Pengamanan Informasi dan Kriptografi

Menambah khasanah bacaan kriptologi dan pengamanan informasi bagi masyarakat Indonesia

  • Card Recovery Professional

    Recover Lost Or Deleted Files In 3 Steps. 100% Risk Free! Support All Camera Memory Card, Such As Sd Card, Xd Card, Cf Card, Etc. Support All Camera Brands And Almost All Raw File Formats.

  • Instant Wordpess Theme To Match Your Existing Website Design!

    World's First Automatic And Online HTML To Wordpress Converter. Theme Matcher Uses A Regular Site To Instantly And Effortlessly Create A Matchcing Wordpress Theme.

  • Laptop Repair Made Easy

    Laptop Repair Made Easy Is A Complete High Definition Video Series On How To Repair Laptops For Fun Or Profit. Laptop Repair Is A Huge Multi-billion Industry & That Means Lot Of $$$ For You

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

    Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya

  • Arsip

  • Agustus 2006
    S S R K J S M
        Sep »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    28293031  
  • Blog Stats

    • 396,300 hits
  • Pengunjung

Steganografi

Posted by hadiwibowo pada Agustus 29, 2006

Kata steganografi di
Indonesia tidak begitu populer dalam kehidupan sehari-hari. Kata ini menjadi sering disebut di masyarakat bersama-sama dengan kata kriptografi setelah pemboman gedung WTC di AS, dimana para pejabat AS mengkalim bahwa para teroris menyembunyikan pesan-pesan kegiatan terornya dalam berbagai gambar porno, file MP3 dan web site tertentu. Novel Da Vinci Code pun turut mempopulerkan steganografi dan kriptografi.

Apa itu steganografi ?

Dalam Wikipedia disebutkan bahwa steganografi berasal dari bahasa Yunani yaitu steganos yang artinya adalah penyamaran atau penyembuyian dan graphein yang artinya adalah tulisan. Jadi steganografi dapat diartikan sebagai seni menyamarkan/menyembunyikan pesan tertulis kedalam pesan lainnya.

Penyembunyian atau penyamaran pesan ini dibuat sedemikian rupa sehingga pihak lain tidak mengetahui bahwa ada ‘pesan lain’ didalam pesan yang dikirimkan. Hanya pihak penerima yang sah saja yang dapat mengetahui ‘pesan lain’ tersebut.

Berbeda dengan kriptografi, dimana karakter pesan diubah/diacak menjadi bentuk lain yang tidak bermakna, dalam steganografi pesannya itu sendiri tetap dipertahankan hanya dalam penyampaiannya dikaburkan/disembunyikan dengan berbagai cara.

Pesan yang disampaikan secara kriptografi menjadi mencurigakan karena ke-‘tidak bermakna’-annya tersebut. Sedangkan pesan dalam steganografi, terlihat seperti pesan biasa sehingga kecil kemungkinan untuk dicurigai.

Tehnik penyembunyian/pengaburan pesan ini ada bermacam-macam, dari cara yang kuno pada jaman dahulu hingga yang canggih di abad komputer ini. Misalnya menulis pesan diatas panel kayu yang kemudian disembunyikan dengan melapisi lilin sebagai penutupnya yang dikenal dengan istilah wax tablets. Menurut sejarah pernah dilakukan oleh Demeratus (orang Yunani) pada tahun 400 sebelum masehi.

Dalam Perang Dunia II tercatat tehnik penyembuyian teks pesan yang diperkecil menjadi sebuah titik (microdots) yang ditaruh dibawah perangko dan penyembunyian pesan dengan menggunakan tinta transparan (invisible ink).

Penyembuyian/penyamaran pesan dapat juga menggunakan gambar, lukisan, sebuah artikel, daftar belanjaan, majalah atau media elektronis/digital yang biasa disebut digital watermarking seperti file MP3, videoclip, gambar digital, file dokumen dan lain-lain yang difungsikan sebagai covertext atau penutup pesan.

