Pengamanan Informasi dan Kriptografi

Menambah khasanah bacaan kriptologi dan pengamanan informasi bagi masyarakat Indonesia

  • Card Recovery Professional

    Recover Lost Or Deleted Files In 3 Steps. 100% Risk Free! Support All Camera Memory Card, Such As Sd Card, Xd Card, Cf Card, Etc. Support All Camera Brands And Almost All Raw File Formats.

  • Instant Wordpess Theme To Match Your Existing Website Design!

    World's First Automatic And Online HTML To Wordpress Converter. Theme Matcher Uses A Regular Site To Instantly And Effortlessly Create A Matchcing Wordpress Theme.

  • Laptop Repair Made Easy

    Laptop Repair Made Easy Is A Complete High Definition Video Series On How To Repair Laptops For Fun Or Profit. Laptop Repair Is A Huge Multi-billion Industry & That Means Lot Of $$$ For You

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

    Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya

  • Arsip

  • September 2006
    S S R K J S M
    « Agu   Okt »
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    252627282930  
  • Blog Stats

    • 396,300 hits
  • Pengunjung

Memata-matai aktifitas di komputer

Posted by hadiwibowo pada September 3, 2006

Record Everything Your Employees Do On The Internet

adalah kalimat yang terdapat dalam iklan sebuah produk software aplikasi yang mengkhususkan diri untuk meminimalisir penyalahgunaan penggunaan komputer/internet di perusahaan.

Software ini dapat memonitor dan merekam aktifitas send & receive e-mail, chat dengan menggunakan instant messages, website apa saja yang dikunjungi, program apa saja yang di-install, dijalankan atau di-download dan beberapa aktifitas lain yang dianggap “bukan pekerjaannya” sebagai karyawan perusahaan tersebut.

Dengan sebuah klik, semua aktifitas internet karyawan dapat dimonitor, setiap saat dan dimana saja dalam network.

Alasan yang dipakai untuk memasang aplikasi monitoring aktifitas internet karyawan biasanya bukan dimaksudkan untuk melanggar privasi karyawan. Beberapa menit surfing pribadi di internet, online shopping atau chatting sepertinya tidak terlalu membahayakan, tetapi coba disimak hasil penelitian ini :

Hasil penelitian di Amerika Serikat menyimpulkan bahwa seorang karyawan rata-rata menghabiskan waktu 75 menit per hari menggunakan komputer kantor dan jam kerja untuk kegiatan yang tidak berhubungan dengan pekerjaannya seperti surfing situs porno, online shopping, chatting dan mengirim atau membaca e-mail pribadi. Bila diterjemahkan kedalam perhitungan kerugian biaya ternyata mencapai US $ 6520 per karyawan per tahun. Bila ada 50 karyawan saja yang dihitung maka kerugian pertahunnya mencapai lebih dari US $ 300.000.

Meminimalisir penyalahgunaan oleh karyawan atas fasilitas dan jam kerja kantor adalah kewajiban manajemen organisasi. Masalahnya adalah teknologi monitoring tersebut dapat digunakan oleh siapa saja, berlaku dimana saja dan dengan maksud apa saja yang tidak dapat diduga.

Apakah ada jaminan komputer di rumah tidak dimonitor oleh seseorang entah dimana ? Selama komputer terhubung ke internet, kemungkinan tersebut selalu ada.

Mencegah seseorang yang tidak dikenal (siapa dan dimananya) untuk tidak memata-matai komputer kita tentulah sangat sulit. Yang dapat kita lakukan adalah memasang seperangkat aplikasi keamanan di komputer yang digunakan. Misalnya memasang password pada semua drives, folders atau files, melakukan penyandian (encryption) terhadap folders atau file-file tertentu dan juga pada e-mail rahasia, selain memasang security suit yang selalu di up-date. -sugianto-

3 Tanggapan to “Memata-matai aktifitas di komputer”

  1. terzier said

    softwarenya apaan ?

  2. toto james said

    pake software apa supaya bisa tau?

  3. hadiwibowo said

    Contoh softwarenya : BeAware, SpectorSoft dal lain-lain. Tulisan ini hanya mengetengahkan prinsipnya saja, bukan eksplorasi softwarenya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: