Pengamanan Informasi dan Kriptografi

Menambah khasanah bacaan kriptologi dan pengamanan informasi bagi masyarakat Indonesia

  • Card Recovery Professional

    Recover Lost Or Deleted Files In 3 Steps. 100% Risk Free! Support All Camera Memory Card, Such As Sd Card, Xd Card, Cf Card, Etc. Support All Camera Brands And Almost All Raw File Formats.

  • Instant Wordpess Theme To Match Your Existing Website Design!

    World's First Automatic And Online HTML To Wordpress Converter. Theme Matcher Uses A Regular Site To Instantly And Effortlessly Create A Matchcing Wordpress Theme.

  • Laptop Repair Made Easy

    Laptop Repair Made Easy Is A Complete High Definition Video Series On How To Repair Laptops For Fun Or Profit. Laptop Repair Is A Huge Multi-billion Industry & That Means Lot Of $$$ For You

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

    Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya

  • Arsip

  • Januari 2007
    S S R K J S M
    « Des   Feb »
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    293031  
  • Blog Stats

    • 396,300 hits
  • Pengunjung

Program aplikasi sandi telah semakin mudah dijalankan

Posted by hadiwibowo pada Januari 14, 2007

Roma, Sugianto. Saat ini hampir setiap pekerjaan perkantoran dikerjakan dengan komputer dan semua datanya tersimpan dalam media penyimpanan harddisk, baik harddisk internal maupun eksternal. Sehingga data-data penting dan rahasia milik kantor yang tersimpan dalam harddisk tersebut perlu dilindungi dengan baik agar data tersebut tidak hilang dan juga terhadap akses data yang tidak sah.

Tehnik penyandian/enkripsi sampai saat ini masih merupakan cara paling ampuh untuk mengamankan data-data penting dan rahasia. Namun hanya sedikit orang saja yang mengaplikasikan cara ini. Hal ini disebabkan karena penerapan aplikasi sandi terhadap data dan file yang ada dalam harddisk memerlukan tahapan dan proses yang tidak mudah.

Namun seiring dengan semakin majunya perkembangan software aplikasi sandi, maka penerapan aplikasi sandi menjadi semakin mudah dari sebelumnya.

PGP Whole Disk Encryption 9.5 dan SecuStar DriveCrypt Plus Pack misalnya, memberikan jaminan kemudahan dalam menginstal dan menjalankan aplikasi sandinya. Kedua aplikasi ini dapat menyandi (enkrip) sebuah file, kumpulan file/dokumen dalam folder dan bahkan seluruh harddisk beserta semua file yang ada didalamnya.

Keistimewaan kedua aplikasi ini adalah pada saat dijalankan untuk menyandi seluruh data yang ada dalam harddisk tersebut. Caranya, cukup memasukkan sebuah password dalam setiap Windows session, dan semua datanya akan disandi secara otomatis saat kita sedang bekerja.

Selain itu file-filenya pun hanya tersandi saat berada dalam harddisk. Jadi seandainya kita hendak mengirimkan e-mail attachement kepada seseorang dari harddisk kita yang tersandi, program aplikasi tersebut secara otomatis akan membuka sandinya (dekrip) dahulu sebelum dikirim keluar dari komputernya. Sehingga penerima e-mail attachement akan menerima file dalam keadaan normal (tidak tersandi).

Penggunaan aplikasi ini tentunya akan membuat komputer menjadi lambat. Hal yang wajar mengingat setiap proses selalu diiringi dengan kegiatan enkrip dan dekrip. Tetapi bila prosesor yang digunakan adalah prosesor yang cukup cepat, maka proses enkrip dan dekripnya menjadi tidak terlalu terasakan.

Dilain pihak perusahaan harddisk ternama seperti Seagate dan Hitachi merencanakan pula untuk mengubah persepsi bahwa penerapan aplikasi sandi adalah sulit dan rumit. Tahun 2007 ini kedua perusahaan tersebut hendak meluncurkan harddisk untuk notebook yang telah langsung terinstal aplikasi untuk menyandi data.

Harddisk Momentus 5400 FDE.2 dari Seagate memasukkan teknologi yang disebut DriveTrust untuk melakukan penyandian seluruh isi harddisk secara otomatis dengan tidak memerlukan campur tangan operator sama sekali selain pengelolaan password.

Sedangkan Hitachi pada pertengahan tahun 2007 ini akan meluncurkan harddisk kapasitas 250 GB yang dilengkapi dengan software untuk menyandi ini.

Tanpa aplikasi sandi yang melindungi harddisk, dapat dibayangkan berapa nilai kerugian yang terjadi akibat laptop yang berisi penuh data penting dan rahasia perusahaan hilang karena misalnya tertinggal di taxi, airport, kereta api ataupun dicuri orang.-

8 Tanggapan to “Program aplikasi sandi telah semakin mudah dijalankan”

  1. wpsismadi said

    mmm…
    seep deh

  2. kongja said

    iya semakin mudahnya kita mendapatkan sutu aplikasi pengamanan maka sebenarnya semakin rawan pula aplikasi tersebut …. lebih menarik dan membuat kita merasa lebih aman, bukankah sebaiknya kita membuat aplikasi itu senidiri … mohon ijin mas

  3. farah alighazni said

    saya ingin meminta diajarkan dalam aplikasi ini

    thanks………….

  4. HANUF NOVIANTI said

    mmm Ada dech……..

    Mau tau AJAH…….

  5. glen said

    pak yajid hari apa nguumpulin tugas lks hal 23

  6. glen said

    hanuf maksud u adadech apaan sich –

  7. glen said

    huuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu capuuuuuuuuekdech

  8. AMALIA .P said

    pa ajarin saya donk

    thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: