Pengamanan Informasi dan Kriptografi

Menambah khasanah bacaan kriptologi dan pengamanan informasi bagi masyarakat Indonesia

  • Card Recovery Professional

    Recover Lost Or Deleted Files In 3 Steps. 100% Risk Free! Support All Camera Memory Card, Such As Sd Card, Xd Card, Cf Card, Etc. Support All Camera Brands And Almost All Raw File Formats.

  • Instant Wordpess Theme To Match Your Existing Website Design!

    World's First Automatic And Online HTML To Wordpress Converter. Theme Matcher Uses A Regular Site To Instantly And Effortlessly Create A Matchcing Wordpress Theme.

  • Laptop Repair Made Easy

    Laptop Repair Made Easy Is A Complete High Definition Video Series On How To Repair Laptops For Fun Or Profit. Laptop Repair Is A Huge Multi-billion Industry & That Means Lot Of $$$ For You

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

    Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya

  • Arsip

  • Oktober 2006
    S S R K J S M
    « Sep   Nov »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  
  • Blog Stats

    • 396,300 hits
  • Pengunjung

Menejemen keamanan informasi

Posted by hadiwibowo pada Oktober 3, 2006

Dalam sebuah masyarakat berbasis informasi saat ini, Informasi telah menjadi asset yang sangat berharga bagi suatu organisasi, baik itu pemerintah maupun swasta. Karena itu informasi menjadi sangat penting untuk dilindungi dari hal-hal yang tidak diinginkan. Dimana perlindungan informasi ini secara langsung maupun tidak akan menentukan kesuksesan organisasi.

Dengan kata lain manipulasi informasi, pencurian informansi dan serangan terhadap informasi akan berpengaruh terhadap prestasi dan kinerja organisasi.

Manajemen keamanan informasi adalah sub bagian dari manajemen keamanan dengan fokus utama adalah pengamanan informasi. Sedangkan manajemen keamanan komputer dan keamanan TI lebih menitik-beratkan pada sarana dan prasarana yang digunakan untuk pengamanan informasi. Walaupun begitu setiap sub bagian manejemen keamanan ini saling mempengaruhi.

Tugas manajemen keamanan informasi adalah merencanakan keamanan informasi, mengaplikasikannya, memonitor dan melakukan evaluasi.

Pengamanan informasi adalah melindungi informasi dari segala kemungkinan ancaman terhadap informasi yang akan berpengaruh terhadap kinerja dan prestasi organisasi dengan cara meminimalisir kerugian yang dapat ditimbulkan serta memaksimalkan keuntungan dari investasi dan peluang organisasi tersebut.

Dengan menerapkan keamanan informasi, sebuah organisasi dapat menjaga kerahasiaan, integritas dan ketersediaan informasi secara kontinyu. Integritas informasi disini bermakna bahwa informasi tersebut tetap utuh dan tidak mengalami perubahan oleh pihak lain yang tidak berwenang.

Suatu organisasi/instansi perlu mengklasifikasikan informasi yang dihasilkan dan/atau yang diperoleh untuk mendapatkan perlindungan yang sesuai. Klasifikasi informasi ini ditentukan sendiri oleh organisasi tersebut dengan memperhatikan resiko dan keuntungan yang ditimbulkan dari pengolahan informasi tersebut.

Umumnya klasifikasi informasi adalah : umum (bebas), terbatas (dinas) dan rahasia (pribadi).


Ada 3 tehnik melindungi informasi yaitu :

secara fisik misalnya menyimpan dalam suatu ruangan khusus yang dikunci, dalam lemari besi dll;

secara organisasi misalnya menunjuk personil khusus dengan regulasi yang jelas, melakukan pendidikan dan pelatihan masalah keamanan informasi untuk meningkatkan kesadaran karyawan tentang pentingnya pengamanan informasi yang baik, dll; dan

secara logik misalnya dengan menerapkan kriptografi, memasang antivirus dll.

Keamanan informasi sudah seharusnya menjadi perhatian jajaran eksekutif dalam organisasi. Sebab pengguna utama informasi berklasifikasi terbatas dan rahasia adalah para eksekutif tersebut, yang mana keputusan-keputusan strategis organisasi tergantung dari informasi yang berada padanya. -sugianto-

2 Tanggapan to “Menejemen keamanan informasi”

  1. […] TUGAS PAK HAFIF-Manajemen Informasi By assegaph Menejemen keamanan informasi […]

  2. […] https://hadiwibowo.wordpress.com/2006/10/03/menejemen-keamanan-informasi/ […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: