Pengamanan Informasi dan Kriptografi

Menambah khasanah bacaan kriptologi dan pengamanan informasi bagi masyarakat Indonesia

  • Card Recovery Professional

    Recover Lost Or Deleted Files In 3 Steps. 100% Risk Free! Support All Camera Memory Card, Such As Sd Card, Xd Card, Cf Card, Etc. Support All Camera Brands And Almost All Raw File Formats.

  • Instant Wordpess Theme To Match Your Existing Website Design!

    World's First Automatic And Online HTML To Wordpress Converter. Theme Matcher Uses A Regular Site To Instantly And Effortlessly Create A Matchcing Wordpress Theme.

  • Laptop Repair Made Easy

    Laptop Repair Made Easy Is A Complete High Definition Video Series On How To Repair Laptops For Fun Or Profit. Laptop Repair Is A Huge Multi-billion Industry & That Means Lot Of $$$ For You

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

    Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya

  • Arsip

  • September 2006
    S S R K J S M
    « Agu   Okt »
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    252627282930  
  • Blog Stats

    • 396,300 hits
  • Pengunjung

Mengamankan data dengan kriptografi

Posted by hadiwibowo pada September 20, 2006

Dalam era masyarakat berbasis informasi, data base merupakan komponen yang sangat vital. Sehingga memerlukan pengamanan yang baik saat didistribusikan ataupun saat disimpan. Salah satu metode pengamanan data adalah dengan menerapkan kriptografi / penyandian.

kriptografi

Kriprografi/penyandian termasuk metode pengamanan yang tangguh. Disebut tangguh karena, sekali data tersebut disandikan dengan algoritma sandi yang baik, data tersebut akan tetap aman kendati setiap orang dapat mengaksesnya secara bebas. Dan selama algoritma sandi tersebut tetap terjaga, data yang disandikan akan tetap aman.

Konsep dari kriptografi adalah mengacak data (teks asli) dengan suatu metode tertentu (algoritma sandi) dan setelah menerapkan sebuah kunci rahasia maka akan menjadi kumpulan karakter yang tidak bermakna (teks sandi). Misalnya teks asli: pengalaman adalah guru yang terbaik. Setelah disandikan dengan algoritma sandi xyz dan dengan kunci pqr menjadi teks sandi: V5(tjg$gjbvBGd1297j?òè156a8U8A7£+Y. Proses ini disebut penyandian dan proses sebaliknya disebut membuka sandi.

Dalam prakteknya kriptografi digunakan untuk melindungi kerahasiaan data dan menjamin integritas data.

melindungi kerahasiaan data

Kriptografi biasanya hanya diterapkan pada data-data yang dinilai penting dan sensitif, yang perlu dilindungi dari akses pihak-pihak yang tidak diinginkan dan dari potensi ancaman pencurian oleh pihak-pihak yang memperoleh akses terhadapnya. Secara prinsip, keamanan data yang disandi sangat tergantung dari terjaganya kerahasiaan kunci dan algoritma sandinya.

Dapat dikatakan bahwa kriptografi hanya mengubah masalah keamanan. Yaitu mengubah dari melindungi data rahasia (besar,kompleks dan banyak) menjadi melindungi algoritma sandi dan kunci (satu hal).

menjamin integritas data

Biasanya data-data dilindungi baik kerahasiaannya maupun integritasnya. Tetapi terkadang data tertentu tidak perlu dirahasiakan namun perlu dijaga integritasnya. Kriptografi dapat juga digunakan untuk menjamin integritas data yaitu agar data tidak dimanipulasi oleh pihak-pihak yang tidak diinginkan.

Prinsip umum

Kriptografi tidak menjamin keamanan 100 %, sebab tidak ada pengamanan yang sempurna.

Perkembangan teknologi pengamanan selalu diimbangi dengan teknologi untuk membongkar keamanan yang diterapkan. Selain itu tingkat kesadaran individu yang bersentuhan dengan data-data yang diamankan tersebut, sangat menentukan lambat atau cepatnya sebuah pengamanan terbongkar. -sugianto-

Satu Tanggapan to “Mengamankan data dengan kriptografi”

  1. safitri said

    pak, saya sedang menulis tugas akhir mengenai linear cryptanalysis. tapi saya mendapat kendala, parameter apa yang bisa saya gunakan untuk menyatakan suatu algoritma kriptografi dikatakan kuat/tidak.
    apabila bapak bisa membantu, saya sangat berterima kasih..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: