Pengamanan Informasi dan Kriptografi

Menambah khasanah bacaan kriptologi dan pengamanan informasi bagi masyarakat Indonesia

  • Arsip

  • Januari 2007
    S S R K J S M
    « Des   Feb »
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    293031  
  • Blog Stats

    • 334,508 hits
  • Pengunjung

Lembaga Sandi Negara

Posted by hadiwibowo pada Januari 13, 2007

Berdiskusi mengenai kriptografi / persandian dan RUU Rahasia Negara di negara ini tentu tidak lepas dari peran institusi pemerintah yang menangani bidang tersebut yaitu Lembaga Sandi Negara. Kelihatannya karena institusi ini menangani hal-hal yang bersifat rahasia, maka informasi seputar institusi ini pun sulit ditemukan di mesin pencari di internet.

Namun begitu, dari sumber terbuka, diperoleh informasi mengenai Lembaga Sandi Negara ini secara garis besar :

Lembaga Sandi Negara atau disingkat Lemsaneg atau diterjemahkan kedalam bahasa Inggris menjadi National Crypto Agency adalah institusi pemerintah Republik Indonesia yang secara resmi menjadi pengelola persandian dan rahasia negara.

Struktur Organisasi Lemsaneg dicatat dalam lembaran negara berupa Keputusan Presiden (keppres) RI no. 103 tahun 2001. Menurut keppres ini, Lemsaneg dikepalai oleh seorang kepala Lemsaneg yang dibantu oleh tiga orang Deputi dan seorang sekretaris Utama. Kepala Lemsaneg bertanggung jawab langsung kepada Presiden RI.

Para Kepala Lemsaneg dari awal berdirinya adalah :

1.  Mayor Jenderal TNI (purn) dr. Roebiono Kertopati : 1946 – 1984 (pendiri)

2.  Laksamana Muda TNI (purn) Soebardo : 1986 – 1998

3.  Laksanama Muda TNI (purn) B. O. Hutagalung : 1998 – 2002

4.  Mayor Jenderal TNI (purn) H. Nachrowi Ramli, SE : 2002 – 2008

5.  Mayor Jenderal TNI Wirjono Budiharjo : 2009 – sekarang

Visi Lemsaneg sesuai dengan PERKA Lemsaneg no. OT.001/PERKA.95/2006 :

Terdepan, Terpercaya, Mandiri dan Profesional dalam Persandian demi Kepentingan Nasional.

Sedangkan misi Lemsaneg adalah :

- Menyusun kebijakan nasional dalam bidang persandian sektor pemerintahan dan publik;

- Menyiapkan dan meningkatkan aparatur negara yang profesional/ahli dalam bidang persandian;

- Mengoptimalkan potensi nasional dalam hal penelitian dan pengembangan di bidang persandian untuk mendukung kepentingan nasional;

- Memfasilitasi dan mengembangkan persandian sektor pemerintahan dan publik;

- Melaksanakan audit persandian sektor pemerintahan;

- Menyelenggarakan operasional pengamanan informasi sebagai unsur pelayanan tugas pokok;

- Membangun sistem operasional intelijen sinyal (analisa kripto).

-antz-

 

About these ads

43 Tanggapan to “Lembaga Sandi Negara”

  1. etanoir said

    pada masa reformasi ini dan ke depan lemsaneg lebih membuka diri terhadap masyarakat umum. Terutama sekali ilmuwan, teknokrat dan praktisi hukum dalam rangka mewujudkan persandian yang mandiri dan profesional. Lemsaneg membuka tangan lebar-lebar bagi segenap komponen nasional untuk bersama-sama mengembangkan ilmu dan teknologi persandian. Sehingga ketergantungan terhadap produk-produk impor dapat diminimalisir. Juga didapatkan payung hukum yang kuat dan jelas mengenai kerahasiaan negara dan publik yang disandingkan dengan payung hukum kebebasan mendapatkan informasi publik.

    • hapebodhol said

      Sdr.Kepala Lembaga Sandi Negara, kami sebenarnya prihatin dengan munculnya kepermukaan permasalahan informasi rahasia, namun kami tidak tahu harus berbuat apa, karena tidak memiliki kewenangan dan kemampuan, karena itu kami mohon untuk dapat diinformasikan bagaimana cara mensosialisasikan Undang-Undang yang mengatur Informasi baik yang sifatnya/kualifikasinya terbuka maupun tertutup, sehingga kami tidak melansir informasi secara sembarangan. Jika kita melihat kejadian belakangan ini kami sedih, karena aparat yang seharusnya menjaga, mengamankan dan mengelola informasi dengan baik, justru membeberkan informasi rahasia dan aparat yang mestinya menegakan hukum justru menodai dan melecehkannya. Sebenarnya negeri dan bangsa ini sakit apa, sehingga muncul hal-hal yang bertentangan. Di Masyarakat telah dikondisikan untuk tidak buta huruf, buta informasi dan buta-buta yang lain untuk dihindarkan dari warga negara ini, namun aparat justru memanfaatkan kewenangannya untuk memporakporandakan negeri tercinta. Kenapa………….

  2. Saudara pegawai Lembaga Sandi Negara ya?

    • hapebodhol said

      saya bukan orang Lembaga Sandi Negara.
      Saya ingin tahu ketrampilan apa yang harus dimiliki bagi pengelola dan instansi persandian, karena dewasa ini banyak rahasia negara yang meluncur ke masyarakat tanpa ada yang mampu membendung. hal ini menunjukan bahwa rahasia negara tidak dapat diamankan dan dikelola dengan baik atau bangsa indonesia sudah tidak memiliki rasa nasionalisme lagi, terutama mereka yang memiliki kemamapuan dan kekuasaan dipuncak manajemen negeri tercinta ini yang mungkin didorong oleh perut dan gensi serta emosi sesaat.

  3. ATEM said

    Sandi itu sangat penting sebagai pengamanan terhadap suatu informasi.keterbukaan lemaneg dimuka umum untuk mencari sandiman yang kualitatif sesungguhnya dapat dilakukan dengan pemantauan bibit dan perekrurtan dengan bakat. apa jadinya memberitahu sang penjaga kunci untuk menyembunyikan rahasia.

  4. Crypeek said

    Sandiman itu apa sih? Pegawai Lemsaneg?

  5. ATEM said

    PTS MHN PFP JZR ZSM HYO FSL YSI SQS 3YR MYS MHO MOD RZI S@@

  6. DoYok said

    sebagai organisasi yg punya kewenangan di bidang kriptografi suatu negara bukan berarti susah dicari infonya lewat google dsb dong, gak ada hubungannya tuh…
    lha wong organisasi yg sama punya amrik, aussie, inggris, israel aja ada…piye tho maaaas. :D
    si mas ini pasti karyawannya LSN or NCA or whatever lah…bahasanya too narcist!!!

  7. Wan Khudri said

    saya pernah ikut dalam Intenational Conference on Instrumentation, Communication and Information Technology (ICICI) 2005.

    ini abstract saya: http://mail.uns.ac.id/~chudry/en/paper_icici_2005.html

    mungkin anda dapat membantu saya untuk mengembangkan ketertarikan saya tentang kriptografi,khususnya kriptografi kurva elliptik.
    lembaga atau organisasi apa, di indonesia yang meneliti mengenai hal tersebut dan bagaimana untuk dapat bergabung ?

    terimakasih.
    salam
    one chudry

  8. nur46 said

    LSN RI

  9. sintia said

    “saya korban sandiman, gimana dong pertanggungjawabannya… hiks.. hiks.. hiks.. :(“

  10. andree said

    Sandiman itu masih saudaranya spidarman atau suparman?

  11. @Etaonir: bahasamu lemsaneg banget. sering-sering lah baca koran utk memperbaiki gaya bahasamu.

    @DoYok: di sana bukan masalah rahasia atau tidak, tapi memang krn gak jelas mereka pada ngapain, so apalagi yang mau diinfokan kpd publik? hiks hiks ….:( Belakangan ini orang2 potensialnya satu per satu kabur keluar tangsi, yang ada tinggal sisa-sisa aja kok.

    @Sintia: anda tidak sendirian.

  12. puji said

    maaf sistem perekrutan calon sandiman dari ddn ada nuansa titipan ya?

  13. Mahayasa said

    Webnya LEMSANEG kok ga ada ya?

  14. pri said

    karyawan lemsaneg kerjanya ngapain aja yaaa?

  15. jasas said

    sandi negara..kegiatan kehidupan di kampus kaya SPDN…maen pukul2an…narkoba…sm maen cw..contohnya tetangga..ih amit ade gw masuk sini…di situ di ajarin supaya kita curiga sm orang…

  16. jack said

    terus deh…banyak orang-orang yg menjelek-jelekan institusi ini pake bawa-bawa sekolahan juga lagi…
    mungkin kebanyakan orang-orang yg ngejelekin nih orang-orang yg punka kekecewaan mendalam ama ini organisasi.
    gw yakin ini organisasi akan menjadi lebih baik kalo pemimpinnya adalah orang-orang generasi yang dicetak sekarang. Insyaalllah…
    Lemsaneg go…go…berkembanga dan terus berkarya…jangan dengerin ocehan orang-orang yang sinis…

  17. baron said

    iya ih..kok pake ngejelek2in sekolah segala..asal lo tau,masuk situ susah banget banyak tahapan tesnya..mgkn yang sirik tuh ga lolos tes kali yaaa..

  18. dewa surya said

    Saya koq heran ya membaca tulisan tanggapan diatas, kenapa sesama orang Indonesia sendiri betapa sinisnya terhadap keberadaan Lembaga Sandi Negara, apa kita senang rahasia negara kita dalam keadaan telanjang bulat tanpa tutup? Misalkan saja, apakah kita akan membiarkan PIN ATM kita diketahui orang lain? Tentu tidak khan? Apa rela rumah tangga kita dicampuri orang luar? Tentu saja tidak rela khan? Negara ini ibarat rumah tangga kita Bung! ada sebagian yang boleh diexpos ada pula yang harus dirahasiakan demi existensi Negara ini.

  19. dewa surya said

    Saya koq heran ya membaca tulisan tanggapan diatas, kenapa sesama orang Indonesia sendiri betapa sinisnya terhadap keberadaan Lembaga Sandi Negara, apa kita senang rahasia negara kita dalam keadaan telanjang bulat tanpa tutup? Misalkan saja, apa akan kita membiarkan PIN ATM kita diketahui orang lain? Apa kita rela keadaan rumah tangga sendiri dicampuri orang luar? Negara ini ibarat rumah tangga kita Bung! ada sebagian yang boleh diexpos ada pula yang harus dirahasiakan demi existensi Negara ini.

  20. Crypto-generator said

    Betul2…
    jangan karena keegoisan atau ketidakmampuan kita, lantas kita menaruh hal2 yang kita sendiri tidak tahu. Dan menurut hemat saya, selama main fisik yang anda katakan itu emang diperlukan dalam menunjang kariernya kelak, maka hal2 seperti itu sah2, saja, yang mana sebenarnya saya sendiri tidak percaya dan tidak mau berkomentar tentang itu. Jadi jangan sok tahu dan meninggalkan komentar macam2 tentang lemsaneg ataupun STSN. Jaya terus Lemsaneg dan STSN, untuk Indonesia lebih baik!

  21. Prima Bintang Bahtera said

    Rahasia negara taruhannya adalah kedaulatan negar itu sendiri… Jadi kalo semuanya trlalu transparan, bagi pihak asing ibart mahasiswa yang mau ujian open book… semua tinggal baca trus ambil…

    Buat Anda yang gak ngerti bagaimana LSN itu, jangan asal ngomong. Belajarlah untuk berbicara berdasarkan fakta. Kalo orang-orang yang memegang sesuatu yang penting bagi negara ini aja lemah, gimana negara kita gak akan dikuasai negara lain?

    • 3310jepara said

      dear all,
      lembaga sandi negara, sekolah sandi negara harus berdiri secara profesional dan idealis sejalan dengan keperluan secara objektif dalam penyelenggaraan operasional kenegaraan. Menurut saya sudah saatnya semua lapisan bidang khususnya badan-badan negara yang bersifat intelijen bergerak dan maju searah keobjektifitasan secara profesioanal.Jangan terjebak dengan pimpinan, penguasa, Undang-undang dan peraturan yang salah ditafsirkan. satu hal yag harus di ingat, BAHWA PERINTAH itu datangnya dari HATI kecil kita.walaupun objektif itu memihak tetapi nilai baik sifatnya lahiriah (pasti) sama seperti adanya surga dan neraka. (elang khatulistiwa-jepara3310)

  22. Prima Bintang Bahtera said

    Rahasia negara taruhannya adalah kedaulatan negar itu sendiri… Jadi kalo semuanya trlalu transparan, bagi pihak asing ibart mahasiswa yang mau ujian open book… semua tinggal baca trus ambil…

    Buat Anda yang gak ngerti bagaimana LSN itu, jangan asal ngomong. Belajarlah untuk berbicara berdasarkan fakta. Kalo orang-orang yang memegang sesuatu yang penting bagi negara ini aja lemah, gimana negara kita gak akan dikuasai negara lain?

    http://kawuloalitox.wordpress.com

  23. Hany said

    Pak,, jika ingin bekerja di LSN bagaimana caranya pak?
    Terima kasih

  24. sufra andri said

    saya mau menawarkan tiket, hotel untuk perjalanan dinas baik dalam maupun luar negeri dan jg semua kebutuhan dalam melakukan perjalanan dinas di Lembaga Sandi Negara.

    Andri WITC Travel

    081383019402

  25. gurara said

    hari gini masih pada pake kriptograpi teknologi jadul mental jadul kerjaan ngak jelas cuma ngumpul nungu gaji tiap bulan ngbisin duit rakyat, lo pikir ini jaman apa ini reformasi boss bukan jamanya rahasi-rahasiaan , intinya sn udah ngak guna apllagi teknologi yang di pake cuman bekas perang dunia ke 2 zehahahahahahaha

    • Dewa Surya said

      Wakakaka……. kalo baca komentar anda, keliatan banget kalo otak dan mental anda yg jadul….
      Emang loe punya ATM itu ga’ diproses pake ilmu kriptologi (encrypted & decrypted), loe bikin password di komputer ga’ pake ilmu kriptologi???? Wah perlu belajar banyak lagi bung sebelum buka mulut.

      yg kerjaannya ga jelas itu yg gimana?…. emang loe punya detail kerjaan yg jelas buat Lembaga Sandi??? paling cuman nyumbang saran doank tanpa solusi konkrit.

      hahahaha bukan jaman rahasia-rahasiaan??? lucu banget tuh komentar anda…. Segala sesuatu pasti ada bagian yg dirahasiakan, baik itu yg bersifat pribadi, keluarga, komunitas dan negara. Apa anda sudi rahasia pribadi anda diketahui publik/orang lain???? ga bersedia khan…., kalo sampe ngomong bersedia, berarti anda orang yg mengalami ketidakberesan mental dan otak.

      Hebat…. anda bisa tahu iptek yg dipake ex perang dunia ke-2, jangan2 anda tahu dari ‘katanya’ itu ‘katanya’ ini
      Kalo mo tahu pasti datang aja ke Lembaga Sandi ya…..

      • Kenilendor said

        Saya setuju sama mas dewa surya, orang bodo macam gurara emang suaranya kenceng and asal njeplak kookk….

  26. Roma Ito Pinem said

    klo skul d sandi negara tuh…
    gimana ya?????

    cara pendidikan nya semi militer ya????

  27. man said

    kapan ada penerimaan pegawai sandi utk disekolahkan oleh lembaga sandi

  28. ahmad said

    Selamat siang teman-teman…!!!

    Selamat bertugas saya ucapkan kepada seluruh teman2 yang sedang bertugas di Lembaga Sandi Negara.

    Saya sebagai masyarakat dan rakyat Indonesia merasa prihatin terhadap komentar2 dari teman2 kita yang ditujukan kepada LEMSANEG, ada yang bersifat halus, ada yang yang agak kasar, dan ada juga yang teramat kasar, sampai menyinggung masalah perempuan serta narkoba segala?

    Terus terang saya sebagai rakyat yang secara kebetulan membaca komentar2
    yang ada di WebSite ini jadi ngeri dan takut kepada orang yang hanya pintar
    ngomong dan banyak berkomentar seperti dirinya paling pintar di dunia.
    Kita sebagai bangsa Indonesia bukannya saling bantu memberi masukan positif
    kepada sesama bangsa Indonesia dalam hal ini LEMSANEG, eh… malahan sebaliknya bisanya hanya mengkritik tapi bukan kritik membangun justeru
    kritik menjatuhkan sesama bangsa Indonesia.

    Saya ingin memberikan saran kepada teman2 di LEMSANEG sebagai LEMBAGA yang bertanggung jawab terhadap rahasia negara agar diwaktu yang akan datang
    tidak usah menerima calon pegawai atau karyawan yang bermental orang susah,
    yang pada akhirnya apabila tidak diterima menjadi pegawai justeru menjadi
    seperti kebakaran jenggot, tidak diterima kerja malahan protes serta seperti menantang.

    Orang seperti itu tidak sadar akan dirinya sendiri, karena berangkat dari rumah untuk melamar pekerjaan di LEMSANEG dengan harapan dapat diterima kerja, sebaliknya begitu tidak diterima kerja malahan menjadi seperti orang
    yang paling pintar didunia, dengan mengkritik dan lain sebagainya.

    Kepada teman2 di LEMSANEG, sebagai rakyat saya cuma berharap satu hal saja masalah yang sangat sederhana yang harus diperhatikan, yaitu agar janganlah
    sampai ruang atau kolom untuk komentar yang ada di WebSite ini digunakan secara tidak atau dengan sengaja agar supaya menimbulkan PRO dan KONTRA
    terhadap sesuatu apapun.

    Saya mohon maaf… karena kalau saya perhatikan tidak hanya di WebSite ini
    saja yang terlihat seperti PRO dan KONTRA, tapi di WebSite lain juga banyak sekali komentar2 yang terlihat menimbulkan PRO & KONTRA dalam masalah apapun.

    Teman-teman semua yang ada di lingkungan harus tegas2 saja, apabila ada oknum yang sengaja ingin membuat onar disikat saja langsung, nanti urusan belakangan, karena anda2 semua tanggung jawabnya berat sekali tentunya sebagai Lembaga yang bertanggung jawab terhadap rahasia negara.

    Teman-teman, anda semua yang ada di LEMSANEG tentunya harus bertanggung jawab kepada atasan anda tentunya dan bukan kepada komentator bodoh dan tidak bertanggung jawab, yang kesannya seperti seakan-akan mencoba atau
    mengetes mental anda semua yang ada di LEMSANEG.

    Demikian kiranya agar LEMSANEG maju terus pantang mundur…!!!

    Dan untuk para komentator saya berharap agar supaya diwaktu yang akan datang dapat merubah cara berpikir, serta dapat lebih memberi masukan yang bersifat positif terhadap lembaga negara yang kita cintai ini.

    Tidak perlu mengkritik secara vulgar sampai menyinggung narkoba dan wanita,
    toh kalau memang anda kurang senang bisa langsung tegur kepada oknum terkaitnya secara perorangan saja, toh anda juga belum tentu tahu atau mengetahui bagaimana cara menggunakan narkoba, tapi anda sudah heboh dengan apa yang disebut narkoba? He..he..he..he..

    Kalau sifat anda seperti tersebut diatas, berarti anda mata-mata dong?
    Sedangkan apa yang disebut mata-mata sudah berakhir 20-25 tahun yang lalu.

    Maaf… saya tidak bermaksud apa2 terhadap teman2 komentator yang memberikan komentar miring terhadap Lembaga Sandi Negara.

    Bravo… Lembaga Sandi Negara.

    -Wassalam-
    Jkt, 30 April 2011.

    Faisal [floffice6@gmail.com]

  29. nagapati said

    Setuju om yg rahasia tetap harus rahasia,,

  30. [...] Kriptografi di Indonesia disebut persandian yaitu secara singkat dapat berarti seni melindungi data dan informasi dari pihak-pihak yang tidak dikehendaki baik saat ditransmisikan maupun saat disimpan. Di Indonesia instansi pemerintah yang secara resmi menangani kriptografi nasional adalah Lembaga Sandi Negara. [...]

  31. […] disimpan. Di Indonesia instansi pemerintah yang secara resmi menangani kriptografi nasional adalah Lembaga Sandi Negara. Sedangkan ilmu persandiannya disebut kriptologi yaitu ilmu yang mempelajari tentang bagaimana […]

  32. […] Lembaga Sandi-nya Pemerintah Kanada dikenal dengan sebutan Communications Security Establishment  Canada atau disingkat CSEC atau CSE Canada. Institusi ini secara administratif berada dalam Kementerian Pertahanan dan bertanggung jawab kepada Menteri Pertahanan. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: