Pengamanan Informasi dan Kriptografi

Menambah khasanah bacaan kriptologi dan pengamanan informasi bagi masyarakat Indonesia

  • Card Recovery Professional

    Recover Lost Or Deleted Files In 3 Steps. 100% Risk Free! Support All Camera Memory Card, Such As Sd Card, Xd Card, Cf Card, Etc. Support All Camera Brands And Almost All Raw File Formats.

  • Instant Wordpess Theme To Match Your Existing Website Design!

    World's First Automatic And Online HTML To Wordpress Converter. Theme Matcher Uses A Regular Site To Instantly And Effortlessly Create A Matchcing Wordpress Theme.

  • Laptop Repair Made Easy

    Laptop Repair Made Easy Is A Complete High Definition Video Series On How To Repair Laptops For Fun Or Profit. Laptop Repair Is A Huge Multi-billion Industry & That Means Lot Of $$$ For You

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

    Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya

  • Arsip

  • Agustus 2006
    S S R K J S M
        Sep »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    28293031  
  • Blog Stats

    • 396,300 hits
  • Pengunjung

Algoritma kripto/sandi, dibuka atau dirahasiakan

Posted by hadiwibowo pada Agustus 19, 2006

Dalam beberapa literatur kriptografi, baik yang berbahasa Inggris ataupun berbahasa
Indonesia, disebutkan bahwa kriptografi modern bertumpu pada algoritma sandi yang kuat. Sehingga algoritmanya sendiri tidak perlu dirahasiakan, tidak seperti kriptografi klasik dimana algoritma sandinya harus dirahasiakan.

Benarkan seperti itu ?

Untuk jenis penerapan kriptografi tertentu, biasanya ditandai dengan tidak diperlukannya operator kripto (yang di
Indonesia diistilahkan dengan Sandiman), memberitahukan algoritma yang dipakai tidaklah menjadi masalah bahkan menjadi salah satu bentuk iklan tersendiri. Misalnya mesin absensi dan database karyawan disandikan dengan algoritma jenis A, ATM Bank disandikan dengan algoritma B dan sebagainya.

Tetapi untuk penerapan jenis kriptografi yang lainnya dimana peran Sandiman sangat dominan, merahasiakan algoritma sandi tetaplah menjadi salah satu prosedur pengamanan. Misalnya transmisi berita rahasia dari satu tempat ke tempat lain yang disandikan dengan algoritma yang dirahasiakan pula.

Merahasiakan algoritma sandi sesungguhnya merupakan salah satu prosedur pengamanan. Tetapi terdapat upaya-upaya pihak lain dengan membentuk opini bahwa algoritma yang kuat tidak perlu dirahasiakan. Alasannya adalah karena kekuatan algoritma tersebut akan melindungi pesan-pesan yang disandikan dengan algoritma tersebut.

Salah satu doktrin ancaman terhadap keamanan adalah “merasa aman/kuat merupakan kelemahan pengamanan”. Merasa aman/kuat akan memberikan rasa percaya diri yang berlebihan dan akibatnya akan mengabaikan prosedur pengamanan berikutnya. Bila ditarik benang merah antara opini dan doktrin tersebut, bisa jadi hal ini merupakan upaya pelemahan kriptografi secara sistematis agar tidak disadari oleh para produsen peralatan yang menggunakan sarana kriptografi dalam produknya.

Dengan membentuk opini “kriptografi modern menggunakan algoritma yang terbuka” atau “algoritma sandi yang kuat tidak perlu dirahasiakan” dalam berbagai literatur, diharapkan akan memberikan pemahaman secara umum bahwa kekuatan algoritma sandi terletak dari rumus algoritmanya bukan dari kerahasiaan algoritma tersebut. Hal ini sesungguhnya hanyalah sebuah bentuk propaganda negara-negara maju untuk lebih memudahkan para kripanalisisnya dalam memecahkan sandi yang digunakan negara lain. Sama seperti propaganda globalisasi dan pasar terbuka yang harus dijalankan hanya oleh negara-negara berkembang tetapi sesungguhnya negara-negara maju tidak melakukannya. -antz-

6 Tanggapan to “Algoritma kripto/sandi, dibuka atau dirahasiakan”

  1. Megie said

    Jadi ingat ttg jebolnya situs KPU.

  2. sanni said

    aplikasi kriptografi dengan menggunakan md 5 itu gimanasih???.

  3. nurma said

    bagaimana dengan algoritma steganografi???

  4. zakimath said

    Yup… dengan diketahui algoritma kriptografinya, maka attacker hanya perlu waktu saja, dan sangat mungkin dengan komputer yang canggih dapat menjebolnya… (baca: RSA Challenge (kompetisi memfaktorkan bil. prima)).

  5. icha said

    aq kan baru masuk kuliah nih!!
    aq pengin tau, apa sih yg dimaksud pengurutan 10 angka???
    aq bener2 minta tolong nih

  6. wino said

    bagai mana caranya untuk menghubungi bapak?
    saya sangan butuh sekali tanggapan bapak hadiwibowo tentang kriptografi saya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: