Pengamanan Informasi dan Kriptografi

Menambah khasanah bacaan kriptologi dan pengamanan informasi bagi masyarakat Indonesia

  • Card Recovery Professional

    Recover Lost Or Deleted Files In 3 Steps. 100% Risk Free! Support All Camera Memory Card, Such As Sd Card, Xd Card, Cf Card, Etc. Support All Camera Brands And Almost All Raw File Formats.

  • Instant Wordpess Theme To Match Your Existing Website Design!

    World's First Automatic And Online HTML To Wordpress Converter. Theme Matcher Uses A Regular Site To Instantly And Effortlessly Create A Matchcing Wordpress Theme.

  • Laptop Repair Made Easy

    Laptop Repair Made Easy Is A Complete High Definition Video Series On How To Repair Laptops For Fun Or Profit. Laptop Repair Is A Huge Multi-billion Industry & That Means Lot Of $$$ For You

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

    Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya

  • Arsip

  • Mei 2007
    S S R K J S M
    « Apr   Jun »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    28293031  
  • Blog Stats

    • 396,300 hits
  • Pengunjung

Bagaimana menjadi Kriptografer di Indonesia ?

Posted by hadiwibowo pada Mei 16, 2007

Saya ditanya tentang bagaimana menjadi seorang kriptografer di Indonesia? Dimana sekolahnya? Dan bagaimana caranya?

Bila kita berminat menekuni ilmu kriptologi dan hendak menjadi seorang profesional kriptografer Indonesia yang mempunyai sertifikat, kita dapat menimba ilmu khusus Kriptologi di Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN).

Menurut situsnya :

Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) adalah sekolah tinggi kedinasan yang diselenggarakan oleh Lembaga Sandi Negara Republik Indonesia, berdasarkan Keppres No. 22 tahun 2003 tentang Pendirian Sekolah Tinggi Sandi Negara.

Mahasiswa STSN merupakan mahasiswa ikatan dinas (dari umum) dan mahasiswa tugas belajar (PNS/TNI/POLRI). Mahasiswa ikatan dinas yang telah menyelesaikan pendidikan, selanjutnya diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Lembaga Sandi Negara Republik Indonesia, sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.

STSN menerapkan pendidikan dengan sistem paket yang dinyatakan dalam satuan kredit semester (SKS). Beban studi yang harus diselesaikan adalah 146-149 SKS dan ditempuh selama 4 Tahun.

STSN mempunyai 2 (dua) program studi yaitu Program Studi Teknik Persandian dan Program Studi Manajemen Persandian. Program Studi Teknik Persandian memiliki dua bidang minat yaitu Teknik Kripto dan Teknik Rancang Bangun Peralatan Sandi.

Calon Mahasiswa dari umum yang dinyatakan Lulus Ujian Saringan Masuk dan diterima sebagai Mahasiswa STSN, diwajibkan menandatangani Perjanjian Ikatan Dinas dan mendapatkan Tunjangan Ikatan Dinas (TID), Sesuai dengan Peraturan yang berlaku.

Berminat menjadi calon mahasiswa STSN ? Ini ada persyaratan untuk menjadi Mahasiswa STSN :

PERSYARATAN POKOK / UMUM

• Warga Negara Indonesia, Pria maupun Wanita;
• Sanggup bekerja pada bidang Persandian;
• Berkelakuan baik yang dinyatakan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari POLRI;
• Berbadan sehat yang dinyatakan dengan Surat Keterangan Sehat dari Dokter;
• Lulus tes Akademik, Psiko, Kebugaran, Wawancara, Kesehatan (antara lain tes bebas NAPZA) dan PANTUKHIR yang diselenggarakan oleh Lembaga Sandi Negara Republik Indonesia;
• Belum pernah dikeluarkan dari Sekolah Tinggi Sandi Negara.

PERSYARATAN KHUSUS

• Asal calon Siswa : Lulusan SMU atau Madrasah Aliyah jurusan IPA dengan nilai Matematika dan Bahasa Inggris pada raport kelas tiga semester 6, minimal 7;
• Berusia minimal 17 tahun maksimal 21 tahun per 1 September pada tahun pendaftaran.

Pendaftaran dibuka bulan Juni sampai Juli pada tahun pendaftaran. Formulir pendaftaran dapat diperoleh di Kampus Sekolah Tinggi Sandi Negara “Bumi Sanapati” Jl. H. Usa, Desa Putat Nutug, Kecamatan Ciseeng, Bogor, Jawa Barat 16330, telp (0251) 541742 / 541754 dengan waktu pendaftaran setiap hari kerja pukul 09.00 – 15.00 WIB.

TATA CARA PENDAFTARAN

1. Membawa surat Lamaran yang ditulis tangan sendiri dengan dilampiri :
– Fotokopi STTB/Ijazah/Transkrip nilai dan Nilai Ebtanas Murni (NEM) ataupun Nilai Ujian Nasional (NUN) yang telah dilegalisir
– SKCK dari POLRI
– Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah atau Dinas Kesehatan
– Surat Pernyataan dari orang tua / wali yang menyatakan Calon belum menikah
– Pas Photo berwarna 3 bulan terakhir ukuran 3×4 cm sebanyak 3 (tiga) lembar

2. Calon harus datang sendiri untuk mendaftar dengan membawa STSB/Ijazah dan surat-surat asli lainnya

3. Hanya mereka yang surat lamarannya telah memenuhi persyaratan lengkap yang dapat mengikuti ujian saringan masuk

UJIAN SARINGAN MASUK

Ujian Saringan Masuk akan diadakan beberapa tahap. Ujian Saringan Masuk ditentukan kemudian oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru STSN.

Materi Ujian Masuk :
1. Ujian Tahap I : Tes Akademik, Matematika, Bahasa Inggris dan Pengetahuan Umum
2. Ujian Tahap II : Tes Psiko
3. Ujian Tahap III : Tes Kebugaran
4. Ujian Tahap IV : Wawancara
5. Ujian Tahap V : Tes Kesehatan
6. Ujian Tahap VI : Pantukhir
Ujian Saringan Masuk ini bersifat sistem gugur pada setiap tahapan.

PERJANJIAN IKATAN DINAS

Calon Mahasiswa dari umum yang dinyatakan lulus Ujian Saringan Masuk dan diterima sebagai Mahasiswa STSN, diwajibkan menandatangani Perjanjian Ikatan Dinas dan mendapatkan Tunjangan Ikatan Dinas (TID), sesuai dengan peraturan yang berlaku.

FASILITAS

Kampus STSN, Bumi Sanapati terletak di daerah Parung – Bogor, dilengkapi dengan fasilitas : 1) Ruang Kuliah 2) Ruang Rekreasi 3) Asrama 4) Laboratorium Komputer 5) Laboratorium Bahasa 6) Laboratorium Elektronika 7) Laboratorium Sandi 8 ) Perpustakaan 9) Sarana Ibadah 10) Sarana Olahraga 11) Poliklinik.

Selamat belajar, semoga sukses selalu bersama kita. -antz-

Tulisan yang berhubungan :

Apakah Kriptografer adalah Profesional Keamanan Informasi

59 Tanggapan to “Bagaimana menjadi Kriptografer di Indonesia ?”

  1. Rio Rinelko said

    kalau keluar STSN neH di terima dy mana aja yaK ???
    misalnya : kantor mn…ato departemen mn…ato ke mana aja dia bisa berkarier ???

    thx…

  2. dlee said

    hi! gw kul di STSN, gw skr ud tk.4 alias semester 8 a.k.a ud mo lulus cuz lg bikin skripsi,doain moga gw lu2s y!amin! gw ngambil jurusan teknik persandian khususnya lg di bidang minat teknik kripto.haaah….terlalu bnyk klo gw ceritain semuanya,klo lo smua pengen tw STSN, dateng aja k kampus gw langsung, ato lo jg bs cari tw melalui gw di (click aja):

    friendster gw
    situs gw

    gw tunggu ya…. ^_^

  3. dlee said

    hi! gw kul di STSN, gw skr ud tk.4 alias semester 8 a.k.a ud mo lulus cuz lg bikin skripsi,doain moga gw lu2s y!amin! gw ngambil jurusan teknik persandian khususnya lg di bidang minat teknik kripto.haaah….terlalu bnyk klo gw ceritain semuanya,klo lo smua pengen tw STSN, dateng aja k kampus gw langsung, ato lo jg bs cari tw melalui gw di:

    http://www.friendster.com/fadlee85

    http://fadlink.freehostia.com

    gw tunggu ya…. ^_^

  4. cahndong said

    Oiya kalo mau tau juga ttg kriptografi bisa ikut seminarnya, Lokasi di Aula Roebiono Kertopati, Lembaga Sandi Negara, Ragunan.Tgl 4 & 5 Agustus 2007, jam 08.00 – siang. Tiket nya mahasiswa 80.000 umum 130.00

  5. nouseforit said

    tiketnya beli dimana siy
    n kita dapet sertifikat ga

  6. iyeng said

    Q mo tny masuk STSN susah gak sieh?
    Bayar,gak?
    Thanx

  7. iveh said

    kLo lU2San SMk bS msK STSN Gak Seyh ???

  8. roz said

    aku dah lulus dari STSN. And skrg aku dah masuk kerja.
    so, kalo ada yang minat buruan daftar and bergabunglah dengan adik -adikku yang lg belajar di stsn.
    tp tentunya lewati dulu enam macam tes seleksinya.. ya…
    kalo emang kalian mampu melewati enam seleksi tersebut maka kalian layak diterima di stsn….

    di stsn tidak ada kata bayar yang ada adalah murni tanpa perantara..
    jadi, tolong bedakan dengan yang lainya ya…

    lulusan stsn langsung ditempatkan di jakarta, enak khan.. di kota besar….

  9. roz said

    yang bisa masuk stsn hanya lulusan dari SMU/MA dengan jurusan IPA yang lainya ga bisa….

    jd, kalo emang kalian niat mo masuk stsn. Maka kalian harus SMU/MA di jurusan IPA..

    segeralah berlomba – lomba masuk stsn, coz disini enak. makan, minum, tidur, belajar gratis…. and dapat gaji pula.. enak khan…
    pokoknya di stsn kalian akan diangkat jd PNS….

  10. abas said

    Gilee..
    Jd lulusan STSN keren juga yah

    gaji?
    (ga janji)

    wah sptnya klo jd pns asyik tu,
    maksudnya pns?
    (pake nanya siapa)

    kriptografer? bisa bongkar kode davinci donk

    kalo dah kuliah (ITB) gimana? bisa g?

  11. Noe said

    STSN itu sama kayak PTK yg lain ngga ya k…

    Ntar saya dipukul-pukulin kayak IPDN?!?!??!?

    terus mau tanya kalau, berkacamata boleh ngga ya kk???

  12. hadiwibowo said

    Tenang aja….. STSN jauh berbeda dengan IPDN
    kalau ada pemukulan atau tendangan kekerasan fisik, tinggal tuntut aja ke pengadilan dan minta ganti rugi 10 milyar rupiah.

    Kacamata boleh kok, yang penting masih bisa liat.

  13. mutia said

    stsn itu lulusnya kerja apaan sih?

    peminatnya bnyk gX!

    trus yg diterima rata2 brp org tiap tahunnya?

  14. siti sidabutar said

    semoga stsn jaya selalu

  15. rtonga said

    stsn pada intinya sama aja dengan ptk yg laen [prospek kerjanya maksudnya]..
    klo sistem di dalam, yg gw dengar, stsn beda [apalagi kl dibandingin ama ipdn]

    brows aja: http://www.stsn-nci.ac.id menarik koq:)

  16. koko said

    Q mo txa,tp please dijawab yaa….Persyaratan tinggi jg ditentukan g’?????kl ya,minimal tingginya brp????

    thanks…….

  17. litha said

    klo masuk stsn ngapaiin aj?? susah gg masuknya. ko gw blum kpikian yha??

  18. litha said

    bls yha pliiiiiissssss……………

  19. pramdith said

    ihiks … om yg punya blog ini juga jebolan stsn jadul (jaman dulu namanya AKSARA) … kalau bicara prospek liat aja sekarang posisinya si om ada dimana sekarang… cuman ya harus tahan banting kalau masuk sekolah ini, dalam artian siap mengabdi pada negeri tercinta karena lulusannya bisa dipastikan jadi pegawai negeri sipil. dan lingkungan pns sudah menjadi rahasia umum kalau paket renumerasinya tidak spt kalau kerja di swasta…yg perlu diingat bahwa rejeki itu udah ada yg ngatur … jadi jangan takut jadi pns …

  20. aiiu said

    masup tesny susah g?
    ama stan susahan mna?
    tes kshtany pa aj?
    try outny kpn lgi?

  21. hadiwibowo said

    -> aiiu
    kenapa takut dengan “susah” nya sebuah tes….
    yg penting siapkan saja diri ini sebaik mungkin.
    karena “tes” akan menjadi tantangan anda setiap hari dalam kehidupan ini.
    cao selamat berjuang

  22. sriwahyu said

    pendaftaran untuk angkatan 2008 tahun ini apa aj ya? mkasih

  23. badik said

    kalau untuk calon mahasiswa yang dari tugas belajar itu persyaratannya apa aja ?

  24. celin said

    sekolah tinggi persandian negara tu p si maksudna??
    kul-na gmn?,trus krjana ntr ngapain j??

  25. ting-tingjahejogja said

    Yang, ngsih komen bocah2 sandi semua nih….
    kayak jeruk-makan-jeruk bacany…
    udahlah…terima kenyataan kalo lo semua hidup susah….
    gw aja sebagai orang yg sudah dianggap sukses masih nyesel masuk sekolah sandi….
    cuih….
    gw ga ngerti pada bangga banget gini….
    gw juga ngerasainlah tahunan di ciseeng…
    digebukin pas ospek…
    makan nasi campur….

    kalo orang sandi yang merasa kecewa baca tulisan gw langsung aja ke ruangan gw di kantor cat abu2…..
    udah ga usah jual kecap gitu…
    kalo mang sekolah sandi bagus… nanti juga banyak yg masuk…

    hari gini ngajak orang jadi PNS…sama aja ngajak orang korupsi rame2..(yg ga setuju temuin gw di Cilandak Mall tiap jam 5 sore)

    jd sensi gw baca tulisan lu semua

  26. alumni said

    Mas Ting-tingjahejogja, anda sedang frustasi dengan pekerjaan anda ya ?

    kalo sy analogikan :
    anda mengawini wanita yg buruk rupa dan berbodi gak seksi, terus anda menyesal sepanjang perkawinan anda. bahkan untuk selingkuh dengan wanita idaman anda saja anda gak bisa.
    apa penyebabnya : anda tidak punya keberanian dan tidak punya kemampuan !

    analogi sederhana yg tepat bukan ?

  27. alumni said

    Ting-tingjahejogja nulis :
    “gw aja sebagai orang yg sudah dianggap sukses masih nyesel masuk sekolah sandi…”

    ini self-proclaim, gak malu ? sdh jadi apa ? siapa yg bilang anda sudah sukses ?

    saran sy : mulailah membangun potensi diri anda, sukuri apa yg sudah diraih.
    kalo anda tidak menemukan jalan di pekerjaan sekarang, kenapa berhenti disitu, dunia kan tidak sebesar daun kelor. carilah pekerjaan lain yg sesuai dengan diri anda. WAKE UP !

    mohon ijin mas, bukan menggurui, hanya meluruskan, supaya adek2 kelas kita gak ikutan frustasi. Masa depan masih panjang mas, dunia juga berputar, suatu ketika pasti akan menjadi lebih baik. Tinggal kita siap atau tidak untuk memperbaikinya.

  28. ting-tingjahejogja said

    Hore…… ada yang ngerespon…..

    gw harus jujur kalo gw frustasi dengan iklim kerja munafik, oportunis dan mengalami stagnasi skarang ini.

    Sori kalo jadi curhat…
    bukan mo ngeracunin…. cuma gw fikir…ngapain kalo di forum n blog omongin bagus, promosi dan ga produktif… tapi kalo dikantor kerjanya cuma ha.ha..hi..hi… ngerumpi…ngerecokin orang yang kerja bener, mencibir orang yang sukses karena bidang usaha yg sampingan..

    gw mungkin salah, karena memojokan institusi yg ikut ngebesarin gw juga….
    maaf ya…

    gw cuma ga suka sama personil yang menjadi unsur tambahan tapi ngomongannya bikin panas gw tiap hari…

    sori ye bozz….
    dari kaum serum yang masih jadi virus…

  29. bukan mo ngeracunin… cuma gw fikir…ngapain kalo di forum n blog omongin bagus, promosi dan ga produktif… tapi kalo dikantor kerjanya cuma ha..ha..hi..hi… ngerumpi…ngerecokin orang yang kerja bener, mencibir orang yang sukses karena bidang usaha yg sampingan..

    statemen ini menarik dan perlu didiskusikan lebih lanjut. lebih bagus lagi kalo didiskusikan dengan pimpinan yang mempunyai wewenang keputusan, sehingga suasana kerja menjadi nyaman.

    mohon ijin mas, bukan menggurui, hanya meluruskan, supaya adek2 kelas kita gak ikutan frustasi. Masa depan masih panjang mas, dunia juga berputar, suatu ketika pasti akan menjadi lebih baik. Tinggal kita siap atau tidak untuk memperbaikinya.

    statemen ini saya setuju banget…

    salam perjuangan

  30. fani said

    duh STSN kasih kbr yg up 2 date dunn !! aq lg cari2 kbr soal STSN

  31. Jablay said

    Yg bnr yg mana sih? Masa yg satu bilang beda sama IPDN tapi kok yg lainnya bilang ga jauh beda sama IPDN. Aku jadi bingung!

  32. Ciseeng said

    yg jlas STSN dan IPDN berbeda kepanjangannya (STSN, Sekolah … >< IPDN, Institut …), berbeda tujuan sekolahnya, berbeda yg dipelajarinya, berbeda dosennya, berbeda seniornya.

    gak perlu bingung bung Jablay. Bawa enak aja hidup yg cuman sebentar ini.

    Fani, kabar yg up-to date bisa diperoleh di Kampus STSN pada alamat

    “Pendaftaran dibuka bulan Juni sampai Juli pada tahun pendaftaran. Formulir pendaftaran dapat diperoleh di Kampus Sekolah Tinggi Sandi Negara “Bumi Sanapati” Jl. H. Usa, Desa Putat Nutug, Kecamatan Ciseeng, Bogor, Jawa Barat 16330, telp (0251) 541742 / 541754 dengan waktu pendaftaran setiap hari kerja pukul 09.00 – 15.00 WIB.”

  33. Zeseobsedepsy said

    Hello my friends🙂 😉

  34. pak lele said

    Cuma verifikasi nama,ting-tingjahejogja siapa sih? kalau memang jantan pake nama asli kenapa, kok make nama seperti inisialku tapi gak pake ting-ting…saya sering dipanggil jahe dan anak jogja…untuk teman-teman yang mengenal zaenal, ting-tingjahejogja bukan zaenal, maaf mas ting-ting mebaca komen anda dan yang menulis dengan inisial ting-tingjahejogja,saya kok kurang senang, banyak teman yang beranggapan yang nulis itu saya, jadi kalau bisa inisial namanya di ganti dong, pake nama aslikan bagus…

  35. hi mas mas yang uda berpebgalaman, mo tanya kiat apa ja yang dapat dilakukan agar dapat masuk stsn? n kalo bisa gw boleh minta contoh soal stsn tahun 2007 ya….. oiya, tolong dijawab ya ke alamat emailq, darmawan_ari115@yahoo.co.id …. makacih ta

  36. Void said

    Untuk membantu update informasi pendaftaran SPMB STSN tahun 2008/2009 dapat dilihat di

    http://www.encrypt-ion.com/04/pendaftaran-stsnsekolah-tinggi-sandi-negara-tahun-ajaran-20082009/

  37. Void said

    Untuk membantu update info mengenai SPMB STSN 2008/2009 dapat dilihat di

    http://www.encrypt-ion.com/

  38. Void said

    Untuk Membantu meng update info pendaftaran SPMB STSN 2008/2009 dapat dilihat di

    Click Here

  39. Mas saya mau nanya,kiat apa ja yg dapat dilakukan supaya tembus USM stsn…???n kalau boleh tolong saya minta contoh soal stsn tahun 2007….???tolong dijawab di E-mail saya,jocko_tjhe@yahoo.co.id ,,,,terima kasih.Oh,,ya salam buat kakaku Awang mahasiswa stsn angkatan 2007…

  40. Irawan said

    Mas, saya mau nanya. bapak saya bilang, anak temennya yang kuliah di STSN perilakunya jadi berubah sejak kuliah di STSN. Jadi pendiam & linglung. Saya jadi takut, jangan-jangan karena digebukin kayak di IPDN ato STIP itu?? Saya pengen tahu komentar dari kakak2 yang kuliah di STSN tntng hal ini. btw, klo ada, saya juga mau donk contoh-contoh soal USM STSN tahun2 sebelumnya, saya juga pengen ndaftar. Klo ada kirimin ke irawanhi2008@gmail.com.

  41. Cokelatholic said

    hm..jadi tertarik nih untuk ikutan kasih komen..

    jujur aja deh,,saya nggak menyesal masuk STSN..walaupun pada awalnya saya nggak bercita-cita masuk ke dunia persandian..

    setelah dijalani,,saya malah jadi bersyukur kuliah disini
    banyak hal positif yang bisa saya ambil:

    pengetahuan bertambah, makan gratis, tempat tinggal berasrama, digaji pula…dan masih ada poin plus-plusnya kok..

    salah satunya?? kegiatan beribadah didukung penuh…

    apa sih yang bisa menyebabkan kita nggak bersyukur dengan kondisi seperti itu???!!

    untuk Irawan, saya setuju dengan Hadiwibowo:

    “kalau ada pemukulan atau tendangan kekerasan fisik, tinggal tuntut aja ke pengadilan dan minta ganti rugi 10 milyar rupiah.”

  42. djinkripto1 said

    Menarik untuk disimak pembicaraan teman2, abang2 semua.
    sy pikir menjalani sekolah adalah sebuah manuver besar dalam kehidupan. Maka jangan pernah berpikir coba2.
    cari tahu apa yang anda inginkan. jangan pernah menilai sesuatu sebelum merasakan atau paling tidak mengetahui dengan jelas dari sumber yang dapat dipercaya.

    Melihat dari nama saya, memang saya adalah alumni STSN yang sekarang telah bekerja dilingkungan persandian.
    Awalnya mungkin kita semua sama, tidak mengetahui apa itu sandi dan akan menjadi apa.
    tetapi setelah saya masuk dan terlibat, banyak hal yang bisa diabdikan kepada negara ini dari lingkup bernama persandian. So, bagi yang minat masuk STSN, janganlah hanya berpikir untuk sekolah gratis atau hidup enak jadi PNS tanpa harus cari pekerjaan. itu hanya dampak samping dari sebuah rezeki yang di beri Tuhan pada kita sesuai jalan yang diambil.

    Sebuah keputusan ada tanggung jawabnya. mungkin itu yang bisa saya berikan.

    Sekarang kita perlu membenahi persandian Indonesia ke arah yang lebih baik. Banyak sekali darah muda yang cemerlang untuk mendukung perubahan ini, idealisme bahwa sekecil apapun yang kita kerjakan, seremeh apapun yang kita kerja dan secercah apapun pemikiran yang kita lamunkan untuk membuat persandian merupakan variabel yang memberi nilai tambah pada kedaulatan NKRI adalah untuk pengabdian pada bangsa ini.

    Salam saya untuk semua yang merasa Persandian adalah hidup untuk secercah harapan Indonesia Satu yang Luar Biasa.

  43. ina said

    tesnya kapan?? kok belum ada tanggalnya..

  44. Joni said

    iya neh… kapan tesnya dimulai? koq situsnya ga diupdate2?

  45. ina said

    kok gak da balesan??

    tesnya kapan kak??

    takutnya kelewat,,cZ rumah na jauh dari ci seeng..

  46. antz said

    untuk Ina : coba cek jawaban no. 32

  47. Calon Mhsw said

    lulusan STSN kerjanya spt apa sih? emang deplu masih nerima orang sandi dari STSN?😦

  48. Org Iseng said

    K’lo boleh tau bedanya stsn dengan stin n’tu apa ya…

  49. ken arok = kerokan said

    wuiih…!! tes psikonya keren abies.

  50. ch_q said

    bleh nnya Gk???

    apa ja sih persyaratan buat masuk STIN?????
    Soalnya yang dikasi tau cuma ttg STSN mulu…
    aq tau STIN tu secret bgt, tp aq mau tau syarat2 umum n khusus ja koQ… Like,height or weight, giginya boleh bolong ato Gk.. deelel…

    Please bgt yaww,…

  51. bang,,,mohon izin,,,
    aksara angkatan berapa??hhe

    ajarkan saya tentang web dan pemrograman bang,.^^

  52. elvigto said

    Pak Hadi,

    saya mau tanya dimana saya dapat mendapatkan atau mendownload

    soal-soal Ujian masuk STSN ?

    Please ya pak hadi coz nich ana tertarik dengan STSN, okey!

    tolong di email ya: elvigto@plasa.com

  53. LINOLINO said

    hmm . .
    mau tanya .
    di stsn boleh bawa hape nggak?

  54. UnHappy said

    Ola, maw nanya pendaftaran SPMB STSN tahun 2009/2010 bulan apa yah?? Minad neh klu ga STAN y STSN :p
    email ke poogooh_san@yahoo.co.id yaw….

  55. BMP_006 said

    hy, , ,

    mU n2ya nEh, ,

    mAksud ditempatkan jadi PNS/TNI/PoLri tu apa yA ?
    d teMpat kan d TNI/ POLRi pa gmn,??

    tRz 1 lgi nEh,,

    pa bNar LuLusan STSN akAn jadi inteL,??

    termA ksiH, ,

    moHon dijawaB ya kaka2, ,

  56. BMP_006 said

    oH yA 1 Lagi,,

    disaNa bLeh ngeRokoK gA,??

    toLong djwAb yA, , ,

  57. BMP_006 said

    kO Lama dbLez ny,??

  58. PANITIA TRY OUT STSN 2009 said

    Untuk ade2 yang berminat untuk masuk STSN, akan diadakan TRY OUT SPMB STSN 2009 yang akan dilaksankan pada :

    hari/tanggal:minggu, 3 mei 2009
    tempat: Kampus Bumi Sanapati (kampus stsn)(alamat ada pada situs http://WWW.STSN-NCI.AC.ID)
    harga tiket : Rp 25.000,-
    kegiatan :try out SPMB, Crypto expo,dll
    fasilitas : snack,lunch,cd pembahasan soal

    bagi yang ingin membeli tiket dapat menghubungi melati(08567020823),atau dapat datang pada hari senin-sabtu sampai jam kerja, atapun dapat membeli on the spot..

  59. Zepper said

    AsZ.. Mas.. Mas.. Klo gi2nya ompong bleh msuk STSN kga..?

Tinggalkan Balasan

 