Bahwa tidak ada pengamanan yang sempurna berlaku juga dalam steganografi, karena metode-metode pendeteksi pesan dalam steganografi pun banyak dikembangkan yang disebut steganalisis. Steganalisis merupakan tehnik menganalisa untuk mengungkapkan keberadaan steganografi. -sugianto-

51 Tanggapan to “Steganografi”

  1. windy said

    saya mo minta tolong ada ga contoh aplikasi dari steganografi. terima kasih

  2. hadiwibowo said

    saya postingkan contoh steganografi sederhana.
    Apakah dapat ditemukan pesannya ?

  3. aINKs said

    Bedanya Steganografi Dengan Digital WaterMarking ?

  4. Yogie said

    Profil Utama
    ihsan: hadiah ultah dari presiden SBY

    ====================================
    apakah itu yang dimaksud?

  5. Yogie said

    Jadi link yang ada didalam postingan itu menuju ke halaman lain yang merupakan pesan rahasia yang dimaksud. Bener nggak mas?

  6. anto said

    wah tadinya saya bingung juga dengan :

    Profil Utama
    ihsan: hadiah ultah dari presiden SBY

    soale saya tidak merasa bikin tekateki di posting yang ini.
    ternyata saya salah bikin link….ha ha ha ha ha
    seharusnya link nya ke tulisan saya dengan judul kriptografi di https://hadiwibowo.wordpress.com/2006/08/06/apa-sih-kriptografi-itu/

    wah ternyata bikin postingan dengan wordpress butuh ketelitian ya. karena bisa-bisa salah copy. terima kasih mas Yogie. linknya saya perbaiki.
    salam

  7. Yogie said

    Hoooo…
    waduh, berarti pesen rahasianya belom ketemu nih..
    kira-kira apa ya? huhuhuhu….

  8. alie said

    saya mo minta tolong punya artikel ato software ttg steganography untuk stego medium jpeg ngga?
    makasih.

  9. Xue said

    Tanya,
    steganografi itu lebih pada ‘arts’ atau ‘technique’?

  10. hadiwibowo said

    Untuk Alie :
    Bila saya sudah dapat referensinya akan saya postingkan disini

    Untuk Xue :
    Steganografi adalah gabungan antara seni dan teknik. Untuk dapat memasukkan pesan stenografi ke dalam sebuah media lain dibutuhkan seni tentang menium itu dan teknik menyelipkannya, agar medium yang dipakai untuk menyelipkan pesan tersebut tidak menjadi “cacat” seni.

  11. Megie said

    Gmn bisa tau dalam satu gambar, mp3, dll ada pesan tersembunyi?

  12. drizzi said

    mau nanya nih, apa sih yang dimaksud dengan pseudorandom generator?, dari yang saya baca itu untuk meningkatkan security dari steganografi?. lebih detailnya seperti apa ya?..
    makasih

  13. fahmi said

    pseudorandom generator digunakan untuk membangkitkan bilangan random yang digunakan sebagai kunci agar pesan yang disembunyikan lebih secure, bilangan ini men-generate password yang dimasukan oleh user dan digunakan sebagai alamat tempat penyisipan pesan rahasia dan lebih lanjut lagi digunakan untuk pengekstraksian pesan rahasia tersebut

  14. nophi said

    banyak aplikasi yg digunakan oleh steganografi seperti camouflage
    tapi aq ga tau metodenya yang digunakan, ada yg tau ga?

  15. nophi said

    duch plzzzzzzzzzzzzz bgt klo punya referensinya tentang camouflage mengunakan metode apa kasih tau ya?
    trus algoritma/cara kerja dari metode tsb thx

  16. Ruth Vica said

    hahahaha..
    Dgn panduan yang Bapak beri, dalam waktu yang singkat saya bisa membaca pesan yang disisipkan.
    Idenya memang sederhana, tapi belum tentu orang akan berpikir sampai seperti itu.
    Salut buat Pak Hadi🙂

  17. aBE_062 said

    steganografi sederhana aku sedikit tau neh…

    kalo mau tau contoh programnya cari aja di ilmukomputer
    disitu ada program sekaligus sourcenya koq…

    Nice Try

  18. dlee said

    ehm…ehm…mas hadiwibowo, sebenarnya anda siapa sih???itu nama palsu, nama samaran, ato nama jadi2an???
    jawab di email saya ya di : dj_fadlee@yahoo.co.id

    yours,

    mahasiswa STSN

  19. nouseforit said

    ehm…ehm…mas hadiwibowo, sebenarnya anda siapa sih???itu nama palsu, nama samaran, ato nama jadi2an???
    jawab di email saya ya di : dj_fadlee@yahoo.co.id

    yours,

    mahasiswa STSN

    iya nih mas siapa seh?apa jangan2 orang lsn ya
    anyway siapa pun dirimu thx tuk ilmunya

  20. joe said

    bisa g kirimin bagaimana cara mengetahui gambar rahasia yang ada di internet. klo bisa sama source codenya ya plisss.buat skripsi nee

  21. agus said

    bro… bagaimana cara mengetahui emeil palsu, selain dengan menggunakan whois, atau munkin ada cara laen n kira2 apa jika ada software khususnya? thanks…

  22. wasti said

    Mas Hadi boleh nanyain ngak menurut mas hadi pengembangan steganografi dengan pengembangan digital watermarking itu yang seperti bagai mana sich? apakah pada penyembunyian pesan or pada hak cipta nya saja. kira2 gmn tuch?

  23. Ratih said

    untuk aplikasi watermarking pada citra digital berwarna menggunakan algoritma apa yang tepat untuk enkipsi dan deskripsinya?? trus yang pnya sourcode delphi untuk watermarking, duh pliss banget bisa ga kirimin ke: rtech_84@yahoo.com
    thx buat bantuannya…

  24. iKo said

    HELP!!!!

    tolong dunk, klo ada yang punya source code ato link ato apalah tentang steganografi audio mp3.pliss.oia, dalam bahasa delphi.
    pliss.sapa aja.
    langsung kirim ke email aku aj ya :i_am_iko@yahoo.com

  25. Fredi said

    pak hadi saya mahasiswa tingkat akhir!!!saya mo buat stegano menggunakan vb 6.0 dengan metoda dct????? makasih ya pak dah bantu…..sekalian ama step step jitunya yah!!!

  26. rina said

    saya mau nanya contoh penggunaan steganografi yang cocok dipake buat tugas akhir kira2 apa y??

  27. Citra said

    Tolong..!!
    klo ada yg punya source code watermarking dengan metode dct pada citra digital tolong kirim k email saya niiju_hachi@yahoo.com..
    penting banget buat skripsi saya..
    makasih banyak klo ada yg mau ngebantu..

  28. Hendri said

    mas hadi..tolong donk bantu saya kasih penjelasan spy bisa menyisipkan file bmp ke mp3. Yang saya bingung itu kan file mp3 terdiri dari banyak frame dimana setiap frame terdiri dari Header dan Data, dimana itu selalu berulang-ulang. Yang saya bingung, jika saya pny file mp3 sebesar 4Mb, gmn saya tau ada berapa frame di dalamnya dan bagaimana mencari panjang header n panjang data, apa sih indikasi atau penunjuk bahwa titik itu adalah data atau header. Sepengatahuan saya pjg header mp3 itu sebesar 32bit(4Byte). Saya sudah coba sisip kan data bmp yang telah saya binerkan ke dalam file setelah bit ke 32..tp ternyata masih terjadi penumpukan header shg lagu tsb ketika dimainkan di winamp, jadi berdecit2 gt…tolong dibls ya mas…ke email ini aja : hendri7_hero@yahoo.com. Tolong bantuannya ya…Makasih…

  29. DoEnK said

    Maaf sebelumnya…
    Aku mau nanya neh…gunanya mengamankan file citra tu buat apa aj ya???
    makasih, sebelumnya…soalnya ak mau bikin laporan, trs harus detail manfaat dari mengamankan file citra.

    makasih, ‘n’ lam kenal aj.

  30. sariecha said

    Maz, tanya dunk.. Kalo cara menyisipkan pesan pada citra digital, caranya gmn ya??
    Blz ya di Sariecha_joe@yahoo.co.id
    Tq

  31. lilamr said

    di novel The Blue Nowhere ada istilah stenanografi, sama ya ma steganografi?

  32. […] Posted by ananoviku in Pertemuan 1. Tidak ada Komentar Steganografi […]

  33. shinici said

    salam ……

    thx bnget buat infone,, sy skrang sedang mendalami steganografi
    mungkin kita bisa sharing software y….

    mohon kirim ke hacker.kudou0@gmail.com

    insya Allah nanti akan saya kirim software steganografi lain yang bermanfaat,,,,

    maklum sy masih perlu bnyak belajar, jd kurang-kurangnya mohon maaf,,

    buat mas hadi ….. LANJUTKAN (he3x) bkan kampanye lho…

  34. Hanie said

    Maaf sblum’a..
    Mohon bantuan’a saat ni gy nyusun TA tntang Steganografi menggunkan metode LSB,, ada yg punya sourcode atau referensi’a pada vb 6.0??
    klo ada tolong dikirim ke e-mail hanyquw@yahoo.com
    makasih sebelum’a…

  35. vinna dewi said

    Mas, minta tolong dong, saya lg ngerjain skripsi tugas akhir tentang steganografi tetapi menggunakan file gambar dan mp3. punya program aplikasinya gk? tlg ya kirimkan y. thanks

  36. Qoury said

    mas,mw nanya untuk steganografi itu menggunakan software ap yah??
    makasii..

  37. […] [3].     Blog milik Hadiwibowo (https://hadiwibowo.wordpress.com/2006/08/29/steganografi/) […]

  38. *salam*
    saya pemula,,,
    tolong ajarin saya dong ttng steganografi,dari langkah awal.
    trima kasih banyak

  39. […] juga ada di salah satu blog mas hadiwibowo https://hadiwibowo.wordpress.com/2006/08/29/steganografi/ […]

  40. […] Sumber: https://hadiwibowo.wordpress.com/2006/08/29/steganografi/ […]

  41. alex said

    mas,tlg bahas mengenai steganografi dengan metode BPCS,da ngak…trims

    • Vera said

      mas.. saya kebetulan juga sedang mengerjakan tugas akhir dengan topik BPCS.. bisa minta saran untuk referensi yang bagus ga.. saya juga kurang bisa memahami algoritmanaya.. terimakasih..

  42. […] 29 Agustus 2006. Steganografi. Diunduh pada 17 Oktober 2010. […]

  43. jerry stance said

    Gampang.. isiny:
    “tidak ada kata tua dalam belajar : Never too old to learn”
    “apa yang anda pikirkan biasanya itulah yang akan menjadi kenyataan : What you think is what you get”
    tolong ajarin algoritmanya donk.. lagi pengen belajar steganografi…
    plissss… kl perlu facebooknya deh… ya ya ya…

  44. […] Tinta rahasia pada dasarnya adalah tinta tidak berwarna atau transparan, dimana bila digunakan untuk menulis, tulisannya tidak dapat langsung dibaca. Untuk membacanya memerlukan media penampak. Dalam dunia kriptografi, tinta rahasia dimasukkan sebagai bagian dari steganografi. […]

  45. pranata said

    mas hadi saya bisa minta source code nya gak?
    tolong ya mas saya lg buat tugas TA mas ini email saya mas herupranata8@gmail.com,
    tolong ya mas hadi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: