi dari Windows”

  1. Hallo,
    Menarik juga sih fungsi encrypt di windows itu tapi ada segi ga menariknya juga sih buat saya. Nah saya sedikit mau tanya2 nih soalnya saya punya masalah persis kaya tema encrypt diatas. Saya coba meng-encrypt file data saya dengan harapan aman dari dari si tangan jahil. Hehehe ternyata windowsnya trouble dan harus di install ulang, trus datanya coba saya backup di komputer laen eh ternyata ga bisa di copy dan juga ga bisa di buka filenya waduh gimana nih datanya sangat penting lagi buat saya. Gimana caranya ya agar saya bisa di banckup di komputer lain. semua file yg namanya berubah warna jadi ijo ga bisa di copy. Ada ga cara atau software mungkin yg bisa menghilangkan fungsi encrypt-nya? Ok THX.

  2. windi said

    seteleh melakukan langkah di atas,,gimana selanjutnya ya,,maksudnya cara menyandinya tolong di jelaskan,,soalnya aq belum paham

  3. ardiafe said

    Hi… Tks banget buat penjelasan tentang encryptionnya… saya mempunyai masalah yang sama dengan Fahmi Abdat… file berwarna hijau tidak dapat dibuka kembali setelah diinstal ulang. Bisa tolong diberikan penjelasan yang lebih jelas untuk membuka fungsi encryptnya?? Tks

  4. HARY said

    Bagus fungsinya encrypt, tapi kenapa setelah di encryp dan warna tulisannya berubah jadi hijau tapi ndak bisa dibuka, bagaimana cara membukanya..tolong diberi solusinya

  5. […] ini bermain di area penyandian file dalam windows, yaitu ketika kita melakukan penyandian dengan fasilitas yang disediakan oleh windows. SpyAgent ini […]

  6. agusulum said

    terima kasih smg lebih banyak membawa manfaat

  7. […] ini bermain di area penyandian file dalam windows, yaitu ketika kita melakukan penyandian dengan fasilitas yang disediakan oleh windows. SpyAgent ini […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: