Pengamanan Informasi dan Kriptografi

Menambah khasanah bacaan kriptologi dan pengamanan informasi bagi masyarakat Indonesia

  • Card Recovery Professional

    Recover Lost Or Deleted Files In 3 Steps. 100% Risk Free! Support All Camera Memory Card, Such As Sd Card, Xd Card, Cf Card, Etc. Support All Camera Brands And Almost All Raw File Formats.

  • Instant Wordpess Theme To Match Your Existing Website Design!

    World's First Automatic And Online HTML To Wordpress Converter. Theme Matcher Uses A Regular Site To Instantly And Effortlessly Create A Matchcing Wordpress Theme.

  • Laptop Repair Made Easy

    Laptop Repair Made Easy Is A Complete High Definition Video Series On How To Repair Laptops For Fun Or Profit. Laptop Repair Is A Huge Multi-billion Industry & That Means Lot Of $$$ For You

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

    Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya

  • Arsip

  • Januari 2007
    S S R K J S M
    « Des   Feb »
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    293031  
  • Blog Stats

    • 396,300 hits
  • Pengunjung

Sistem Sandi Asimetris

Posted by hadiwibowo pada Januari 1, 2007

Seperti yang telah disebutkan dalam artikel sebelumnya, algoritma sandi dapat dikelompokkan menjadi 3 kategori yaitu : sistem sandi simetris, sistem sandi asimetris dan sistem sandi hashing. Masing-masing sistem sandi ini memiliki cara yang berbeda dalam metode penyandiannya.

Sistem sandi asimetris atau dikenal juga sebagai sistem sandi kunci publik adalah sistem sandi yang metode menyandi dan membuka sandinya menggunakan kunci yang berbeda. Tidak seperti sistem sandi simetris, sistem sandi ini relatif masih baru. Algoritma sandi jenis ini yang telah terkenal diantaranya RSA (Rivest-Shamir-Adleman), ElGamal, dan Diffie-Hellman.

Sistem ini memiliki sepasang kunci yang disebut kunci publik yaitu kunci yang didistribusikan secara umum dan kunci privat yaitu kunci yang dirahasiakan yang hanya dimiliki oleh pihak yang berhak. Umumnya kunci publik digunakan untuk menyandi dan kunci privat digunakan untuk membuka sandi.

Sistem sandi asimetrik bekerja lebih lambat dari sistem sandi simetris, sehingga sistem sandi ini lebih sering digunakan untuk menyandi data dengan ukuran bit yang kecil. Sistem sandi ini sering pula digunakan untuk mendistribusikan kunci sistem sandi simetris.

Penggunaan lain sistem sandi asimetris adalah dalam tandatangan digital. Tandatangan digital seperti halnya tandatangan biasa digunakan untuk membuktikan keaslian dari suatu dokumen yang dikirimkan. Kunci privat digunakan untuk menandatangani, sedangkan kunci publik digunakan untuk membuktikan keaslian tandatangan itu.

Untuk lebih memudahkan pengertian tandatangan digital dapat diilustrasikan sebagai berikut :

Untuk menandai pesannya, si Pengirim menyandi pesan tersebut dengan kunci privat-nya. Setiap orang yang memiliki pasangan kunci publik-nya dapat membuka pesan tersandi itu dan mengetahui dengan pasti si Pengirim adalah orang yang tepat. Cara ini tidak melindungi kerahasiaan datanya, mengingat setiap orang dapat saja memiliki pasangan kunci publik dari si Pengirim. Tujuan dari tandatangan digital hanyalah membuktikan bahwa pesan tersebut memang dari si Pengirim.

Karena kunci publik didistribusikan secara umum, kita mempunyai permasalahan yang berbeda dengan sistem sandi simetris. Permasalahan utamanya adalah apakah kunci publik-nya berada ditangan yang tepat ?

Untuk mengatasi masalah tersebut maka Infrastruktur Kunci Publik (PKI) mencoba memberikan pemecahannya. Namun karena masih dalam tahap pengembangan, PKI tidak memberikan jaminan. Masih membutuhkan waktu lama untuk dapat menerima solusi PKI ini.-antz-

3 Tanggapan to “Sistem Sandi Asimetris”

  1. enji said

    Pak…
    kok kebanyakan situs cuman menjelaskan apa itu tanda tangan digital, tapi cuman sedikit sekali–bahkan hampir enggak ada–penjelasan tentang gimana menghasilkannya…
    Saya bingung, pdhl beberapa minggu lagi harus presentasi bab tanda tangan digital sama dosen saya. Kira2 Bapak bisa bantu ga’ ya? Ada referensi buku yang bagus dan cocok?
    Kalo misalnya cuman menjelaskan apa itu tanda tangan digital aja kok kayaknya kurang ok gitu… Sebenernya ada nggak c algoritma khusus untuk menghasilkan tanda tangan digital itu? Kan katanya digital signature ini spesifik untuk stu orang tertentu dan satu pesan tertentu kan? Nah lo… saya jadi tambah bingung…
    Terima kasih ya, Pak….

  2. harni said

    aku mau tau ttg digital signature secara detail??
    contoh algoritma dan penjelasannya??
    apakah menggunakan digital signature data akan aman??klo iya kenapa??jelaskan!perbedaan dengan keamanan yang lainnya, seperti watermaking, compression, dll??
    tolong ya….dijelasin..

  3. anhar said

    bisa minta source code kriptogfari otp dengan vb atau java atau terserah deh..penting neah buat skripsi makasih ya kirim aja ke sibnghatullah@yahoo.co.id trus bahan2 tentang penyandiaan data pada email dengan algoritma otp ya…. thanxz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: