Pengamanan Informasi dan Kriptografi

Menambah khasanah bacaan kriptologi dan pengamanan informasi bagi masyarakat Indonesia

  • Card Recovery Professional

    Recover Lost Or Deleted Files In 3 Steps. 100% Risk Free! Support All Camera Memory Card, Such As Sd Card, Xd Card, Cf Card, Etc. Support All Camera Brands And Almost All Raw File Formats.

  • Instant Wordpess Theme To Match Your Existing Website Design!

    World's First Automatic And Online HTML To Wordpress Converter. Theme Matcher Uses A Regular Site To Instantly And Effortlessly Create A Matchcing Wordpress Theme.

  • Laptop Repair Made Easy

    Laptop Repair Made Easy Is A Complete High Definition Video Series On How To Repair Laptops For Fun Or Profit. Laptop Repair Is A Huge Multi-billion Industry & That Means Lot Of $$$ For You

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

    Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya

  • Arsip

  • Februari 2007
    S S R K J S M
    « Jan   Mar »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728  
  • Blog Stats

    • 396,300 hits
  • Pengunjung

Radio HF/VHF encryption

Posted by hadiwibowo pada Februari 19, 2007

Hight-frequency electromagnetic vibration (HF atau gelombang pendek/short wave) menggunakan spektrum frekuensi 1 sampai 30 MHz . Setelah ditemukan oleh Marconi diakhir abad ke-19, radio HF selama beberapa dekade mendominasi komunikasi tanpa kabel. Sampai akhirnya radio HF terlupakan seiring datangnya era baru komunikasi berbasis komputer yang disebut IT-boom di tahun 1980-an dengan internet sebagai tulang punggungnya.

Dalam era internet, transmisi informasi berlangsung dalam jumlah yang besar, cepat, murah dan real time 24 jam. Namun apa yang terjadi ketika bencana alam atau bencana buatan melumpuhkan sebuah kota kota ?

– Bulan Februari 2007, banjir besar melanda Jakarta, yang melumpuhkan semua hampir jaringan telepon, internet dan listrik.

– Bulan Desember 2004, gempa bumi dan tsunami melanda Aceh, yang melumpuhkan bukan hanya jaringan komunikasi tetapi juga merusak hampir seluruh infrastruktur kota.

– Di saat perang, dimana infrastruktur komunikasi dikuasai oleh musuh, apakah telepon dan internet masih bisa dipercaya walaupun menggunakan jaringan satelit ? atau mungkin telah dihancurkan oleh musuh.

Dengan terjadinya beberapa kejadian tersebut, terbukti bahwa internet tidak dapat berfungsi dalam segala keadaan. Internet akhirnya hanya memberikan ketergantungan baru terhadap infrastruktur TI.

Radio HF / VHF tetap berfungsi saat bencana alam ataupun bencana perang melanda, dimana hampir semua sarana komunikasi terputus.

Para pengguna informasi penting dan rahasia seperti tentara, polisi, perusahaan jasa keamanan atau organisasi diplomatik sangat membutuhkan alat komunikasi yang selalu tersedia, fleksibel, independen, lincah dan dapat berfungsi disegala situasi. Untuk itu perlu dicari solusi baru yang dapat memenuhi kriteria tersebut.

Radio HF memenuhi kriteria tersebut. Radio HF menggunakan medium bebas yang selalu tersedia di alam, baik dalam situasi normal maupun situasi darurat. Selain itu setelah radio HF terpasang dengan baik, ongkos operasionalnya sangat ekonomis.

Selain digunakan saat keadaan darurat, Radio HF / VHF pun dapat digunakan saat keadaan normal dalam medan diplomasi misalnya. Keberhasilan diplomasi sangat bergantung pada komunikasi yang akurat, aman, tepat dan kontinyu baik dalam keadaan normal terlebih disaat krisis/darurat.

Dalam kondisi normal, komunikasi dapat menggunakan virtual private network (VPN) yang telah memungkinkan untuk end-to-end encryption communication. Dimana individu dalam remote area dapat berhubungan dengan individu lainnya atau dengan kantor pusat-nya secara langsung dengan aman dan cepat. Dalam wilayah dimana internet telah tersedia dengan baik, internet tersebut digunakan untuk menghemat biaya operasional. Namun di wilayah dimana sarana internetnya sangat buruk digunakan sarana satelit atau radio.

Saat ini radio HF tidak hanya mentransmisikan suara, namun telah dapat mentransmisikan data dan multimedia. Bahkan telah dapat diintegrasikan bersama alat pengamanan informasinya menjadi radio HF encryption. Dengan kemajuan teknologi radio HF saat ini, maka radio HF dapat menjadi back-up komunikasi yang kuat. -antz-

9 Tanggapan to “Radio HF/VHF encryption”

  1. KakaRu said

    minta tolong dikasih contoh jenis2 perlatannya mas..terutama yang bisa back up di kapal2 RI..mana lebih bagus, buatan hagelin atau omnisec (atau pabrikan lainnya) kalau untuk urusan radio encrypt kayak gini mas..mohon pencerahannya…

  2. adi giggs said

    selamat siang mas bisa dikasih lebih lengkap tentang artikel ini karena kami mau membahas topik ini untuk tugas

  3. ainur rofiq said

    saya sandiman pemkab banyuwangi, mohon ijin kalau bisa saya ingin tahu lebih banyak, karena instansi kami menggunakan peralatan radio dalam penerimaan dan pengiriman berita.

  4. hadiwibowo said

    pembahasan lengkap akan saya susulkan nanti setelah saya dapatkan referensinya.

    untuk tahap implementasi di pekerjaan, apalagi di pemerintahan, sudah ada lembaga yg berwenang untuk itu. lembaga itu juga yg berwenang menentukan “merek” yg akan digunakan dengan tentunya setelah dikaji dalam litbang-nya.

  5. basic said

    mohon ijin bertanya mas, kalo pake radio hf apakah mungkin dalam pengimplementasiaannya banyak kebocoran walaupun kebocoran itu sudah di encryp. Soalnya pernah radio hf polisi saja bocor keluar dan dapat ditangkap oleh radio biasa yang kebetulan frekuensinya sama. Apakah itu memenuhi syarat keamanan informasi
    Terima kasih

  6. anna said

    Selamat siang.
    Perkenalkan saya mahasiswa Ilmu komputer yang saat ini sangat tertarik
    dengan topik encripsi suara. Jika ada saya ingin meminta informasi lebih lanjut mengenai encripsi suara yang bekerja pada radio HF atau VHF. Selain tiu saya juga tengah membutuhkan bahan-bahan mengenai suara dan proses encripsinya secara umum.
    atas bantuannya saya ucapkan terimakasih.

  7. Cata said

    Halloooo…. Saya adalah mahasiswa Poltek Perkapalan.
    saya mau minta Tolong beri penjelasan yang lengkap tentang VHF RADIO TELEPHONE pada KAPAL . Penting banget buwat menyelesaikan tugas ni.

  8. bustanul said

    salam kemajuan, mas gimana cara membuat ptrogam mengencripsi suara dengan menggunakan program vb. maturnuwun

  9. wahyu said

    malam mas….blh gak saya minta gambar atau skema nya..krn saya tertarik dan lagi ngembangkan data encrypsi..terima kasih sebelumnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: