Pengamanan Informasi dan Kriptografi

Menambah khasanah bacaan kriptologi dan pengamanan informasi bagi masyarakat Indonesia

  • Card Recovery Professional

    Recover Lost Or Deleted Files In 3 Steps. 100% Risk Free! Support All Camera Memory Card, Such As Sd Card, Xd Card, Cf Card, Etc. Support All Camera Brands And Almost All Raw File Formats.

  • Instant Wordpess Theme To Match Your Existing Website Design!

    World's First Automatic And Online HTML To Wordpress Converter. Theme Matcher Uses A Regular Site To Instantly And Effortlessly Create A Matchcing Wordpress Theme.

  • Laptop Repair Made Easy

    Laptop Repair Made Easy Is A Complete High Definition Video Series On How To Repair Laptops For Fun Or Profit. Laptop Repair Is A Huge Multi-billion Industry & That Means Lot Of $$$ For You

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

    Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya

  • Arsip

  • Oktober 2006
    S S R K J S M
    « Sep   Nov »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  
  • Blog Stats

    • 396,300 hits
  • Pengunjung

Menggenggam infrastruktur telekomunikasi

Posted by hadiwibowo pada Oktober 19, 2006

Roma, Sugianto. Dijaman teknologi informasi dan komputer (TIK) saat ini, infrastruktur telekomunikasi yang baik menjadi aset dan tulang punggung kelancaran, keamanan dan keterjaminan informasi yang lalu-lalang didalamnya. Terlebih lagi bagi keamanan informasi penting dan rahasia yang dimiliki negara.

Apa yang akan terjadi jika infrastruktur tersebut digenggam oleh negara lain ? Tentu keterjaminan, keamanan dan kelancaran informasi menjadi taruhannya. Para petinggi pemerintahan kita tentunya tidak bisa menjamin bahwa infrastruktur telekomunikasi yang dikuasai negara lain itu suatu ketika tidak akan disabot atau digunakan untuk hal-hal yang merugikan negara kita.

Saat ini infrastruktur telekomunikasi Indonesia sebagian besar telah dikuasai oleh negara tetangga. Dan tentu saja pemerintah kita tidak dapat mengendalikan secara penuh arah perusahaan tersebut untuk kepentingan rakyat Indonesia. Dengan kata lain, dikuasainya mayoritas saham oleh negara tetangga maka arah perusahaan akan dikendalikan sesuai dengan kepentingan negara itu. Dalam hal ini Singapura dan Malaysia yang telah menguasai sebagian besar saham PT Indosat Tbk, PT Telkomsel, dan PT Excelcomindo Pratama Tbk.

Kenyataan ini menjadi tugas berat lembaga pemerintah yang menangani keamanan informasi penting dan rahasia yang dimiliki negara yaitu Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg). Mengamankan lalu-lintas informasi milik negara didalam infrastruktur yang bukan seratus persen milik sendiri, walaupun masih bisa dilakukan, tentu menjadi lebih sulit. Dan ini tentunya menjadi tantangan sekaligus peluang bagi para Sandiman/Kriptografer Indonesia.

Tantangan dan tugas tersebut tentunya juga perlu didukung oleh seluruh aparat pemerintahan dari tingkat terendah hingga yang tertinggi. Sebab pengamanan informasi merupakan sebuah lingkaran proses yang terus-menerus dan setiap prosesnya saling berkait menjadi satu mata rantai sistem keamanan informasi. Apalagi bila terjadi dalam infrastruktur telekomunikasi yang dikuasai asing tersebut.

3 Tanggapan to “Menggenggam infrastruktur telekomunikasi”

  1. esti said

    Telekomunikasi memang memerlukan investasi yang sangat besar, oleh karenanya pembiayaan untuk bidang tersebut memang berat untuk ditanggung oleh investor dalam negeri, akibatnya bidang telekomunikasi akan jatuh kepada investor internasional yang mampu berkomitment untuk membiayai kelangsungan hidupnya, seperti indosat, exelcomindo dll. Sebaiknya kalau perlu pendanaan dilakukan melalui pasar modal dengan memperhatikan penyebaran investor, hal ini perlu komitment dari pihak penjamin pelaksana emisi yang akan menjual saham tersebut, harus dipilih investor portfolio jangan sampai pengambil alihan.

  2. deedhoet said

    Mungkin karena itu jugakah, tarif internet di negara masih sangat mahal dibandingkan malaysia bahkan vietnam?
    http: //detikinet.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/01/tgl/12/time/164059/idnews/729767/idkanal/398

    Oooh,kenapa pemerintah kita membiarkan hal seperti ini berlangsung terlalu lama? Masa sih, setelah disalip malaysia kita juga akan disalip vietnam😦


    kirim ulang, dicekal akismet..

  3. […] Adakesamaan dengan perusahaan telekomunikasi di Indonesiayang beberapa waktu yang lalu sebagian besar sahamnya dijual ke Singapura. Baca juga menggenggam infrastruktur telekomunikasi. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: