Pengamanan Informasi dan Kriptografi

Menambah khasanah bacaan kriptologi dan pengamanan informasi bagi masyarakat Indonesia

  • Card Recovery Professional

    Recover Lost Or Deleted Files In 3 Steps. 100% Risk Free! Support All Camera Memory Card, Such As Sd Card, Xd Card, Cf Card, Etc. Support All Camera Brands And Almost All Raw File Formats.

  • Instant Wordpess Theme To Match Your Existing Website Design!

    World's First Automatic And Online HTML To Wordpress Converter. Theme Matcher Uses A Regular Site To Instantly And Effortlessly Create A Matchcing Wordpress Theme.

  • Laptop Repair Made Easy

    Laptop Repair Made Easy Is A Complete High Definition Video Series On How To Repair Laptops For Fun Or Profit. Laptop Repair Is A Huge Multi-billion Industry & That Means Lot Of $$$ For You

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

    Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya

  • Arsip

  • September 2006
    S S R K J S M
    « Agu   Okt »
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    252627282930  
  • Blog Stats

    • 396,300 hits
  • Pengunjung

Keamanan informasi bukan semata teknologi

Posted by hadiwibowo pada September 9, 2006

Seringkali masalah keamanan data/informasi terabaikan justru setelah semua peralatan dan infrastruktur pengaman terpasang. Bahkan pentingnya pengamanan data/informasi baru disadari setelah terjadi bencana.

Perkembangan teknologi informasi telah menempatkan informasi menjadi industri tersendiri. Informasi telah menjadi material yang strategis bagi setiap institusi atau perusahaan. Sehingga setiap institusi/perusahaan memerlukan unit pengolahan informasi tersendiri dengan menerapkan berbagai teknologi pengolahan informasinya.

Nilai informasi yang begitu penting dan strategis tersebut mengakibatkan serangan dan ancaman terhadap sistem dan arus informasi semakin meningkat. Tidak terhitung banyaknya alat-alat sadap tersembunyi yang digunakan untuk melakukan pemantauan transmisi telekomunikasi baik dalam dan luar negeri serta program-program aktif yang bersifat mengganggu bahkan merusak sistem informasi. Serta kegiatan lain yang biasa disebut intelijen komunikasi (Communication intelligence, comint).

Dari pemantauan para ahli dan berita di media massa, walaupun suatu institusi/perusahaan telah menempatkan informasi dalam skala yang tinggi, tetapi ternyata tidak serta merta mengimbanginya dengan menerapkan tingkat pengamanan yang memadai.

Hal ini tidak terlalu mengejutkan, karena menerapkan tingkat keamanan yang memadai merupakan investasi yang mahal. Selain itu keuntungan yang diperoleh tidak serta merta dapat terlihat. Padahal ancaman serangan terhadap sistem dan arus informasi sebuah institusi penting dan berpengaruh dari suatu negara atau perusahaan besar sangat nyata.

Kerugian sebuah institusi/perusahaan yang diakibatkan dari sebuah serangan terhadap sistem informasi sangatlah besar, tetapi hal ini sangat sukar dideteksi, karena secara umum tidak akan diakui dengan berbagai alasan.

Sekali lagi: kesadaran menjaga keamanan informasi

Saat ini ancaman serangan terhadap data/informasi datang secara langsung melalui jaringan internet. Klasifikasi ancaman terhadap informasi tersebut dapat dikategorikan : (1) spionase/ancaman terkendali dari negara/pemerintah lain; (2) spionase/ancaman dari perusahaan kompetitor; (3) perang informasi; dan (4) amatir yang sedang menjajal kemampuan.

Namun banyak terjadi kerusakan sistem komputer tidak disebabkan oleh hacker, virus ataupun penyusup, tetapi akibat kesalahan karyawan yang lalai dalam menjaga keamanan informasi. Banyak karyawan terlena dengan prinsip “yang penting telah dikerjakan”.

Sering sekali masalah keamanan terabaikan justru setelah semua peralatan dan infrastruktur pengaman terpasang. Bahkan pentingnya pengamanan baru disadari setelah terjadi bencana.

Kelalaian karyawan terhadap masalah keamanan informasi ini disebabkan pendidikan dan pelatihan keamanan informasi terhadap karyawan tersebut kurang memadai sehingga menurunkan kesadahan untuk menjaga keamanan informasi. Selain itu, ketidak pedulian manajemen terhadap masalah keamanan informasi juga menjadi salah satu sebab.

No. 1: Keamanan informasi

Pentingnya menjaga keamanan informasi rahasia adalah seperti pentingnya menjaga uang kita dari tindak kejahatan.

Menjaga keamanan informasi ini dapat melalui penyandian, pembatasan akses dan penerapan keamanan atas jaringan internet serta keamanan secara fisik (misalnya: disembunyikan, dikunci atau disegel). Tetapi yang terutama adalah sikap mental positif serta kesadaran untuk selalu menjaga keamanan informasi penting dan rahasia tersebut sehingga tidak bocor dan jatuh ketangan pihak lain yang tidak diperkenankan.

Sikap positif individu dan manajemen sangat diperlukan untuk menjaga agar penerapan sistem keamanan informasi sesuai dengan tingkatannya dan dapat berlangsung terus menerus. Sebab seperti telah diketahui bersama, pengamanan informasi adalah suatu lingkaran proses yang terus menerus, dimana kebocoran di satu titik saja dapat membuat seluruh sistem mengalami kegagalan.

Contoh:
Para teroris telah memahami dengan baik pentingnya menjaga keamanan informasi saat ditransmisikan di internet dan saat disimpan di dalam komputer. Sehingga pesan-pesan para teroris untuk menjalankan aksi terornya menjadi sukar dideteksi oleh aparat keamanan dan intelijen negara. -sugianto-

Satu Tanggapan to “Keamanan informasi bukan semata teknologi”

  1. Daud Rumaropen said

    Saya sangat tertarik dengan tulisan anda mengenai security data, karena kebetulan saya bekerja di Bank Papua bagian Data Center, mungkin anda bisa memberi beberapa masukan kepada saya mengenai cara mengelola security data wirehouse perusahaan.

    Terimakasih atas perhatiannya

    Daud Rumaropen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: